Comscore Tracker

Bukan Bodoh, 7 Penyebab Gangguan Belajar Pada Anak

Nilai pelajaran yang jelek bukan berarti bodoh, lho!

Anak-anak yang kesulitan belajar sehingga beberapa nilai pelajarannya tidak memuaskan bukan berarti bodoh. Terkadang orang tua hanya terus menyuruh anaknya untuk belajar lebih rajin agar nilainya meningkat. Padahal bisa saja anak tersebut mengalami gangguan belajar sehingga membuatnya kesulitan memahami pelajarannya di sekolah.


Oleh karena itu, sebaiknya guru dan orang tua tidak langsung memberikan label bahwa anak bodoh atau malas. Jika ada anak yang terlihat malas belajar atau kesulitan mengikuti pelajaran padahal teman yang lainnya bisa, maka perlu dicari penyebabnya. Dilansir dari laman Learning Disabilities Association of America, terdapat beberapa jenis gangguan belajar, simak penjelasan di bawah.

1. Disleksia

Bukan Bodoh, 7 Penyebab Gangguan Belajar Pada Anakdyslexia1n5.com

Disleksia merupakan gangguan membaca. Seorang anak yang mengalami disleksia akan mengalami kesulitan dalam mengenali huruf sehingga akan kesulitan saat mengeja dan membaca. Terkadang beberapa huruf dibaca tertukar, misalnya huruf b dibaca d, huruf p dibaca q, dan lainnya.


Anak dengan disleksia juga mengalami beberapa kesulitan, yaitu:

  • kurang memahami kalimat yang dibaca atau didengar
  • menyusun kalimat
  • mengingat kosakata
  • kesulitan menulis dan tulisan tangan yang buruk

2. Diskalkulia

Bukan Bodoh, 7 Penyebab Gangguan Belajar Pada Anakgiftdyslexia.co.nz

 Anak yang kesulitan dalam pelajaran berhitung atau matematika bisa jadi mengalami diskalkulia. Diskalkulia adalah gangguan belajar yang membuat seseorang kesulitan mengerti angka dan yang berhubungan dengan matematika.


Tidak hanya kesulitan berhitung, anak dengan disleksia juga mengalami beberapa kendala seperti:

  • Sulit mengenali angka
  • Sulit mengerti konsep matematika dasar seperti tambah dan kurang
  • Sulit membaca jam dan menghitung uang.

Beberapa penderita bahkan kesulitan membaca arah dan tidak mengerti notasi musik.

3. Disgrafia

Bukan Bodoh, 7 Penyebab Gangguan Belajar Pada Anakilslearningcorner.com

Disgrafia merupakan gangguan menulis. Anak dengan disgrafia mengalami gangguan motorik halus sehingga kesulitan untuk menulis. Beberapa gejala yang terlihat antara lain:

  • Anak kesulitan memegang pensil atau bolpoin
  • Terlihat kesulitan saat menulis.
  • Ketika menulis ukuran hurufnya berbeda-beda, huruf besar dan kecil tercampur-campur, tulisan tidak lurus pada satu garis.

Baca Juga: 7 Jenis Kanker yang Paling Sering Terjadi pada Anak-anak, Waspada ya!

4. Gangguan proses pendengaran (auditory processing disorder)

Bukan Bodoh, 7 Penyebab Gangguan Belajar Pada Anakadditudemag.com

Gangguan ini menyebabkan seseorang kesulitan memahami hal yang didengarkannya. Hal ini terjadi karena gangguan koordinasi pada telinga dan otak sehingga menyebabkan penderitanya sering salah menerima informasi. Tidak hanya itu, penderita gangguan ini juga bisa mengalami kesulitan menentukan dari mana asalnya suara datang.

Gangguan ini bisa menyebabkan seorang anak kesulitan memahami pelajarannya di sekolah. Apa yang disampaikan oleh orang tua atau guru sering salah dipahami.

5. Gangguan memproses bahasa (Language Processing Disorder)

Bukan Bodoh, 7 Penyebab Gangguan Belajar Pada Anakscientificworldinfo.com

Gangguan ini merupakan bagian dari gangguan auditory. Pada gangguan auditory semua suara yang masuk akan mengalami kesalahan interpretasi, sedangkan pada gangguan ini penderita hanya mengalami kesulitan dalam bahasa. 

Ada dua tipe language processing disorder, yaitu sulit memahami ucapan seseorang dan sulit mengungkapkan isi pikiran menjadi ucapan. Gangguan ini juga bisa membuat seorang anak kesulitan saat belajar.

6. Gangguan belajar non verbal

Bukan Bodoh, 7 Penyebab Gangguan Belajar Pada Anakfuturelearn.com

Pada gangguan ini, penderita akan mengalami kesulitan dalam kemampuan motorik, visual spasial, dan kemampuan sosial. Gangguan ini menyebabkan penderitanya kurang bisa memahami komunikasi non verbal misalnya tidak mengerti ekspresi, bahasa tubuh, dan kesulitan berkoordinasi.

7. Gangguan visual (visual motor deficit)

Bukan Bodoh, 7 Penyebab Gangguan Belajar Pada Anakweareeyes.com

Gangguan visual ini akan menyebabkan penderitanya kesulitan dalam memahami sebuah informasi yang dilihatnya, kesulitan dalam menggambar atau menyalin sesuatu. Gejala yang bisa terjadi misalnya:

  • sulit mengenal bentuk
  • kesulitan saat memotong atau menggunting sesuatu
  • sering memegang pensil dengan sangat kuat
  • kurangnya koordinasi mata dan tangan

Tujuh hal di atas dapat menyebabkan seorang anak kesulitan belajar. Oleh karena itu, jika kamu mengenal atau mempunyai anak yang sulit belajar atau nilai-nilainya jelek, maka sebaiknya periksa dulu penyebabnya. Jika kamu menemukan gejala gangguan di atas, segera periksakan ke ahlinya ya.

Baca Juga: 6 Keuntungan yang Akan Kamu Dapatkan kalau Akrab dengan Anak-Anak

wiwit widiastuti Photo Verified Writer wiwit widiastuti

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya