Comscore Tracker

5 Sifat Baik yang Dimiliki Anak Perempuan yang Dekat dengan Ayahnya

Daddy's little girl...

Tidak ada yang lebih membahagiakan ketika seorang laki-laki dipanggil “Ayah” oleh anak perempuannya,  di fase itulah seorang ayah menjadi pusat perhatian dari anak perempuannnya, di saat itu pula lah ayah akan mendidik anak perempuannya agar kelak menjadi wanita dewasa dan menjadi yang terbaik.

Tanpa disadari, sosok ayah akan selalu melekat di hati dan menjadi panutan oleh anak perempuannya hingga dewasa kelak. Berikut adalah sifat-sifat baik yang dimiliki anak perempuan yang dekat dengan ayahnya.

1. Mandiri 

Dimulai sejak balita, seorang ayah akan mendidik anak perempuannya agar tidak manja dan bergantung penuh pada orang lain, kadang ayah akan membiarkan anak perempuannya dalam kesulitan kecil dan sengaja tak membantunya. Contohnya, Ayah dengan sengaja tidak membantu membukakan bungkus permen milik anak perempuan kecil-nya, atau membiarkan anak perempuannya memakai sepatu sendiri tanpa bantuan orang lain. Didikan dan kebiasaan inilah yang membuat anak perempuan yang dekat dengan ayahnya menjadi mandiri.

2. Pemberani

Ayah juga mendidik anak perempuannya untuk berani namun tetap santun. Dia mengajari bagaimana menghadapi anjing tetangga yang suka mengejar anak kecil, tanpa menyakiti anjing tersebut. Pelajaran kecil seperti ini kelak membuat anak perempuan menjadi berani dalam menghadapi masalah tanpa "menjatuhkan" orang lain atau lawannya.

3. Suka Bertualang

Setiap laki-laki memiliki jiwa petualang yang menantang adrenalin dalam dirinya, dan ketika seorang laki-laki menjadi seorang ayah, jiwa petualang ini akan menular pada anak perempuannya. Mereka berdua akan menghabiskan waktu saat akhir pekan atau saat liburan untuk berpetualang ke alam terbuka atau mencoba permainan paling ekstrim di wahana permainan, atau memperbaiki mesin yang rusak di garasi. Kelak, membuat anak perempuan suka mempelajari hal-hal baru dalam hidupnya dan tidak takut pada sesuatu yang menantang, dan yang pasti kebiasaan berpetualang ke alam terbuka masih terbawa hingga dewasa.

4. Percaya Diri dan Semangat

Ayah adalah orang pertama yang selalu ada untuk mendukung dan memberi semangat serta memperkenalkan hal-hal baru yang positif kepada anak perempuannya. Ayah akan mengajari cara bermain basket atau olahraga lainnnya dan bertanding bersama, atau membelikan sepatu lari terbaik saat anak perempuannya mengikuti pertandingan lari di kotanya, bersedia mengantar jemput anak perempuannya saat mengikuti kursus bahasa inggris, semua yang dilakukan oleh ayah agar anak perempuannya mampu mengekplorasi potensi diri untuk merealisasikan ide dan mimpi dari anak perempuannya. Ketika anak perempuannya jatuh dalam kegagalan dia adalah orang yang memberikan semangat, nasehat dan pengertian agar bangkit kembali dan tetap percaya diri. Perlakuan inilah yang membuat anak perempuan yang dekat dengan ayahnya menjadi percaya diri dan selalu semangat.

5. Logis dalam Berpikir

Sebagai seorang laki-laki, ayah akan lebih berpikir secara logis dalam menghadapi segala situasi dan masalah, hal ini juga akan berpengaruh pada anak perempuannya maka jarang sekali terlihat anak perempuan yang dekat dengan ayahnya meneteskan air mata ketika dirundung kesedihan atau masalah meskipun mempunyai kelembutan hati layaknya seorang perempuan pada umumnya.

6. Setia Kawan

Ayah yang suka berkumpul bersama teman-temannya akan mengajak anak perempuannya ikut serta, karena ayah bangga memiliki  anak perempuan. Anak perempuan akan terdidik secara alami saat melihat ayah ikut peduli dan membantu ketika ada teman yang sakit dan megalami musibah, ikut senang ketika teman sedang berbahagia, didikan seperti ini lah yang menjadi panutan seorang anak perempuan tentang arti ke-setia kawan-an dalam dirinya.

 

Nah, berbahagialah dan bersyukurlah jika kamu sebagai seorang perempuan pernah mengenal dan mengalami kasih seorang ayah dalam hidupmu, Ayah adalah seseorang selain Ibu yang dikirimkan Tuhan menjadi malaikat tak bersayap untukmu. Berdoalah untuk ayahmu agar kelak beliau di tempatkan di tempat terbaik di surga, Amin.

 

Yvonie OH Photo Verified Writer Yvonie OH

"love the life you live, live the life you love" :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya