Comscore Tracker

5 Manfaat Penting dari Belajar Sembari Bermain bagi Anak-anak

Kreativitas anak jadi lebih terasah lho

Anak-anak di usianya pasti sangat menyukai aktivitas bermain. Kadang kala aktivitas ini menarik perhatian mereka untuk dapat berkreasi sebebas mungkin.

Hal ini lah yang kemudian bisa dimanfaatkan orangtua untuk dapat mengajak anak-anak agar belajar, namun sambil bermain. Lewat cara yang kreatif justru anak-anak dapat menemukan banyak hal yang dapat dipelajarinya dengan baru. Anak-anak dapat memperoleh beberapa dampak baik berikut ini apabila dapat belajar sambil bermain.

1. Kreativitasnya semakin terasah baik

5 Manfaat Penting dari Belajar Sembari Bermain bagi Anak-anakIlustrasi bayi bermain pasir (Pexels/BARBARA RIBEIRO)

Anak-anak memiliki fase golden age yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Fase ini membentuk anak menjadi pribadi yang mudah menyerap ilmu dengan cepat.

Dengan membantu anak belajar sambil bermain, maka kreativitas yang dimilikinya juga akan semakin terasah. Tentu saja anak jadi memiliki kemampuan kreativitas maksimal dan pola berpikir yang baik.

2. Mengembangkan kemampuan sosialnya dengan orang-orang di sekitar

5 Manfaat Penting dari Belajar Sembari Bermain bagi Anak-anakIlustrasi anak sedang mewarnai (Pexels/Eren Li)

Untuk membantu anak dalam belajar, para orangtua dapat mendampingi dengan cara memperkenalkannya pada orang-orang di sekitar. Hal ini akan membuat anak jadi dapat bermain dengan orang lain, sehingga tidak lah sendirian.

Cara tersebut tentu saja akan membantunya dalam mengembangkan kemampuan sosial sebaik mungkin. Anak-anak jadi dapat bergaul dan tidak menutup dirinya begitu saja.

Baca Juga: 5 Manfaat yang Diperoleh saat Si Kecil Bermain Pasir, Menyenangkan!

3. Mampu berpikir secara kritis

5 Manfaat Penting dari Belajar Sembari Bermain bagi Anak-anakIlustrasi suasana belajar di kelas (Pexels/Max Fischer)

Anak-anak yang memiliki kemampuan berpikir kritis tentu dianggap sebagai hal yang sangat baik. Alasannya tentu saja akan membuat anak cenderung dapat melihat berbagai hal dari sudut pandang yang berbeda-beda.

Untuk membuat anak memiliki kemampuan yang demikian, maka dampingi anak untuk dapat bekerja sambil belajar. Hal ini akan membantunya dalam berpikir secara kritis dan penuh rasa penasaran.

4. Memiliki pengalaman yang luas

5 Manfaat Penting dari Belajar Sembari Bermain bagi Anak-anakIlustrasi anak sedang bermain (Pexels/RODNAE Productions)

Kamu tidak dapat hanya memaksa anak untuk duduk dan terpaku pada buku-buku. Hal ini disebabkan karena memang setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda-beda.

Jika orangtua mampu membantu anak untuk dapat belajar sambil bermain, tentu saja anak jadi memiliki pengalaman yang luas. Efeknya tentu dapat menjadikan pengalaman tersebut hal yang berharga untuk dipelajari.

5. Keterampilan fisiknya jadi lebih terampil

5 Manfaat Penting dari Belajar Sembari Bermain bagi Anak-anakIlustrasi anak-anak bermain (Unsplash/Katherine Hanlon)

Ketika anak-anak belajar sambil bermain, maka akan ada banyak aspek yang ikut terlatih, Tidak hanya dari segi pola pikirnya saja, melainkan juga keterampilan fisiknya.

Semua cara tersebut akan membuat anak menjadi pribadi yang lebih terampil. Cara tersebut akan membuatnya memperoleh banyak hal baru yang mungkin baru ditemukannya.

Melalui berbagai hal di atas tentunya para orangtua jadi paham bila memang mendampingi anak untuk belajar sambil bermain memiliki dampak luar biasa. Hal ini bisa memengaruhi perkembangan fisik dan pola pikir anak ke depannya. Awasi anak sebaik mungkin, ya!

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Anak meski Gemar Bermain Kotor-kotoran

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya