5 Sifat Positif yang Melekat pada Anak Bungsu, Mudah Berbaur

Anak bungsu biasanya identik dengan kesan supel

Sifat atau pun karakter yang dimiliki oleh setiap orang sebetulnya memang sudah melekat sejak lahir. Hal ini sedikit banyak juga akan dipengaruhi oleh pola parenting yang memang dilakukan oleh orangtua sejak kecil, sehingga nantinya akan terus terbawa hingga anak tumbuh dewasa.

Sering kali banyak orang yang juga berpikir bahwa karakter atau pun sifat yang dimiliki oleh seseoran bisa saja ditentukan dari urutan lahirnya. Sama halnya dengan beberapa sifat positif berikut ini yang ternyata melekat pada diri anak bungsu dan ternyata tidak hanya selalu dianggap sebagai sosok yang manja.

1. Ekspresif dalam menunjukkan rasa sayangnya

5 Sifat Positif yang Melekat pada Anak Bungsu, Mudah Berbaurilustrasi adik kakak (unsplash.com/Chayene Rafaela)

Anak bungsu biasanya memang memiliki karakteristik yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan anak sulung atau pun anak tengah. Hal ini karena memang sejak kecil biasanya anak bungsu telah terbiasa mendapatkan banyak kasih sayang dan juga perhatian dari orang-orang yang ada di sekitarnya.

Ternyata apa yang diperoleh oleh anak bungsu sejak kecil akan terbawa hingga dewasa, termasuk salah satunya adalah memiliki karakter yang cenderung lebih ekspresif dalam menunjukkan rasa sayangnya. Inilah mengapa anak bungsu biasanya tidak akan bersikap jaim apabila memang memiliki rasa sayang terhadap seseorang, sehingga cenderung ekspresif dalam menunjukkan hal tersebut.

2. Cenderung peka dengan sekitarnya

5 Sifat Positif yang Melekat pada Anak Bungsu, Mudah Berbaurilustrasi berkebun (unsplash.com/OPPO Find X5 Pro)

Banyak orang yang berpikir bahwa anak bungsu sangat erat kaitannya dengan sifat manja yang dimiliki. Padahal tidak demikian nyatanya justru anak bungsu cenderung memiliki sisi yang lembut karena memang dibesarkan dengan cara yang berbeda jika dibandingkan dengan anak sulung atau pun anak tengah.

Pola parenting yang berbeda pada anak bungsut ternyata akan membuat mereka tumbuh menjadi pribadi yang cenderung lebih peka terhadap sekitarnya. Bahkan mereka juga akan cenderung lebih perduli terhadap orang-orang lain, sebab memang sejak kecil sudah diperlakukan serupa oleh oran tua atau pun keluarga lain.

Baca Juga: 5 Langkah Membujuk Keluarga untuk Merestui Hubunganmu dengan Kekasih

3. Memiliki karakter yang lebih ceria

dm-player
5 Sifat Positif yang Melekat pada Anak Bungsu, Mudah Berbaurilustrasi anak-anak bermain (unsplash.com/@ashtonbingham)

Banyak yang menyimpulkan bahwa memang anak bungsu memiliki karakter yang cenderung lebih ceria jika dibandingkan dengan anak sulung atau pun anak tengah. Sebetulnya hal ini karena memang biasanya anak musuh diasosiasikan sebagai sosok yang memiliki selera humor, baik tentu saja karakter yang ceria dari anak bungsu.

Ini menjadi sisi yang positif karena membuatnya menjadi pribadi yang menyenangkan. Selain itu, anak bungsu tentunya bisa selalu membuat suasana menjadi lebih ringan, sehingga tidak sampai terlalu kaku atau pun tegang.

4. Cenderung supel dan mudah dekat dengan siapa pun

5 Sifat Positif yang Melekat pada Anak Bungsu, Mudah Berbaurilustrasi pertemanan (unsplash.com/@larm)

Anak bungsu menjadi sosok yang juga kerap dianggap supel dan juga mudah dekat dengan siapa pun. Hal ini karena memang biasanya anak bungsu memiliki cara interaksi yang berbeda, sebab sejak kecil sudah terbiasa berbaur dengan berbagai kalangan usia, termasuk dengan kakak-kakaknya sendiri.

Pola interaksi yang dimiliki oleh anak bungsu ternyata akan memudahkannya untuk mendapatkan teman dan inilah yang membuat anak bungsu juga biasanya akan lebih disukai oleh orang-orang yang ada di sekitar. Tidak heran jika memang anak bungsu akan cenderung memiliki lebih banyak teman di luar sana.

5. Berjiwa bebas

5 Sifat Positif yang Melekat pada Anak Bungsu, Mudah Berbaurilustrasi anak hujan-hujanan (unsplash.com/Vitolda Klein)

Tidak dapat dimungkiri bahwa memang anak bungsu sangat erat kaitannya dengan seseorang yang memiliki jiwa bebas. Hal ini karena memang anak musuh memiliki karakter yang cenderung muda dan selalu dianggap sebagai yang paling kecil di keluarga, sehingga terus terbawa sampai dewasa.

Tentu saja jiwa bebas yang dimiliki oleh anak bungsu akan membuatnya terhindar dari berbagai risiko stres yang mungkin dialami. Inilah yang juga akan membuat anak bungsu bisa mendapatkan lebih banyak kekuatan untuk melewati berbagai tantangan yang mungkin dialami dalam hidup.

Anak bungsu memang seolah memiliki karakter sifat yang cenderung berbeda jika dibandingkan dengan anak sulung dan anak tengah. Inilah yang mungkin juga menjadi ciri khas tersendiri dari anak bungsu, sehingga membedakannya dengan anak-anak lainnya. Apakah kamu yang anak bungsu juga memiliki sifat serupa?

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Senang menulis dan berbagi pengetahuan dengan banyak orang.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya