Comscore Tracker

Bukan Nakal, 5 Alasan Kenapa Anak Kecil Suka Banyak Tingkah

Jangan langsung emosi ya

Seperti yang kita tahu bahwa banyak anak kecil yang sering melakukan hal yang aneh-aneh dan terkadang justru dapat menyulut emosi dari orang tua. Hal tersebut normal mengingat mereka belum memahami secara penuh tentang apa yang sedang mereka lakukan sehingga mereka masih membutuhkan banyak bimbingan, nasehat, serta kasih sayang dari kedua orang tua serta keluarga terdekatnya.

Meski terkadang tingkahnya macam-macam, mereka bukan berarti nakal lho! Karena pada hakekatnya tidak ada anak yang nakal, mereka hanya belum paham apa yang mereka sedang lakukan. 5 alasan logis ini bisa menjelaskan mengapa banyak anak kecil yang sering tingkahnya dapat menyulut emosi kita. Apa saja? Simak yuk!

1. Cari perhatian

Bukan Nakal, 5 Alasan Kenapa Anak Kecil Suka Banyak TingkahPexels/Di Lewis

Alasan utama mereka melakukan hal yang aneh-aneh bisa saja karena hanya cari perhatian dari orang-orang disekitar. Terkadang percaya atau tidak, anak-anak yang memiliki kedua orang tua yang masing-masing sibuk bekerja justru memiliki rasa manja yang lebih besar daripada yang tidak, rasa manja itu terkadang diutarakan dengan cara mencari perhatian orang-orang disekitar.

2. Mereka penuh dengan rasa penasaran yang tinggi

Bukan Nakal, 5 Alasan Kenapa Anak Kecil Suka Banyak TingkahPexels/Sharon McCutcheon

Anak kecil biasanya memiliki rasa keingin tahuan yang cukup besar terhadap apapun yang ada disekitarnya, hal ini bisa dibuktikan dengan tingkah mereka yang tak terduga dan ada-ada saja. Meski terkadang hal ini merepotkan orang tua tapi jangan sampai orang tua membatasi pergerakan anaknya untuk berkreativitas dari rasa penasarannya karena justru hal ini akan berdampak kurang baik kedepannya bagi perkembangan anak.

3. Mereka masuk dalam tahapan mencoba hal-hal baru

Bukan Nakal, 5 Alasan Kenapa Anak Kecil Suka Banyak TingkahPexels/Naomi Shi

Selain karena rasa keingin tahuan yang tinggi, pada masa ini seringkali anak-anak masuk kedalam masa dimana mereka menjelajahi hal-hal yang baru dan belum pernah mereka coba sebelumnya sehingga menimbulkan gambaran bahwa mereka melakukan tingkah yang aneh-aneh. Sebagai orang tua, kita wajib mengarahkan anak untuk mencoba hal-hal baru yang bersifat positif tentunya agar mereka tidak salah arah jika tidak diberi nasehat.

Baca Juga: Haru Banget, 6 Film Survival tentang Perjuangan Hidup Anak Kecil

4. Mereka ingin mengetahui reaksi sekitar terhadap dirinya

Bukan Nakal, 5 Alasan Kenapa Anak Kecil Suka Banyak TingkahPexels/BN

Hampir serupa halnya dengan poin pertama tentang cari perhatian, pada poin ini terkadang mereka akan berusaha untuk memancing reaksi dari orang-orang disekitarnya khususnya orang tua mereka. Mereka akan melakukan hal-hal unik yang mungkin terkadang menyulut emosi orang tua, namun justru hal itu lah yang wajib diatasi. Pihak orang tua harus mengetahui bagaimana caranya memberikan reaksi yang positif dan hangat kepada anak agar mereka tidak tersinggung dan tersakiti.

5. Mereka butuh pengakuan

Bukan Nakal, 5 Alasan Kenapa Anak Kecil Suka Banyak TingkahPexels/Pixabay

Terkadang meski sering dimanja oleh kedua orang tua, anak tetap butuh pengakuan terhadap kehadiran dirinya. Mungkin hal ini seringkali dirasakan oleh orang tua yang akan segera memiliki buah hati kedua, anak sulung mungkin akan lebih banyak melakukan hal-hal tak terduga demi mendapat pengakuan dari kedua orang tuanya karena mereka tahu bahwa sebentar lagi posisinya akan dibagi dengan sang adik kecil. Orang tua harus mampu mengontrol emosi sang anak serta memberikan pengertian penuh terhadapnya.

Nah, 5 alasan logis diatas membuktikan bahwa anak kecil itu tidak ada yang nakal meski tingkahnya selalu macam-macam. Semoga orang tua dan keluarga lebih memahami bagaimana cara mengatasi permasalahan anak secara tepat tanpa menyakiti perasaannya. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Punya 7 Sikap Ini, Artinya Kamu Bukan Anak Kecil Lagi!

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Mahasiswa yang ingin produktif. Mari berteman antar Writer di ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You