Comscore Tracker

5 Skill yang Banyak Diperoleh Para Ibu Selama Pandemi Berlangsung

Peran ibu memang sangat krusial dalam urusan rumah tangga

Dalam sebuah keluarga tentunya setiap orang memiliki perannya tersendiri. Salah satu sosok yang memegang peran penting dalam keluarga adalah sosok ibu.
Di masa pandemi yang semakin penuh tantangan ini, seorang ibu seakan dituntut untuk dapat melakukan tugas yang semakin  beragam. Tak heran bila kemudian pada masa pandemi, sosok ibu pun seakan memiliki beberapa skill tambahan seperti yang berikut ini.

1. Kemampuan lebih dalam mendidik anak

5 Skill yang Banyak Diperoleh Para Ibu Selama Pandemi BerlangsungIlustrasi ibu mengajari anak (Pexels/Ketut Subiyanto)

Saat pandemi melanda tentunya segala aspek dalam kehidupan terus berubah. Bahkan pendidikan pun mulai memberlakukan sistem jarak jauh yang menuntut para orangtua untuk ikut aktif dalam mendidik anak.

Hal ini tentunya membuat para orangtua, khususnya ibu harus memiliki banyak keahlian untuk mengajarkan pada anak. Dengan kemampuan tersebut, maka anak bisa memperoleh bimbingan belajar yang seimbang dan maksimal, baik dari guru ataupun orang tua.

2. Multitasking dalam menjalankan berbagai hal

5 Skill yang Banyak Diperoleh Para Ibu Selama Pandemi BerlangsungIlustrasi wanita sedang menyapu (Pexels/cottonbro)

Peran seorang ibu memang sangat identik dengan kemampuan multitasking-nya. Hal ini semakin didukung pada saat pandemi melanda.
Para ibu seakan memperoleh lebih banyak tugas yang harus dipegang dengan baik. Dengan demikian, kemampuan multitasking-nya juga semakin meningkat.

3. Lebih memahami kesehatan keluarga dengan baik

5 Skill yang Banyak Diperoleh Para Ibu Selama Pandemi BerlangsungIlustrasi seorang ibu merawat anaknya (Pexels/Gustavo Fring)

Prioritas utama yang harus dijaga pada saat masa pandemi ini tentu saja kesehatan dari keluarga. Kesehatan ini menjadi kunci utama yang harus senantiasa diupayakan agar dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan nyaman.


Para ibu pada masa pandemi juga seakan dituntut untuk dapat memastikan bahwa semua keluarga sehat. Mematuhi segala protokol kesehatan dengan rajin mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, banyak minum air putih, makan makanan yang sehat, dan masih banyak lagi.

4. Keahlian dalam memasak jadi lebih beragam

5 Skill yang Banyak Diperoleh Para Ibu Selama Pandemi BerlangsungIlustrasi ibu sedang memasak (Pexels/Kamaji Ogino)

Pada masa pandemi tentunya semua orang seakan dipaksa untuk tinggal di rumah sementara waktu. Pembatasan ini dilakukan untuk mengurangi adanya kontak fisik dengan orang lain, sehingga meminimalisir kemungkinan penularan.

Tak heran bila para ibu biasanya banyak melakukan kreasi masakan untuk membuat keluarga semakin betah di rumah. Hal ini juga yang membuat banyak ibu cenderung memiliki keahlian memasak yang semakin bertambah saat pandemi.

5. Handal dalam mengelola keuangan keluarga

5 Skill yang Banyak Diperoleh Para Ibu Selama Pandemi BerlangsungIlustrasi mengatur keuangan (Unsplash/金 运)

Di masa pandemi rasanya hampir semua sektor terkena dampaknya. Ekonomi pun menjadi salah satu faktor yang banyak melanda orang-orang.
Tak heran bila manajemen keuangan sangat diperlukan untuk memastikan bahwa pemasukan yang diperoleh cukup. Para ibu pun jadi semakin handal dalam melakukan pengelolaan keuangan.

Ada banyak skill tambahan yang dimiliki seorang ibu pada saat pandemi melanda. Hal terpenting adalah seluruh keluarga tetap sehat selama menjalani aktivitas di tengah pandemi ini. Para ibu pun jadi handal dalam segalanya, ya!

Baca Juga: Selain Mencari Nafkah, Berikut 5 Peran Penting Ayah dalam Keluarga

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya