Comscore Tracker

Selain Uang, 7 Hal Ini juga Privilege untuk Membantumu Raih Sukses

Sukses gak harus lahir dari keluarga sultan  #IniBaruGokil

Banyak yang berpendapat bahwa hanya orang-orang-orang yang terlahir dari keluarga kaya saja yang bisa mencecap kesuksesan, khususnya secara finansial. Memang benar, jalan yang mereka tempuh barangkali akan lebih cepat dan lancar. Namun, bagi kamu yang memiliki nasib berbeda, bukan berarti gak memiliki kesempatan yang sama.

Daripada waktumu terbuang untuk merutuki nasib, lebih baik maksimalkan privilege yang telah ada pada dirimu. Definisi privilege itu sendiri yakni adalah hak istimewa atau keuntungan yang tidak dimiliki oleh semua manusia. 

Tak selalu tentang uang, tujuh hal berikut merupakan privilege yang dianugerahkan padamu untuk membantumu meraih kesuksesan. Scroll dan cermati sampai selesai, yuk!

1. Keahlian manajemen waktu 

Selain Uang, 7 Hal Ini juga Privilege untuk Membantumu Raih Suksesilustrasi waktu (unsplash.com/Lukas Blazek)

Sebagai manusia, kamu sama-sama diberi jatah dua puluh empat jam dalam sehari. Namun, dengan kesamaan itu, gak berarti jumlah kegiatan yang dapat dilakukan juga sama.

Ada yang sehari-harinya hanya habis untuk main game, ada yang sekolah atau kuliah dan struggle dengan tugas-tugas, ada pula yang berkarya di berbagai macam platform sekaligus mengelola bisnis, dan banyak lagi variasinya.

Perbedaan itu hadir salah satunya karena perbedaan cara dari masing-masing manusia dalam me-manage waktu tersebut. Ini juga dipengaruhi oleh mindset pribadi.

Jika kamu mampu memaksimalkan waktu dan cenderung tak menyukai kegiatan yang sia-sia, maka itu adalah sebuah privilege yang membuatmu melangkah lebih cepat menuju kesuksesan.

2. Dukungan moral dari keluarga 

Selain Uang, 7 Hal Ini juga Privilege untuk Membantumu Raih Suksesilustrasi keluarga harmonis (pexels.com/Creative Vix)

Meski gak lahir dari keluarga sultan, kamu tetap punya privilege kalau keluargamu, terutama orangtua, selalu suportif terhadap apa yang kamu kerjakan. Apalagi jika mereka menjadi teman curhat setiamu. Walaupun gak selalu menemukan solusi, setidaknya beban-beban yang ada tidak hanya mengendap di kepala saja.

Beberapa anak ada yang dipaksa untuk berkarier di suatu bidang. Bahkan mereka yang memiliki privilege berupa harta berlimpah juga tak jarang mendapat kontrol seperti itu.

Tentunya, jika kamu bisa bebas memilih karier, hal itu menjadi keistimewaan tersendiri, kan?

3. Self awareness dan self confidence

Selain Uang, 7 Hal Ini juga Privilege untuk Membantumu Raih SuksesIlustrasi percaya diri (pexels.com/Karolina Grabowska)

Self awareness merupakan kemampuan mengenali karakter, emosi, motivasi, serta hal-hal yang disenangi dan dibenci oleh diri sendiri. Sedangkan self confidence ialah meyakini segala aspek dari self awareness tersebut.

Dengan memiliki keduanya, kamu jadi tahu kemana harus melangkah dan berani mengambil langkah tersebut sekalipun berada di luar zona nyaman. Selain itu, perasaan minder yang hadir juga bisa kamu olah menjadi peningkatan kualitas diri.

Masih banyak orang yang meremehkan dirinya sendiri dan membiarkan rasa minder menguasai mereka. Karena terus-terusan terjebak dan dikuasai oleh keminderan, mereka akhirnya menyalahkan orang lain yang nasibnya terlihat jauh lebih beruntung.

Baca Juga: 5 Hal yang Menunjukkan bahwa Kamu Sudah Ideal untuk Jadi Orang Sukses

4. Kemauan bekerja keras 

Selain Uang, 7 Hal Ini juga Privilege untuk Membantumu Raih Suksesilustrasi bekerja (pexels.com/Anna Nekrashevich)

Terlahir di keluarga yang biasa-biasa saja membuatmu harus bekerja keras demi bisa mendapatkan sesuatu yang luar biasa. Ini berpotensi membuatmu menjadi pribadi yang tangguh dan gak mudah menyerah.

Begitu pula saat dihadapkan dengan masalah-masalah baru, kamu bisa lebih cepat beradaptasi dan berupaya untuk lebih banyak bekerja dibanding mengeluh. Di samping itu, sesuatu yang didapat dari hasil jerih payah tentu akan jauh lebih berharga dibanding sesuatu yang diperoleh secara instan.

5. Haus akan ilmu 

Selain Uang, 7 Hal Ini juga Privilege untuk Membantumu Raih Suksesilustrasi belajar (pexels.com/RF._.studio)

Selalu penasaran akan banyak hal dan tak pernah merasa puas dalam belajar juga sebuah privilege yang patut disyukuri. Seandainya kamu merasa cukup dan berhenti belajar, kamu akan ketinggalan, karena dunia terus bergerak dan berinovasi.

Terus menambah isi kepala dengan hal-hal yang bermanfaat juga merupakan investasi dengan potensi return ribuan kali lipat. Selain itu, uang atau harta fisik bisa habis jika terus digunakan. Sebaliknya, ilmu justru kian bertambah jika semakin sering diimplementasikan.

6. Akses internet yang memadai 

Selain Uang, 7 Hal Ini juga Privilege untuk Membantumu Raih Sukseskemudahan akses internet dengan smartfren GOKIL MAX (dok. pribadi/Addini Safitri)

Dengan kamu bisa membaca artikel ini, itu berarti kamu mempunyai privilege berupa ponsel atau laptop, paket data, dan jaringan internet. Hal ini bisa kamu manfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan pengetahuan, skill, bahkan penghasilan.

Di zaman dengan teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini, banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dari internet, seperti menjadi desainer grafis, kreator konten, reseller atau dropshipper, dan yang hobi menulis bisa mengembangkan blog atau mengirim tulisan ke IDN Times, jika ingin lebih mudah.

Enaknya lagi, saat ini kamu bisa semakin nyaman berselancar menggunakan internet dengan Smartfren Gokil Max. Hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp30.000,-, kamu bisa menikmati Kuota Sultan sebesar 36 GB.

Smartfren Gokil Max ini kuotanya beneran gokil, karena tersedia juga Extra Kuota 70 GB untuk jam 1 - 5 pagi! Gokil banget deh buat menemani kamu yang hobi begadang sambil cari inspirasi. Kamu juga gak perlu khawatir soal jaringan karena jaringan Smartfren Gokil Max seratus persen 4G dan stabil banget.

Jadi, walaupun gak punya privilege berupa uang berlimpah, kamu tetap bisa punya kuota internet yang berlimpah dengan Smartfren Gokil Max.

#IniBaruGokil kalau kamu berani coba akses internet menggunakan Smartfren Gokil Max yang dijamin nyaman MAXimal!  Seperti aku yang selama 24 jam bebas mengakses semua aplikasi tanpa khawatir kehabisan kuota.

 

7. Tubuh yang sehat 

Selain Uang, 7 Hal Ini juga Privilege untuk Membantumu Raih Suksesilustrasi tubuh sehat (pexels.com/Mikhail Nilov)

Memiliki organ yang lengkap dan tubuh yang bugar tentunya memudahkan mobilitas. Asal ada kemauan, kamu bisa mempelajari apapun dan terus mengasah bakat yang dimiliki.

Tubuh yang sehat juga menjadi sesuatu yang esensial. Kalau lagi sakit, misalnya demam, pasti sekadar mengotak-atik ponsel saja rasanya tidak nyaman.

Manusia dilahirkan dengan kondisi yang beragam. Apapun takdir ada, itu adalah sesuatu yang telah dipercayakan Tuhan. D

Dari ketujuh privilege di atas, mana yang sekiranya kamu miliki dan apa ada lagi privilege-privilege lainnya yang belum disebutkan?

Baca Juga: 5 Skill Pendukung Sukses yang Bisa Kamu Kuasai, Gak Butuh Privilege!

Addini Safitri Photo Verified Writer Addini Safitri

Hope what I share can be useful for you. Be my friend on Instagram: @addini_sft

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya