Comscore Tracker

5 Penyesalan Terbesar Manusia di Usia Senja, Yuk Introspeksi!

Waktu berjalan begitu cepat

Terkadang kita sebagai manusia yang tak sempurna, sering kali merasa menyesal dan bersalah akan hal yang pernah dilakukan. Apalagi penyesalan tersebut baru disadari di kala usia tak muda lagi. Inilah yang harus diantisipasi sedari sekarang, kamu harus memulai menentukan hal-hal yang berguna sampai kamu tua nanti, bukan hanya untuk kamu seorang, juga untuk semua orang yang berada di sekitarmu.

Lima penyesalan terbesar manusia di usia senja ini sering terjadi. Mereka akan menganggap bahwa selama hidup, ia melakukan hal-hal yang sia-sia belaka. Maukah kamu mengalami hal tersebut? Maka dari itu, cobalah menghindari dan memulai dari sekarang!

1. Terlalu sibuk sehingga mengabaikan kebersamaan dengan keluarga

5 Penyesalan Terbesar Manusia di Usia Senja, Yuk Introspeksi!Pixabay.com/Dan_Park

Mungkin sering kita mendengar, ketika muda, waktu begitu banyak, akan tetapi uang yang tak ada. Begitupun ketika tua nanti, waktu tak ada, akan tetapi uang ada. Inilah yang sering dialami orang-orang yang mengalami produktivitas dalam bekerja nanti. Mereka akan lebih memprioritaskan waktunya untuk bekerja, yang membuat mereka hanya sedikit waktu, bahkan tak ada untuk bisa berkumpul sama keluarga.

Ketika usia mereka semakin tua dan pensiun di pekerjaan, mereka akan merasa menyesal. Anak-anak mereka sudah tumbuh besar dan sudah memiliki keluarganya sendiri-sendiri, yang membuat juga tak ada waktu untuk mengurusinya di waktu senja nanti.

Maka dari itu, manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk berkumpul sama keluarga, karena keluargalah nantinya yang akan mengurusimu di saat sakit dan tak sanggup lagi beraktivitas seperti dulu kala.

2. Tidak menabung untuk hari tua

5 Penyesalan Terbesar Manusia di Usia Senja, Yuk Introspeksi!Pixabay.com/stevepb

Ada beberapa faktor kenapa orang-orang ada yang tak pernah menabung untuk hari tua nanti, salah satunya karena pendapatan tak sebanding dengan pengeluaran. Maka dari itu, mulailah untuk tidak memiliki gaya hidup yang tak sesuai dengan isi kantong.

Mulailah menabung untuk hari tua nanti, khususnya di saat pensiun nanti. Karena ada banyak pengeluaran yang nantinya akan menunggumu. Kalau sudah memiliki tabungan dari sekarang, di saat usia senja nanti, tidak akan merasa stres untuk memikirkan keuangan lagi.Hidupmu di usia senja nanti akan bahagia dan sentosa.

3. Tidak memiliki bisnis sendiri atau berinvestasi

5 Penyesalan Terbesar Manusia di Usia Senja, Yuk Introspeksi!Pixabay.com/stevepb

Semakin nikmatnya dalam bekerja, sampai lupa untuk membuat bisnis sendiri dan berinvestasi untuk hari tua nanti. Dua hal ini sama halnya dengan manabung, kalau beruntung, kamu akan menjadi kaya.

Kalau dilihat secara empiris, kalau hanya bekerja saja, tidak akan ada pendapatan lebih yang akan kamu nikmati sampai usai senja nanti. Kalau ada, tanggungan pensiun, itu pun tak semua pekerjaan memberikan penghormataan seperti itu.

Kalau kamu sudah memulai membuat bisnis sendiri atau berinvestasi, kamu akan mendapatkan pendapatan pasif. Yang membuat isi rekeningmu akan terus bertambah, yang membuat di usia senja nanti, kamu tak perlu memusingkan lagi hal-hal keuangan.

Baca Juga: Merasa Terpuruk dalam Lubang Penyesalan? Pikirkan Lagi 5 Hal Ini!

4. Tidak memiliki tubuh yang sehat

5 Penyesalan Terbesar Manusia di Usia Senja, Yuk Introspeksi!Pixabay.com/RyanMcGuire

Ya, di usia tua nanti, tubuh tak sebugar seperti usia muda dulu. Dan selain masalah keuangan, kesehatan juga merupakan faktor penyesalan yang akan dialami orang-orang di usia senjanya nanti. Maka dari itu, mulailah untuk hidup sehat sedari muda.

Jangan merokok dan meminum minuman beralkohol, dan juga sempatkan waktu untuk berolahraga. Kalau tubuhmu sudah biasa sehat sedari sekarang, di waktu usia senja nanti, kamu tidak akan menderita penyakit yang bikin depresi, dan juga menghabiskan uang tabunganmu bertahun-tahun untuk membayar rumah sakit.

5. Tidak beribadah secara serius kepada Tuhan

5 Penyesalan Terbesar Manusia di Usia Senja, Yuk Introspeksi!Pixabay.com/nikolasc62

Hal yang paling utama dalam hidup ini, selain yang duniawi, juga memikirkan perbekalan untuk di akhirat nanti. Maka dari itu, mulailah beribadah secara serius kepada Tuhan. Karena di waktu tua nanti, kamu akan menyesal, karena hidup yang berpuluh-puluh tahun ini, diakhiri juga dengan kematian.

Itulah 5 penyesalan terbesar manusia di usia senja nanti. Waktu berjalan begitu cepat, jangan sampai lengah, yang membuatmu akan menyesali hidup di usia senja nanti.

Baca Juga: Sebelum Terlambat, Hindari 6 Penyesalan Hidup Terbesar Manusia!

Adliputra Photo Verified Writer Adliputra

Ig: adliip

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You