Comscore Tracker

Kurang Percaya Diri? Ini 5 Trik Ampuh Mengurangi Rasa Mindermu!

Sudah tahun belum?

Kurang percaya diri atau minder menjadi masalah utama bagi sebagian manusia. Masalah mental yang satu ini cukup menjadi tembok penghalang yang besar ketika ingin membangun sebuah hubungan baru. Sehingga membuat kebanyakan orang yang kurang percaya diri menjadi sosok yang anti sosial. Rasa minder itu sendiri muncul karena beberapa faktor seperti takut dibully, penampilan fisik yang kurang, pengangguran, dan satu faktor lain dari dalam diri yaitu pribadi introvert.

Supaya tidak memperburuk rasa kurang percaya diri itu. Sebaiknya perlahan-lahan merubah pola pikir dan tingkah laku agar tidak memiliki kecenderungan untuk melakukan hal bodoh seperti bunuh diri. Karena kebanyakan orang minder memiliki sejarah kelam masa lalu dan membuat mereka hidup dalam kesepian yang pada akhirnya membawanya ke keputusan yang ekstrim. Berikut ini adalah tips yang bisa diterapkan untuk membangun kepercayaan diri saat bicara dengan orang.

1. Singkirkan perasaan ingin tampil sempurna dan takut dibully

Kurang Percaya Diri? Ini 5 Trik Ampuh Mengurangi Rasa Mindermu!pixabay.com/RyanMcGuire

Kesan minder pertama saat mulai mengobrol dengan seseorang adalah rasa takut melakukan kesalahan. Orang minder biasanya sangat ingin terlihat perfect ketika bicara dengan orang lain, karena dengan begitu mereka tidak akan mendapat omongan miring.

Hentikanlah pikiran seperti itu sekarang juga. Sebab pikiran ingin bersikap sempurna itulah yang akan membangun rasa takut untuk dibully dan pada akhirnya menciptakan rasa minder untuk melakukan kontak sosial dengan orang lain.

2. Menjaga penampilan

Kurang Percaya Diri? Ini 5 Trik Ampuh Mengurangi Rasa Mindermu!pixabay.com/melancholiaphotography

Penampilan merupakan faktor utama yang sering membuat kita minder. Terutama bagi orang yang memiliki penampilan fisik yang kurang. Namun, bentuk rupa fisik tidak begitu banyak berpengaruh bila tak dibarengi dengan penampilan yang baik. Menjaga penampilan sangat dibutuhkan untuk mendongkrak tingkat rasa kepercayaan diri.

Dengan penampilan yang sesuai tempat, orang tidak akan menatap aneh. Sehingga rasa minder juga akan sedikit berkurang. Penampilan menjadi begitu penting karena meski orang itu cantik, ia akan tetap terkena cemooh bila tak memperhatikan penampilannya.

3. Bersyukur dan menghargai diri sendiri

Kurang Percaya Diri? Ini 5 Trik Ampuh Mengurangi Rasa Mindermu!pixabay.com/geralt

Terkadang orang minder karena terlalu banyak membandingkan kelebihan orang lain dengan dirinya. Sampai mereka lupa jika dalam dirinya juga memiliki suatu hal yang istimewa. Hal ini menimbulkan rasa minder yang tinggi saat bertemu dengan orang. Bahkan tak jarang orang menjadi merasa tak pantas lagi bergaul dan memilih untuk berdiam diri saja di rumah.

Merendah itu memang baik. Bahkan ada peribahasa, “merendahlah sampai tidak ada orang yang bisa merendahkanmu”. Akan tetapi maksud merendah di sini bukan sampai tak menghargai kemampuan diri. Namun, merendah untuk tidak merasa menjadi orang yang paling hebat di antara orang lain. Sebab di atas langit masih ada langit. Setiap orang pasti memiliki kemampuan terbaik dibidangnya masing-masing. Teruslah asah apa kemampuan terbaikmu dan jadikan kemampuan itu menjadi jurus andalan kalian saat dalam pembicaraan ada orang yang mulai merendahkan.

Tuhan memang menciptakan manusia dengan takdir yang berbeda-beda, tapi memberikan dua pilihan yang sama untuk nasib. Jadi, masih ingin membandingkan diri dengan orang lain dan menganggap kehidupanmu sampah atau memilih berubah dan menghargai kemampuanmu?

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Rasa Minder yang Bikin Mundur

4. Menambah wawasan

Kurang Percaya Diri? Ini 5 Trik Ampuh Mengurangi Rasa Mindermu!pixabay.com/StockSnap

Ketika bicara dengan orang lain yang paling menjadi pikiran adalah topik pembahasan. Orang minder biasanya bingung mencari topik cerita. Sehingga mereka hanya akan berakhir menjadi pendengar cerita orang lain, sebenarnya ini bukanlah suatu keadaan yang buruk. Tapi, bila yang dibahas merupakan topik yang tidak diketahui, hal Ini hanya akan membuat orang minder merasa bodoh karena tidak tahu mau merespon seperti apa dan membuat mental percaya dirinya semakin turun.

Langkah yang paling utama untuk mengatasai masalah ini adalah dengan menambah wawasan. Membaca buku, melihat berita terkini, dan mencari tahu apa yang sedang populer merupakan cara terbaik untuk menambah wawasan. Bila sudah memiliki banyak wawasan, berbicara dengan orang pun akan menjadi lebih mudah. Paling tidak kita bisa menanggapi apa yang sedang dibicarakan oleh orang lain dan lama-lama akan menjadi obrolan yang panjang. Jadi, tidak akan ada lagi stuck ketika mengobrol dengan orang lain.

5. Terus mencoba untuk bergaul

Kurang Percaya Diri? Ini 5 Trik Ampuh Mengurangi Rasa Mindermu!pixabay.com/StockSnap

Bila dalam sebuah interaksi sosial kita tidak mendapatkan efek seperti yang diharapkan, jangan terlalu cepat memutuskan untuk menyerah. Karena pada dasarnya semua itu butuh proses. Menjadi orang yang memiliki percaya diri itu juga tidak mudah. Apalagi kalau masih ada rasa sensitif yang tinggi di dalam hati.

Kalau kamu mendapat omongan miring karena cara berinteraksi yang kaku, tidak perlu dianggap serius. Teruslah untuk memperbaiki diri, karena hanya dengan cara ini mental percaya diri akan terbangun. Memang bagi orang yang pendiam dan pemalu melakukan interaksi sosial itu sangat melelahkan. Namun, bila dilakukan terus-menerus semuanya akan baik-baik saja dan mental percaya diri itu pun akan terbangun dengan pondasi yang kuat.

Dari semua tips di atas ada satu hal yang sangat penting untuk bisa berhasil keluar dari zona minder. Itu adalah niat yang kuat. Jika sudah memutuskan untuk berubah, jangan menyerah di tengah-tengah. Karena bila menyerah semua hanya akan menjadi percuma. Jadi, bila ingin berubah tancapkan dulu niat yang kuat di dalam hati dan jangan mudah tersinggung oleh omongan orang.

Ya, sepertinya sampai di sini saja tulisan ini. Terima kasih banyak sudah mau membaca. Salam percaya diri!

Baca Juga: Kurang Percaya Diri, 5 Zodiak Ini Dikenal Mudah Merasa Minder

Arsya Naira Photo Community Writer Arsya Naira

Instagram-ku @_adhesa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You