Comscore Tracker

5 Tantangan Orangtua Muda di Masa Pandemik, Jangan Abai!

Aspek pendidikan dan kesehatan jadi prioritasnya

Pada masa pandemik ini memang semua orang seakan dipaksa untuk dapat beradaptasi dengan situasi yang ada. Hal ini tentunya menjadi sesuatu yang baru dirasakan oleh kebanyakan orang.

Tak ketinggalan para orangtua muda juga pasti pernah mengalami hal yang demikian. Ada beberapa tantangan berikut ini di masa pandemik yang harus siap dihadapi oleh para orangtua muda.

1. Bekerja sambil mengurus anak di rumah

5 Tantangan Orangtua Muda di Masa Pandemik, Jangan Abai!Ilustrasi ibu dan anak (Pexels/Ketut Subiyanto)

Bekerja sambil mengurus anak jelas merupakan hal yang tentunya tidak mudah. Hal ini berlaku bagi para ibu atau ayah yang sama-sama bekerja.

Semua pekerjaan seakan dipindahkan ke rumah atau biasa disebut dengan Work from Home. Berada di rumah untuk bekerja, sambil mengasuh anak, jelas merupakan tantangan tersendiri.

2. Saling memberikan dukungan kepada keluarga

5 Tantangan Orangtua Muda di Masa Pandemik, Jangan Abai!Ilustrasi keluarga bahagia (Pexels/RODNAE Productions)

Masa pandemik ini jelas merupakan situasi yang tidak mudah untuk semua orang. Bahkan hal ini menjadi bentuk pelajaran berharga yang bisa diambil nilainya.

Itu mengapa peran keluarga sangat penting untuk saling mendukung dan menguatkan satu sama lain. Melalui cara demikian, maka kamu dan keluarga bisa sama-sama menghadapi masa pandemik ini dengsn optimistis yang penuh.

3. Mengajarkan anak untuk belajar virtual

5 Tantangan Orangtua Muda di Masa Pandemik, Jangan Abai!Ilustrasi anak belajar virtual (Pexels/Katerina Holmes)

Tak hanya pekerjaan saja yang seakan dipindahkan ke rumah. Tentunya pembelajaran pun sudah diliburkan bahkan sejak awal pandemik.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para orangtua yang anak-anaknya sudah harus belajar dari rumah. Menjadi fasilitator untuk membantu anak memahami pembelajarannya juga menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi.

Baca Juga: 5 Cara Sopan Menghadapi Orangtua yang Merasa Selalu Benar

4. Memastikan anak-anak melakukan protokol kesehatan

5 Tantangan Orangtua Muda di Masa Pandemik, Jangan Abai!Ilustrasi anak kecil mencuci tangan (Pexels/PNW Production)

Semua yang berkaitan dengan pandemik tentunya tak terlepas dari protokol kesehatan. Kadang kala, memiliki anak kecil jelas merupakan hal yang tak mudah untuk membantunya paham dengan situasi yang ada.

Disitu perang orangtua begitu penting, untuk memastikan anak-anaknya tetap menjalani protokol kesehatan dengan ketat. Memakai masker, menjaga jarak, dan membantu mencuci tangan menjadi hal yang harus dilakukan.

5. Belajar banyak materi parenting baru

5 Tantangan Orangtua Muda di Masa Pandemik, Jangan Abai!Ilustrasi orangtua bersama anak (Pexels/Pavel Danilyuk)

Situasi pada masa pandemik jelas menjadi sesuatu yang bahkan tak bisa diprediksi sama sekali. Ada banyak hal yang berubah, dan tentunya menjadi hal yang baru untuk dirasakan.

Disitu lah para orangtua seakan dituntut untuk terus memiliki kemampuan dalam belajar soal parenting. Hal ini untuk memastikannya tetap dapat beradaptasi dengan situasi yang berubah-ubah.

Tak mudah memang menjadi orangtua muda di masa pandemik yang seolah serba sulit ini. Kemampuan adaptasi dan kebersamaan dalam mengayomi keluarga menjadi hal terpenting untuk dijaga.

Baca Juga: 5 Tips Berani Bicara Jujur ke Orangtua, Mulai Saja Dulu

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya