Comscore Tracker

Ini 5 Penyebab Anak Gemar Begadang, Jangan Dibiasakan!

Tidur larut malam sebaiknya tidak jadi kebiasaan anak

Anak-anak biasanya sejak kecil sudah memiliki jadwal aktivitas sehari-hari yang cukup teratur. Hal ini juga termasuk dengan jam tidurnya yang biasanya sudah dimulai sebelum pukul 9 malam.

Ternyata tidak semua anak memiliki jadwal tidur yang sama, sebab beberapa anak justru ada yang mengalami permasalahan tidur hingga cenderung begadang setiap hari. Jelas saja ini menjadi satu kebiasaan yang buruk, sebab dapat memengaruhi kognitif dan kesehatan anak. Biasanya anak-anak yang begadang disebabkan karena beberapa penyebab yang berikut ini, sehingga kamu sebagai orangtua dapat menghindarinya secara cermat.

1. Waktu tidur anak yang berantakan

Ini 5 Penyebab Anak Gemar Begadang, Jangan Dibiasakan!ilustrasi durasi tidur anak (unsplash.com/@anniespratt)

Penyebab yang pertama adalah karena waktu tidur anak yang berantakan. Semestinya penjadwalan tidur anak sudah dilakukan bahkan sejak mereka masih kecil, sehingga cenderung repetitif setiap waktunya.

Misalnya anak tidur pukul 8 malam, sehingga setiap hari jadwal tidur tersebut pun haruslah sama dan repetitif. Jika orangtua tidak konsisten dalam menemani anak untuk tidur pukul 8, maka waktu tidurnya akan mudah berantakan.

2. Kurang memaksimalkan rutinitas anak

Ini 5 Penyebab Anak Gemar Begadang, Jangan Dibiasakan!ilustrasi anak bermain (pexels.com/@Polesie_Toys)

Layaknya orang dewasa, anak-anak juga memiliki rutinitasnya tersendiri. Hal ini bisa berbeda-beda setiap anaknya, tergantung minat dan aktivitas rutin yang dimiliki oleh anak. Salah satunya tentu berkaitan dengan motorik yang dimiliki anak.

Bila orangtua berhasil memaksimalkan rutinitas anak, maka mereka akan menghabiskan tenaganya dengan maksimal, sehingga merasa lelah dan terlelap sesuai jadwal. Namun, jika anak justru menghabiskan waktu dengan kurang maksimal, seperti sibuk menonton tv dan bermain ponsel, maka tenaganya akan tersisa. Tenaga inilah yang membuat anak jadi sulit untuk tidur awal.

Baca Juga: 5 Alasan Utama Kenapa Anak-anak Lebih Bahagia Dibanding Orang Dewasa

3. Lingkungan yang tak nyaman untuk tidur

Ini 5 Penyebab Anak Gemar Begadang, Jangan Dibiasakan!ilustrasi anak tidur (unsplash.com/@picsea)

Lingkungan memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan kualitas tidur yang dimiliki anak. Orangtua jelas memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa anak-anaknya berada di lingkungan yang nyaman untuk beristirahat.

Lain halnya apabila anak justru berada di lingkungan yang berisik, banyak nyamuk, atau tidak nyaman untuk dipakai beristirahat. Hal inilah yang juga akan membuat anak jadi mudah terjaga hingga larut malam.

4. Depresi pada anak

Ini 5 Penyebab Anak Gemar Begadang, Jangan Dibiasakan!ilustrasi anak menangis (pexels.com/@Helena-Lopes)

Depresi merupakan gangguan psikologi yang ditandai dengan rasa stres berlebih terhadap sesuatu. Bukan hanya orang dewasa saja yang dapat berpotensi mengalami depresi, melainkan anak-anak juga memperoleh risiko yang sama.

Depresi pada anak mungkin bisa berasal dari beragam alasan yang berbeda. Anak-anak yang mengalami depresi dan tidak memperoleh bantuan, maka akan berisiko mengganggu waktu tidurnya. Hal ini membuat anak jadi semakin rentan terganggung secara psikologis dan fisiknya.

5. Membiarkan anak tidur siang terlalu lama

Ini 5 Penyebab Anak Gemar Begadang, Jangan Dibiasakan!ilustrasi waktu tidur (pexels.com/@Варвара-Курочкина)

Anak-anak biasanya memiliki jadwal untuk beristirahat di siang hari, selepas pulang sekolah atau selepas beraktivitas. Hal ini membuat mereka bisa menghabiskan waktu untuk tidur dengan rentang waktu yang berbeda-beda.

Meski demikian, orangtua harus sigap dalam membatasi waktu tidur siang anak. Apabila membiarkan anak tidur siang terlalu lama, maka akan berdampak pada waktu tidur malamnya yang larut.

Kebiasaan begadang pada anak jelas merupakan hal yang tidak baik. Selain akan mengganggu konsentrasi, namun begadang akan berdampak pada kesehatan mereka. Biasakan anak untuk tidur teratur, ya!

Baca Juga: 5 Cara Sederhana untuk Mendukung Kesehatan Mental Anak

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya