Comscore Tracker

6 Tips Menjalin Hubungan yang Baik Dengan Mertua,Wajib Kamu Ketahui! 

Sayangi suami dan mertuamu

Pernikahan bukan saja menyatukan dua orang yang berbeda melainkan meyatukan kedua keluarga yang berbeda juga. Ada banyak hal yang harus diadaptasikan saat masuk ke kehidupan berumah tangga. Termasuk bagaimana berperilaku yang baik di hadapan mertua. Terkadang menjalin hubungan baik dengan mertua terasa sangat sulit pada awalnya. Mengapa sulit? Itu dikarenakan kamu merasa tersaingi dan tidak mau mengalah dengan mertuamu. Nah, inilah enam tips menjalin hubungan yang baik dengan mertua.

1. Kenali mertua saat masih pacaran

6 Tips Menjalin Hubungan yang Baik Dengan Mertua,Wajib Kamu Ketahui! unsplash.com/Allef Vinicius

Pada masa pacaran adalah masa yang baik untuk memulai cara memilih pendamping hidup yang baik dan tepat dan juga saat yang cocok untuk berdekatan dengan calon mertua. Pasti ada saat di mana pasangan memperkenalkan kamu pada orang tuanya. Saat ini jangan disia-siakan, gunakan dengan baik saat bersama mereka. Bersikaplah sewajarnya agar jangan sampai terjadi hubungan tidak direstui orang tua . Ramah dan sopan adalah kunci agar dapat berbaur dengan keluarga besar pasangan. Jika sudah terjalin keakraban, ini bisa diartikan sebagai ciri-ciri kamu serius untuk menjalin hubungan yang lebih intim lagi.

2. Anggaplah mertua sebagai orang tuamu sendiri

6 Tips Menjalin Hubungan yang Baik Dengan Mertua,Wajib Kamu Ketahui! Unplash.com/Brittany

Usahakan tercipta keakraban dengan mertua, anggaplah mereka juga orang tuamu sendiri. Jangan merendahkan mereka dengan meremehkan mereka di depan kepala mereka sendiri. Sayangilah mereka sama seperti kamu menyayangi ibu dan ayahmu sendiri. Jadilah pribadi yang menyenangkan dan mudah membaur dengan cara kamu sendiri secara alami dan tidak dibuat-buat.

3. Hormati mereka dan santun dalam bertutur kata

6 Tips Menjalin Hubungan yang Baik Dengan Mertua,Wajib Kamu Ketahui! unsplash.com/Ashwin Vaswani

Perkataan yang kasar tidak akan menyenangkan. Jangan pernah sekali-kali melontarkan ucapan yang menyakitkan hati mereka dan selalu hormati mereka. Sementara mereka menghargai orang lain dan membesarkan kita, tetapi mereka juga punya perasaan sebagai manusia. Selain itu tindakan ini akan menjadi penyebab suami sering bertengkar di rumah tangga. Karena sekali kata-kata kasar terlontar akan menyebabkan masalah lain muncul juga.

Baca Juga: 5 Hampers yang Ampuh Luluhkan Hati Calon Mertua

4. Sekali-sekali berikan hadiah

6 Tips Menjalin Hubungan yang Baik Dengan Mertua,Wajib Kamu Ketahui! Unplash.com/Kira auf der Heide

Tentu akan menjadi hal yang manis dan positif jika kamu tak lupa memberikannya hadiah atau bingkisan tangan sesekali di momen-momen spesial, seperti ulang tahunnya atau saat diundang untuk berkunjung ke rumahnya. Semakin personal hadiah yang kamu bawakan, semakin baik hubunganmu dengannya. 

5. Jangan lupa untuk rajin mengunjunginya

6 Tips Menjalin Hubungan yang Baik Dengan Mertua,Wajib Kamu Ketahui! unsplash.com/Les Anderson

Orang tua pasti merasakan rindu kepada anaknya yang sudah menikah dan hidup terpisah. Hal ini juga dirasakan oleh mertua. Sesekali berkunjunglah ke rumah mereka. Jika jaraknya sangat jauh, bisa berkunjung pada hari-hari besar yang mana keluarga besar juga berkumpul. Jika berdekatan, jangan lupa bertegur sapa dengannya setiap bertemu. Ciptakan suasana hangat dalam keluarga besar. Pintar-pintarlah mengatur jadwal mengunjungi keluarga sendiri dan keluarga pasangan agar sama-sama mendapat perhatian dari kamu. 

6. Bantulah mereka jika dalam kesusahan

6 Tips Menjalin Hubungan yang Baik Dengan Mertua,Wajib Kamu Ketahui! Unplash.com/Rod Long

Jika mereka ada masalah dan kendala dalam hidupnya, jangan ragu untuk menawarkan bantuan. Dengarkan setiap keluh kesah mereka. Walaupun kamu hidup berjauhan, bukan berarti sudah terpisah masing-masing. Bantu mereka sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Bila perlu diskusikanlah dengan pasangan untuk mencari solusi atau jalan keluar yang mungkin bisa dilakukan untuk membantu mereka.

Itulah enam tips dalam menjalin hubungan baik bersama dengan mertua untuk menciptakan keluarga yang lebih sempurna. Semoga tips kali ini bermanfaat. Wajib dicoba. 

Baca Juga: 5 Zodiak yang Jago Mengambil Hati Calon Mertua, Kamukah Itu?

Yulianamawar Photo Community Writer Yulianamawar

Mahasiswi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You