Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Open-Minded, Gak Banyak yang Tahu

Selalu ada hal-hal baru
Tidak bisa dimungkiri, menjadi orang yang open-minded itu butuh perjuangan. Sejak kecil kita dibesarkan dalam suatu nilai dan norma tertentu yang membentuk satu kesatuan bernama komunitas. Oleh karena itu, akan sangat sulit ketika kita dihadapkan pada situasi yang berlawanan dengan nilai dan norma yang sejak awal tertanam kuat.
 
Meskipun tak mudah, selalu ada alasan kenapa kita perlu berpikiran terbuka. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan membiarkan diri menjadi open-minded. Berikut lima alasan kenapa open-minded itu penting.

1. Tidak melulu terikat, open-minded membuatmu lebih bebas

5 Alasan Pentingnya Open-Minded, Gak Banyak yang TahuUnsplash.com/Jonathan Zerger

Perbedaan paling kentara dari orang yang belum bisa berpikir terbuka adalah kebebasan dalam bertindak dan berpikir. Ketika kamu berani berpikir terbuka, secara tidak sadar kamu sedang melepaskan belenggu "keharusan" yang selalu mengikat hidupmu. Kamu akan lebih bebas dalam melihat dunia dan selalu menemukan hal-hal baru yang menyenangkan.

Mempertahankan prinsip hidup itu penting. Namun, melihat dunia dengan pikiran terbuka akan membuatmu lebih hidup.

2. Mengembangkan diri bisa dengan cara apa pun, termasuk dengan jadi orang yang open-minded

5 Alasan Pentingnya Open-Minded, Gak Banyak yang Tahuwomenosophy.com

Open-minded berarti mampu menyadari eksistensi diri di tengah diferensiasi. Kamu akan sadar bahwa dunia selalu berputar dan memiliki hal-hal baru setiap waktu.

Semua hal, semua benda, semua orang adalah sesuatu yang bisa kamu pelajari. Merekalah sarana pengembangan diri yang efektif. Yang terpenting adalah berani menjadi orang yang open-minded.

Baca Juga: Bagus untuk Pengembangan Diri, 5 Cara Biar Lebih Open Minded 

3. Bahagia itu sederhana, salah satunya dengan jadi orang open-minded

5 Alasan Pentingnya Open-Minded, Gak Banyak yang Tahuunsplash.com/(Artem Maltsev)

Menjadi pribadi open-minded berarti bersedia mencoba hal-hal baru. Dengan itulah, kamu sedang melapaskan diri dari belenggu masa lalu. Secara perlahan, kamu sedang menjalani hidup dengan cara berbeda, dengan cara yang lebih baik.

Lingkungan adalah laboratorium bagi semua orang. Lewat lingkungan juga kamu akan mendapatkan banyak pengalaman berharga. Pengalaman itulah yang akan membuatmu lebih hidup dan lebih bahagia.

4. Ajang membentuk persahabatan dan relasi

5 Alasan Pentingnya Open-Minded, Gak Banyak yang Tahuromania-insider.com

Bagi sebagian orang, bertemu orang baru merupakan hal yang mendebarkan. Di masa ini, persahabatan dan relasi bisa terbentuk melalui berbagai platform online. Namun, persahabatan yang lebih kental akan terbentuk melalui pertemuan langsung.

Selalu bersikap terbuka dan ramah pada setiap pertemuan. Biarkan orang lain menunjukkan diri mereka. Tapi, jangan lupakan nilai yang kamu yakini.

5. Open-minded membuatmu tumbuh menjadi orang yang kuat

5 Alasan Pentingnya Open-Minded, Gak Banyak yang Tahuaconsciousrethink.com

Open-minded membuatmu terbuka terhadap ide-ide, membangun berbagai ide baru, maupun menggabungkan ide baru dengan ide sebelumnya. Dengan berpikiran terbuka, kamu akan selalu belajar tentang hal-hal baru, bahkan membangun pengalaman dari ide orang lain. Semua itu membuatmu semakin kuat dan percaya diri dengan apa yang kamu yakini. Pengalaman bisa dibangun dengan berpikir terbuka!

Meskipun menjadi pribadi yang open-minded butuh proses, ada berbagai hal yang bisa kamu lakukan untuk menjadi orang yang lebih terbuka. Tetaplah mencoba dan jangan menyerah!

Baca Juga: Yuk, Terapkan! 5 Cara Sederhana agar Menjadi Orang yang Open Minded

Afifah Meliana Photo Writer Afifah Meliana

Rangkaian kata menjabarkan seribu rasa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya