Comscore Tracker

Para Suami, Lakukan 7 Hal Ini Agar Sukses Jadi Ayah ASI 

Kesuksesan menyusui juga tanggung jawab ayah

ASI adalah sumber nutrisi terbaik untuk bayi. Setiap ibu dianjurkan untuk memberikan bayinya ASI eksklusif sampai 6 bulan. Namun terkadang kenyataannya menyusui itu tidak semudah yang dibayangkan. Banyak tantangan yang dihadapi ibu menyusui. Mulai dari ASI tidak keluar banyak sehingga membuat stres padahal stres bisa menghambat produksi ASI, puting lecet saat menyusui, terlalu lelah karena begadang, dan masih banyak tantangan ibu menyusui agar berhasil.

Oleh karena itu kesuksesan menyusui juga butuh dukungan suami. Dukungan suami akan memberi semangat untuk ibu dan meringankan beban ibu. Untuk itu suami harus tahu apa yang bisa dilakukan untuk mendukung istrinya menyusui bayi. Berikut 7 hal yang dapat dilakukan para suami agar sukses menjadi ayah ASI.

1. Selalu menyemangati dan menenangkan istri

Para Suami, Lakukan 7 Hal Ini Agar Sukses Jadi Ayah ASI pexels.com/Public Domain Pictures

Awal menyusui mungkin akan menjadi tantangan sendiri untuk ibu. Kadang ASI tidak keluar banyak sehingga bayi terus menangis dan ibu tambah stres. Di sinilah peran para suami. Suami harus terus menyemangati dan menenangkan istrinya.

Memotivasi istri akan membantu istri lebih rileks dan tenang. Suami juga harus bisa menghibur istrinya misalnya dengan memberikan sesuatu yang disukai istri atau memberikan perhatian kecil agar istri senang. Jika istri senang maka produksi ASI pun akan melimpah.

2. Membantu istri mencari informasi yang benar seputar menyusui

Para Suami, Lakukan 7 Hal Ini Agar Sukses Jadi Ayah ASI pexels.com/bruce mars

Mencari tahu informasi seputar ASI dan menyusui tidak hanya tugas istri. Suami juga harus membantu mencari informasi, tentu saja sumbernya juga harus terpercaya. Misalnya informasi mengenai cara memperbanyak produksi ASI, posisi menyusui yang benar, atau cara menyimpan ASI perah.

Era teknologi seperti sekarang banyak sekali beredar informasi yang belum tentu benar. Suami bisa membantu istri menyaring informasi dan menanyakan kepada ahlinya. Dengan begitu suami dan istri bisa berdiskusi tentang informasi yang didapat untuk mempermudah proses menyusui.

3. Membantu istri mendapat posisi nyaman saat menyusui

Para Suami, Lakukan 7 Hal Ini Agar Sukses Jadi Ayah ASI health.qld.gov.a

Posisi menyusui yang tidak nyaman akan cepat membuat badan istri terasa pegal. Apalagi masa-masa awal menyusui, mungkin istri belum menemukan posisi nyaman untuk menyusui. Suami bisa memberikan bantuan kepada istri untuk mencari posisi enak agar tidak cepat lelah dan posisi bayi juga nyaman.

Hal itu bisa dilakukan dengan membantu memberikan sandaran punggung istri, memberikan pijakan kaki agar posisi kaki istri tidak menggantung saat menyusui sambil duduk atau membantu meletakkan bayi pada posisi nyaman. Jika posisi menyusui nyaman maka istri bisa menyusui dengan tenang sampai si bayi kenyang.

Baca Juga: 6 Zodiak Cowok yang Punya Rencana Masa Depan Matang, Suami Idaman Nih!

4. Memberikan pijatan oksitosin

Para Suami, Lakukan 7 Hal Ini Agar Sukses Jadi Ayah ASI draxe.com

Pijatan oksitosin bisa membantu produksi ASI. Suami bisa memberikan pijatan oksitosin untuk istri. Caranya mudah, pijat dengan perlahan punggung istri pada sisi tulang belakang. Pijat dari bawah leher sampai punggung dengan gerakan memutar. Selain nyaman, pijatan ini membantu pengeluaran hormon oksitosin yang berfungsi memproduksi ASI.

5. Menyediakan makanan kesukaan istri

Para Suami, Lakukan 7 Hal Ini Agar Sukses Jadi Ayah ASI imagenesmy.co

Seiring kesibukan baru sebagai ibu dan menyusui mungkin waktu istri akan berkurang untuk sekadar membuay makanan kesukaannya. Suami bisa menawarkan apa yang diinginkan istri dan membelikannya atau membuatkannya. Dengan begitu istri akan berselera makan dan menjadi senang. Hal itu bisa memperlancar produksi ASI

6. Membantu pekerjaan istri

Para Suami, Lakukan 7 Hal Ini Agar Sukses Jadi Ayah ASI sheknows.com

Pekerjaan rumah yang menumpuk bisa membuat istri kelelahan. Tidak ada salahnya suami membantu meringankan pekerjaan istri. Misalnya membantu mencuci piring dan membereskan rumah. Selain meringankan beban istri hal itu tentu saja akan membuat istri senang.

7. Ikut aktif merawat bayi dan anak

Para Suami, Lakukan 7 Hal Ini Agar Sukses Jadi Ayah ASI verywellfamily.com

Merawat bayi dan anak bukan hanya tanggung jawab istri. Ayah dan ibu bertanggung jawab dalam mengasuh dan merawat anak. Oleh karena itu ayah juga harus turun tangan, misalnya mengganti popok, memandikan dan bergantian menggendong.

Apalagi jika sudah mempunyai anak lebih dari satu. Saat istri menyusui bayi suami harus mau menemani anaknya yang lain. Dengan kerja sama tugas keluarga akan menjadi ringan. Anak juga akan merasa bahagia jika ayah mau main bersama.

Itulah 7 hal yang bisa suami lakukan untuk mendukung istri menyusui. Karena menyusui bayi itu butuh dukungan. Yang penting adalah istri bahagia agar produksi ASI semakin melimpah. Semangat menjadi ayah ASI ya!

Baca Juga: 15 Ilustrasi Ini Menggambarkan Suami Kamu yang Cuek Abis

Wiwit Widiastuti Photo Verified Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You