Comscore Tracker

5 Tips Mengasah Jiwa Wirausaha Anak sejak Kecil, Jadi Lebih Mandiri!

Anak dapat memahami pentingnya kerja keras

Wirausaha merupakan salah satu kemampuan diri yang berkaitan dengan cara berdagang, bekerja keras, dan mengatur keuangan. Semua kemampuan tersebut tentunya menjadi modal utama untuk dapat memperoleh tujuan sebagai orang yang sukses.

Mempelajari mengenai wirausaha tidak hanya diperlukan untuk orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak. Orangtua bahkan dapat mendidik anaknya mengenai cara berwirusaha melalui beberapa tips penting yang berikut ini.

1. Mengajarkan anak konsep uang

5 Tips Mengasah Jiwa Wirausaha Anak sejak Kecil, Jadi Lebih Mandiri!Ilustrasi mengenalkan uang (Pexels/Karolina Grabowska)

Kamu harus memahami terlebih dahulu mengenai apa itu konsep uang kepada anak. Hal ini juga akan membuat anak semakin mengenal dengan uang dengan cara yang baik.

Para orangtua dapat mengajarkan anak mengenai pecahan uang, pentingnya uang, dan cara mengelola uang. Pastikan hal ini disampaikan lewat cara yang mudah untuk dipahami anak-anak.

2. Banyak mengobrol dengan anak mengenai hal-hal wirausaha

5 Tips Mengasah Jiwa Wirausaha Anak sejak Kecil, Jadi Lebih Mandiri!Ilustrasi ibu dan anak (Pexels/Pavel Danilyuk)

Kata siapa anak-anak hanya dapat mengobrol topik-topik ringan? Faktanya tidak demikian sebab kamu juga dapat mengajak anak mengobrol mengenai hal-hal wirausaha.

Jangan ajukan obrolan dengan topik yang berat pada anak. Ajaklah anak untuk mengobrol secara santai dan dengan tidak terlalu memaksanya.

Baca Juga: 5 Tips Mendidik Anak agar Tidak Menyisakan Makanan saat Makan

3. Mengajak anak ikut serta dalam acara wirausaha

5 Tips Mengasah Jiwa Wirausaha Anak sejak Kecil, Jadi Lebih Mandiri!Ilustrasi ayah dan anak (Unsplash/Jimmy Dean)

Kadangkala kamu perlu mengajarkan anak dengan melakukan praktik secara langsung. Hal ini mungkin karena teori semata tidak akan cukup untuk diberikan pada anak.

Untuk memberikan banyak pengalaman pada anak, ajaklah ia untuk berkontribusi dalam setiap acara kewirausahaan. Cara ini akan membantu anak dalam semakin mengenal dunia wirausaha dengan baik.

4. Menawarkan anak berwirausaha dari hal-hal kecil

5 Tips Mengasah Jiwa Wirausaha Anak sejak Kecil, Jadi Lebih Mandiri!Ilustrasi anak-anak dengan mainan (Pexels/cottonbro)

Anak-anak kadang kala berada pada usia yang selalu penasaran dengan banyak hal. Hal ini membuat mereka juga senang bila diberikan tantangan yang tak biasa.

Kamu dapat mengajak anak untuk berwirausaha melalui hal-hal yang kecil. Contohnya anak bisa menjual mainan-mainan kecil atau alat tulis dengan target pasar yang merupakan teman-teman atau keluarganya sendiri.

5. Mengajarkan esensi kerja keras dalam berwirausaha

5 Tips Mengasah Jiwa Wirausaha Anak sejak Kecil, Jadi Lebih Mandiri!Ilustrasi seorang ibu dan anak (Pexels/Andrea Piacquadio)

Ada banyak pesan moral yang dapat diambil dari mengajarkan kewirausahaan pada anak. Salah satunya mengenai kerja keras.

Kamu tidak hanya cukup untuk mengajak anak saja, namun juga perlu memberikan arahan dan nasihat pada anak mengenai esensi kerja keras. Hal ini terjadi karena kerja keras sangat diperlukan dalam urusan wirausaha. Dengan demikian, anak juga sudah dibekali kemampuan untuk bekerja keras sejak kecil.

 

Ada banyak tips penting yang dapat diambil dalam mengajarkan anak berwirausaha. Semoga hal tersebut menjadi sinyal positif bagi perkembangan anak, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Wirausaha Lebih Menjanjikan Dibanding Kerja Kantoran

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya