Comscore Tracker

5 Tips Menghadapi Perjodohan dari Orangtua saat Sudah Memiliki Kekasih

Tentunya sulit jika berada dalam situasi yang seperti itu

Orangtua memang selalu menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Tentu dalam hal ini termasuk mengenai jodoh yang akan bersanding dengan anak-anaknya kelak.

Biasanya hal tersebut membuat orangtua jadi cenderung mudah mengatur anak melalui perjodohan yang dilakukan. Perjodohan mungkin memiliki maksud yang baik, namun sering kali menimbulkan efek tak nyaman pada anak, apalagi jika anak sudah memiliki pasangan. Jika kamu berada dalam situasi tersebut, hadapilah dengan beberapa tips berikut ini.

1. Tetap tenang dan jangan tersulut emosi

5 Tips Menghadapi Perjodohan dari Orangtua saat Sudah Memiliki Kekasihilustrasi pria tampan (pexels.com/@olly)

Langkah pertama adalah berusahalah untuk tetap tenang dan jangan sampai tersulut emosi. Cara ini merupakan langkah yang cukup ampuh sebab emosi sementara justru dapat membuat hubunganmu dan orangtua berantakan.

Bersikap tenang setidaknya akan membantumu berpikir dengan lebih jernih. Dengan demikian, kamu jadi dapat menentukan langkah yang tepat setelahnya.

2. Jelaskan secara baik-baik pada orangtua

5 Tips Menghadapi Perjodohan dari Orangtua saat Sudah Memiliki Kekasihilustrasi orangtua (unsplash.com/@ray_s)

Banyak orangtua yang menjodohkan anaknya, namun justru tidak tahu bahwa anak-anaknya sudah memiliki pasangan. Tentu saja kamu dapat berusaha menjelaskan hal tersebut secara cermat pada orangtua.

Setidaknya jika orangtua sudah mengetahui statusmu, perjodohan tersebut bisa dibatalkan. Oleh sebab itu, bersikap terbukalah pada orangtua agar tak ada kesalahpahaman yang seperti ini.

Baca Juga: 5 Etiket dalam Perjodohan, Kedua Pihak Harus Sama-sama Tahu!

3. Tanyakan tujuan orangtua

5 Tips Menghadapi Perjodohan dari Orangtua saat Sudah Memiliki Kekasihilustrasi kedua orangtua (pexels.com/@Pixabay)

Semua orangtua memiliki maksud dan tujuannya tersendiri dalam menjodohkan anak-anaknya. Hal inilah yang juga harus diketahu secara saksama sehingga tidak sampai menimbulkan kesalahpahaman.

Dengan berusaha menanyakan tujuan orangtua, anak jadi paham maksud dari perjodohan tersebut. Anak juga jadi dapat menjelaskan pada orangtua apabila status mereka memang sudah memiliki pasangan.

4. Pikirkan secara matang

5 Tips Menghadapi Perjodohan dari Orangtua saat Sudah Memiliki Kekasihilustrasi sedih (unsplash.com/@ericjamesward)

Dijodohkan oleh orangtua sebetulnya menjadi opsi yang boleh saja kamu pertimbangkan. Sering kali banyak orangtua yang kurang setuju dengan pasangan dari anak-anaknya sebab satu dan lain hal.

Tidak ada salahnya jika kamu ingin memikirkan hal tersebut dengan saksama. Dengan pertimbangan yang matang, kamu pun jadi dapat menentukan pilihanmu sendiri.

5. Jangan ragu mengambil langkah yang menurutmu benar

5 Tips Menghadapi Perjodohan dari Orangtua saat Sudah Memiliki Kekasihilustrasi pasangan bahagia (pexels.com/@josh-willink)

Mungkin memang kamu merasa tidak nyaman dengan perjodohan yang dilakukan orangtua. Namun, kamu juga sebetulnya tidak mesti serta merta mengikuti apa yang orangtua inginkan.

Kamu bisa memikirkan perjodohan tersebut jika memang kamu memiliki pertimbangan lain. Namun, yang terpenting adalah jangan sampai kamu ragu untuk mengambil langkah yang menurutmu benar.

 

Komunikasi menjadi kunci terpenting jika kamu berada dalam situasi yang seperti ini. Itulah mengapa keterbukaan antara dirimu dan orangtua menjadi kunci utama. Pertimbangkan dulu, ya!

Baca Juga: 5 Ciri Perjodohan yang Sebaiknya Tidak Kamu Terima, Langsung Tolak!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya