Comscore Tracker

Ini Dia 5 Fase Culture Shock yang Harus Kamu Hadapi di Situasi Baru!

Kamu siap dengan kenyataan yang ada?

Duh, kayaknya enak banget bisa jalan-jalan dan tinggal di tempat yang baru. New place, new me!” Pasti kamu pernah, deh, berpikir seperti itu. Kejenuhanmu dengan kegiatan dan pemandangan sehari-hari, ditambah scrolling media sosial dan melihat aktivitas orang-orang yang sangat berbeda denganmu membuatmu ingin mencoba kehidupan yang 180 derajat berbeda; dan kamu yakin kamu akan menikmatinya! Eits, tunggu dulu.

Ada kemungkinan besar kamu akan mengalami culture shock dalam proses menjadi “kamu yang baru” itu. Apa, tuh, culture shock? Lima tahap culture shock yang biasanya dikenal terbagi menjadi the honeymoon, disintegration, reintegration, the autonomy, dan the interdependence stage. Sebenarnya tahap-tahap culture shock ini hanyalah acuan saja, kamu mungkin mengenalnya dengan nama yang berbeda atau ada penambahan dan pengurangan dalam tahapan ini, untuk jelasnya, yuk, lihat bahasan di bawah ini!

1. The honeymoon stage

Ini Dia 5 Fase Culture Shock yang Harus Kamu Hadapi di Situasi Baru!Unsplash/Element5 Digital

Di sini adalah masa-masa euforia kamu karena pertama kali menginjakkan kaki di situasi baru. Kamu merasa semuanya serba indah, perbedaan membuatmu terpukau, dan kamu melihat apa yang ada di tempat baru jauh lebih baik dibanding tempat asalmu. Kamu ingin mengeksplor apa pun yang ada dan berinteraksi dengan banyak orang.

2. The disintegration stage

Ini Dia 5 Fase Culture Shock yang Harus Kamu Hadapi di Situasi Baru!Unsplash/Claudia Wolff

Fase inilah yang sebenarnya kita kenal dengan puncak kekagetan kita. Culture shock mulai dirasakan, dan kamu akan mulai membandingkan budaya dan kebiasaan di tempat asalmu dengan kebiasaan yang ada di tempatmu sekarang. Semua terasa berbeda, tidak ada habisnya untuk berubah dan menyesuaikan diri, sehingga kamu akan kecapekan.

Hambatan akan semakin terasa karena perbedaan pola pikir, perilaku, hingga bahasa. Ini membuatmu mulai berpikir apa alasanmu untuk berada di tempat baru dan mulai homesick.

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Culture Shock Saat Berkunjung ke Luar Negeri

3. The reintegration stage

Ini Dia 5 Fase Culture Shock yang Harus Kamu Hadapi di Situasi Baru!unsplash/Elliot Reyna

Selamat, pada tahap ini kamu akan mulai menyesuaikan diri! Kamu akan mulai memandang lingkunganmu dengan lebih realistis; tidak terlalu menggebu-gebu seperti masa honeymoon, juga tidak terlalu negatif seperti masa disintegration. Kamu mulai mencoba mengidentifikasi apa yang sebenarnya terjadi di sekelilingmu dan mulai mencoba "berdamai" dengan kenyataan bahwa kamu harus menyesuaikan diri dari nol.

4. The autonomy stage

Ini Dia 5 Fase Culture Shock yang Harus Kamu Hadapi di Situasi Baru!Unsplash/Elliot Reyna

Kamu semakin familier dengan keadaan sekitarmu, kamu sudah mulai mengingat dan memahami bagaimana lingkunganmu bekerja. Kamu akan membaur, mengingat sedikit demi sedikit kebiasaan baru, dan mulai mengurangi sikap membandingkan dengan tempat asalmu.

Kali ini, kamu merasa keadaan mulai kembali normal dan kamu mulai menikmati hidupmu di tempat baru.

5. The independence stage

Ini Dia 5 Fase Culture Shock yang Harus Kamu Hadapi di Situasi Baru!Unsplash/Jens Johnsson

Ketika di fase sebelumnya kamu mulai bangkit dan meniru kegiatan sekitarmu seperti seorang bayi, maka fase ini adalah fase kamu sudah mengerti, memahami, dan dapat bersikap seperti masyarakat di lingkungan barumu. Kamu sudah lebih percaya diri ketika berhadapan dengan ritme lingkungan baru dan tantangan yang ada.

Kamu juga dapat melihat perbedaan antara budaya asalmu dengan lingkungan sekarang dengan seimbang. Pokoknya, kamu sudah klop banget dengan masyarakat lokal!

Fase terakhir ini seringkali digabung dengan fase sebelumnya, karena memiliki kemiripan dan merupakan proses dari fase keempat. Biasanya, untuk kamu yang akan kembali lagi ke tempat asalmu, ada yang dikenal dengan re-entry shock.

Re-entry shock adalah penyesuaian diri dengan lingkungan lamamu, padahal kamu sudah bergerak mengikuti ritme tempat barumu. Kamu bisa mengenal kejadian ini melalui jet lag, perubahan sikap, hingga kesalahan-kesalahan tata krama. Tenang saja, sama seperti sebelumnya, kamu akan kembali terbiasa, kok!

Itu dia hal-hal yang perlu kamu ketahui dan antisipasi sebelum menerjang dunia barumu. Kamu ingin menjalani kehidupan yang lebih berwarna dan bahagia menemukan suasana baru, kan? Tentunya kamu akan lebih happy lagi kalau sudah bersiap-siap menghadapi fase-fase di atas! Selamat bertualang!

Baca Juga: 7 Culture Shock yang Akan Kamu Rasakan Saat Pertama Kali ke Korea 

Azizah Wulandari Photo Writer Azizah Wulandari

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya