Comscore Tracker

5 Tips Mengurus Anak Tanpa Bantuan Babysitter, Coba Mandiri yuk!

Suka duka sudah menjadi cerita di dalamnya

Menjadi orangtua merupakan peran yang penting dan tidak mudah untuk dijalani. Hal ini disebabkan tanggung jawab yang dipegang harus dapat dijaga sejak anak lahir hingga ia dewasa kelak.

Tentunya tidak mudah untuk merawat anak dengan tangan sendiri, apalagi jika belum memiliki pengalaman. Meski begitu, banyak orangtua yang memutuskan untuk mengurus anaknya tanpa bantuan dari babysitter, lho.

Babysitter memang mempermudah pekerjaanmu sebagai orangtua, namun kamu tetap harus memahami tips mengurus anak tanpa bantuannya, lho. Simak tips selengkapnya berikut ini, ya!

1. Memiliki pengetahuan cukup untuk merawat anak

5 Tips Mengurus Anak Tanpa Bantuan Babysitter, Coba Mandiri yuk!Ilustrasi keluarga kecil bahagia (Pexels/Greta Hoffman)

Jika kamu dan pasangan merupakan orangtua baru yang minim pengalaman, sebaiknya persiapkan hal tersebut dengan baik. Cukupkan pengetahuanmu seputar merawat anak dengan baik.

Pengetahuan tersebut nantinya dapat menjadi modal penting dalam mengurus anak sebaik mungkin. Tanpa pengetahuan, maka akan sulit mempraktikannya secara langsung. Kamu bisa bertanya kepada teman atau orangtuamu, lho.

2. Pastikan emosi dan mentalmu stabil

5 Tips Mengurus Anak Tanpa Bantuan Babysitter, Coba Mandiri yuk!Ilustrasi ayah memarahi anaknya (Pexels/August de Richelieu)

Memegang tanggung jawab dan peran sebagai orangtua tidak hanya melibatkan tenaga semata. Lebih dari itu, kamu juga akan melibatkan lebih banyak aspek psikis.

Melalui pemahaman itu, maka akan lebih baik bila kamu dapat mengendalikan emosi dan mentalmu agar kondisinya stabil. Cara tersebut akan membantumu dalam menjalankan peran sebaik mungkin. Anak pun tidak menjadi pelampiasanmu saja nantinya.

3. Selalu punya manajemen waktu yang baik

5 Tips Mengurus Anak Tanpa Bantuan Babysitter, Coba Mandiri yuk!Ilustrasi ibu dan anak (Pexels/Ketut Subiyanto)

Untuk kamu yang menjadi orangtua sambil tetap bekerja, pastinya tidak mudah menjalankan peran ganda. Hal ini menjadi tantangan tersendiri jika tidak dapat dihadapi dengan tepat.

Cara jitu dalam menyiasatinya adalah dengan punya manajemen waktu sebaik mungkin. Buatlah jadwal terstruktur dalam menjaga atau bermain bersama anak. Pisahkan kegiatan bekerja dan urusan dengan akan. Dengan begitu, urusan pekerjaan dan keluarga tetap terpegang dengan baik.

4. Jangan ragu meminta bantuan keluarga

5 Tips Mengurus Anak Tanpa Bantuan Babysitter, Coba Mandiri yuk!Ilustrasi kakek nenek bersama cucu (Pexels/Pixabay)

Pada beberapa situasi, kadang kala kamu tidak selalu dapat melakukan kewajiban dengan baik. Bahkan, tidak jarang justru banyak orangtua yang kerepotan dalam mengurus segala sesuatunya sendiri.

Untuk meminimalisir kemungkinan tersebut, jangan ragu meminta bantuan orangtua atau pun keluarga. Dengan begitu, maka segala keperluan dan kepentinganmu tetap dapat dijalankan dengan baik. Namun, pastikan kondisi keluarga sedang tidak sibuk, ya.

5. Tidak pernah berhenti belajar

5 Tips Mengurus Anak Tanpa Bantuan Babysitter, Coba Mandiri yuk!Ilustrasi seorang ibu dan dua anak (Pexels/Elina Fairytale)

Menjadi orangtua bukan berarti sudah ahli dalam segala bidangnya. Justru, peran orangtua membuat banyak pasangan akan terus belajar bagaimana cara menjalankannya dengan baik.

Tentunya para orangtua tidak boleh lelah untuk terus belajar. Mendidik anak sesuai rentang usianya tentu memerlukan pemahaman lebih lanjut. Selalu perkaya wawasanmu tentang mendidik anak secara mandiri dengan berkala, ya.

Melalui beberapa tips mandiri di atas, kamu dapat dengan mudah mengasuh anak tanpa menggunakan bantuan babysitter. Siap melakukannya secara mandiri? Semangat selalu buat para orangtua di luar sana!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya