Comscore Tracker

Bukan Cuma Cinta, 5 Hal Ini Harus Dipikirkan Saat Berusia 20an

#PANJATPOIN Kualitas kehidupanmu juga jauh lebih penting lho

Memasuki usia 20 tahun kamu mulai dihadapi oleh berbagai tuntutan hidup yang mengharuskanmu melakukan ini itu dengan sungguh-sungguh. Meskipun pada usia ini kamu jadi merasa sudah sangat pantas untuk merasakan kisah cinta yang sesungguhnya, namun sebenarnya ada lima hal lain yang jauh lebih penting lho untuk kamu pikirkan.

Sebab untuk masalah percintaan yakin saja jika Tuhan sudah menciptakan manusia berpasang-pasangan. Sehingga kamu tidak perlu terlalu terobsesi atau giat mencari pujaan hati di masa mudamu seperti ini. Sayang banget kan kalau waktu kamu hanya terbuang tentang pacar dan urusan percintaan saja?

1.Pola hidup mandiri

Bukan Cuma Cinta, 5 Hal Ini Harus Dipikirkan Saat Berusia 20anUnsplash/Aaron Thomas

Biasanya saat usia 20 tahun kamu sedang berada di masa-masa meniti karier atau di tengah perjalanan bangku kuliah. Disaat seperti ini kamu harus banget belajar mandiri untuk mengurus hidupmu sendiri. Terlebih jika kamu merantau dan jauh dari orang tua, maka poin ini benar-benar harus kamu tekankan.

Tapi hidup mandiri bukan semata-mata bertahan hidup hanya dengan makan satu kali sehari dan menggunakan pakaian yang itu-itu saja tanpa dicuci. Kamu harus bisa membuat hidupmu beraturan walau hidup sendirian. Jika sudah bisa maka kamu baru bisa disebut mandri guys.

Namun kalau kalian masih hidup bersama orang tua juga tidak berarti kamu masih bisa terus santai dan bermanja ria. Kalian bisa mengambil alih mencuci pakaian, mencoba memasak makanan simple, atau membuat kamarmu terus rapih. Kebiasaan sepele ini akan sangat berguna lho saat kamu berumah tangga nanti!

2.Mengatur keuanganmu sendiri

Bukan Cuma Cinta, 5 Hal Ini Harus Dipikirkan Saat Berusia 20anUnsplash/rawpixel

Karena sudah mulai memasuki usia dewasa kamu juga harus belajar untuk bisa membuat pengeluaran dan pemasukkanmu tercatat dengan rapih. Memang tidak harus selalu kamu tuliskan setiap harinya tapi setidaknya kamu berhenti untuk boros dan membuat keuanganmu menjadi stabil.

Jangan sampai kamu terus-terusan meminta uang dari orang tua, jika memang kebutuhanmu banyak coba pertimbangkan untuk mencari kerja sambilan, freelance, atau melakukan hobi yang bisa menghasilkan seperti menulis artikel. Selain tulisanmu bisa dinikmati banyak pembaca, kamu juga bisa mendapatkan uang sebanyak-banyaknya lho!

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Sudah Bisa Hidup Mandiri Tanpa Bergantung Orang Tua

3.Membangun relasi seluas mungkin

Bukan Cuma Cinta, 5 Hal Ini Harus Dipikirkan Saat Berusia 20anUnsplash/rawpixel

Karena kamu baru saja mengawali karier atau akan segera berkarir maka relasi adalah hal terpenting yang harus kalian pikirkan. Kalau selama bersekolah kamu sudah memiliki banyak teman maka terus pertahankan untuk menjaga tali silaturahmi dengan mereka. Sebab dalam dunia kerja nanti kamu akan banyak merasakan manfaat dari relasi yang luas.

Kamu juga bisa banget mencoba join di berbagai komunitas yang sesuai dengan hobi yang kalian miliki. Selain bisa memperdalam ilmu kalian juga jadi punya pergaulan dan kenalan yang tersebar luas guys.

4.Menyediakan waktu untuk orangtua

Bukan Cuma Cinta, 5 Hal Ini Harus Dipikirkan Saat Berusia 20anUnsplash/Matthew Bennett

Yang satu ini rasanya sering banget terlewat sebab kita sudah terlalu sibuk mengurusi ini itu nih. Padahal saat umur kita 20 tahun, orang tua pada umumnya sudah mulai memasuki usia senja sehingga membutuhkan perhatian yang lebih. Jika kalian belum bisa membahagiakan mereka dengan berbagai barang atau liburan yang mewah, jangan khawatir.

Cara termudah membuat mereka adalah dengan cara menyempatkan waktu kalian bersama mereka. Kamu bisa saling bertukar pikiran dengan ayah, belajar memasak bareng ibu atau ajak mereka berjalan-jalan disekitar lingkungan rumah. Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari karena tidak pernah menyempatkan waktu untuk menemani orang tua saat mereka masih ada ya.

5.Cintai dan kenali diri sendiri dengan baik

Bukan Cuma Cinta, 5 Hal Ini Harus Dipikirkan Saat Berusia 20anUnsplash/Seth Macey

Saking terlalu asik mengejar target dan cita-cita kamu juga suka lupa pada diri sendiri. Sebelum terlambat coba renungkan sebentar tentang apa yang sedang kamu kerjakan dan apa rencanamu di masa mendatang. Kamu wajib hukumnya mengenali diri sendiri dan mencintai diri sendiri dengan baik.

Jangan memaksa untuk melakukan apa yang tidak kamu suka, karena kamu akan merasa tidak nyaman selama menjalaninya. Sisipkan juga sedikit waktu dan budget untuk melakukan me time setelah kamu berhasil melakukan satu target, ini bisa membuatmu semakin semangat untuk mencapai target berikutnya.

Setelah dikupas secara luas seperti ini ternyata banyak banget hal yang harus kita pikirkan di saat berada di umur 20 tahun. Karena masa mudamu hanya terjadi satu kali dalam seumur hidup, maka manfaatkan dan maksimalkan semuanya demi masa depan yang gemilang ya!

Baca Juga: Bikin Kelihatan Tua, 7 Kebiasaan Ini Harus Dihentikan Sejak Usia 20an

alys Photo Verified Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya