Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini agar Lawan Bicaramu Merasa Lebih Dihargai!

Mari menghargai satu sama lain!

Setiap manusia pasti memiliki keinginan untuk merasa dihargai oleh orang lain, bahkan saat mereka sedang melakukan perbincangan denganmu. Saat melakukan perbincangan, penting untuk kamu tidak menyinggung hati lawan bicaramu. Oleh karena itu kamu diharapkan untuk melakukan beberapa hal yang dapat menghargai lawan bicaramu.

Dengan menghargai lawan bicaramu, kamu akan lebih disenangi oleh orang lain. Hal ini akan berdampak positif dalam kehidupanmu, entah berdampak positif dalam kehidupan sosialmu atau bahkan dalam dunia kerjamu. 

Berikut 5 hal yang dapat kamu lakukan agar lawan bicaramu merasa lebih dihargai.

1. Menatap mata lawan bicaramu

Lakukan 5 Hal Ini agar Lawan Bicaramu Merasa Lebih Dihargai!pexels.com/ketut subiyanto

Sejak kecil, kamu pasti sudah diajarkan untuk selalu menatap mata lawan bicaramu saat sedang melakukan perbincangan. Bahkan saat kamu presentasi pun kamu diajarkan untuk menatap mata audience

Mata merupakan jendela jiwa seseorang. Dengan menatap mata lawan bicaramu, kamu bisa menangkap ekspresi, suasana hati, serta mood yang sedang dirasakannya, sehingga kamu akan lebih mudah untuk memberikan empati dan simpati. Kamu juga akan lebih fokus untuk mendengarkan pembicaraannya, sehingga dia pun akan merasa lebih dihargai oleh kamu.

2. Tidak memotong pembicaraan

Lakukan 5 Hal Ini agar Lawan Bicaramu Merasa Lebih Dihargai!pexels.com/fauxels

Mendengarkan merupakan hal terpenting dalam komunikasi dua arah. Setiap orang memiliki hak untuk didengarkan. Saat kamu memotong pembicaraan lawan bicaramu, maka dia akan merasa tersinggung. Kemungkinan terburuk, dia akan menjauh darimu karena tidak menyukai sikapmu yang sering memotong pembicaraannya.

Dengan mendengarkan pembicaraannya tanpa memotong sedikit pun, kamu akan membuat dirinya merasa nyaman berbincang denganmu. Hubunganmu dengannya pun akan semakin dekat. 

Membentuk kebiasaan untuk selalu mendengarkan pembicaraan orang lain tanpa memotong pembicaraannya dapat berdampak positif terhadap kehidupan sosialmu.

Baca Juga: 5 Cara Berkomunikasi Ini Terkesan Meremehkan Orang Lain, Hati-hati

3. Ucapkan maaf, tolong, dan terima kasih

Lakukan 5 Hal Ini agar Lawan Bicaramu Merasa Lebih Dihargai!pexels.com/Artem Beliaiki

Tiga kata sederhana ini ternyata memiliki makna yang luar biasa. Seseorang akan merasa jauh lebih dihargai saat kamu mengucapkan maaf, tolong, dan terima kasih. 

Dengan mengucapkan maaf, maka itu artinya kamu mengetahui bahwa dirimu sudah melakukan kesalahan. Hal tersebut akan membuat lawan bicaramu merasa lebih baik. 

Ucapkan tolong jika kamu membutuhkan suatu bantuan dari lawan bicaramu. Dengan begitu dia tidak akan menganggapmu bossy dan dia dia akan dengan senang hati menolong kamu. 

Berterima kasih lah untuk semua kebaikan yang dilakukan oleh lawan bicaramu. Dengan begitu kamu telah mengapresiasi kebaikannya dan dia akan merasa lebih kamu hargai.

4. Letakkan smartphonemu

Lakukan 5 Hal Ini agar Lawan Bicaramu Merasa Lebih Dihargai!pexels.com/Canva studio

Saat sedang melakukan suatu perbincangan, kamu dilarang memegang smartphone. Bahkan akan lebih baik jika kamu meletakkan smartphone mu dengan layar menghadap meja. Hal ini menandakan kamu sedang tidak mau terganggu oleh notifikasi smartphone mu. Itu artinya kamu menaruh fokus utama pada perbincangan yang tengah kamu lakukan. Lawan bicaramu tentu juga akan merasa jauh lebih dihargai karena kamu mau mendengarkannya dengan sungguh-sungguh.

5. Menyebut nama lawan bicaramu

Lakukan 5 Hal Ini agar Lawan Bicaramu Merasa Lebih Dihargai!pexels.com/Retha ferguson

Ingin diakui keberadaannya merupakan sifat dasar semua manusia. Sejak lahir semua orang memiliki identitas berupa nama. Menyebutkan nama ternyata dapat menambahkan intimasi dalam berkomunikasi. 

Dengan menyebutkan nama lawan bicaramu, pandangannya terhadap kamu pun akan berubah. Dia akan merasa senang dan lebih dihargai oleh kamu. 

Ngobrol adalah sebuah cara untuk berkomunikasi, hargailah lawan bicaramu dengan sungguh-sungguh mendengarkannya. Jika kamu gak berkenan mendengarkan karena sakit atau hal lain, boleh kok menyampaikan secara langsung.

Adena Riskivia Trinanda Photo Writer Adena Riskivia Trinanda

Anak koas yang suka menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya