Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Mengikuti Standar Orang Lain untuk Sukses

Sukses itu sejatinya gak ada standarnya, kok!

Setiap orang pasti punya cita-cita suksesnya sendiri jika sudah dewasa, namun sayangnya ketika dewasa malah didesak oleh standar sosial dan standar orang lain perihal kesuksesan. Banyak orang berpikiran bahwa suksesmu harus mengikuti standar mereka dan harus sama!

Padahal pada dasarnya kesuksesan sejatinya gak ada standar atau ketentuan tertentu, kamu bebas meniti jalan dan pencapaian suksesmu sendiri dan gak perlu sampai mengikuti standar sukses orang lain, kok. Beberapa alasan yang menjelaskannya pun akan dibahas lebih lanjut di bawah ini. Simak ya!

1. Kesuksesan itu gak ada standarnya

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Mengikuti Standar Orang Lain untuk SuksesPexels.com/Fauxels

Gak ada batas, ketentuan, atau tingkatan tertentu yang bisa dijadikan standar kesuksesan karena setiap orang akan berbeda-beda. Jadi kalau ada orang yang mengatakan bahwa kamu harus begini dan begitu untuk sukses, gak perlu terlalu dipikirkan dan cukup ikuti kata hatimu sendiri.

2. Perjalanan dan tingkatan sukses setiap orang berbeda-beda

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Mengikuti Standar Orang Lain untuk SuksesPexels.com/Diva Plavalaguna

Alasannya yang kedua kenapa kamu gak perlu mengikuti standar orang untuk sukses adalah, karena perjalanan dan tingkatan kesuksesan setiap orang berbeda-beda. Pencapaian yang diraih juga berbeda, dan setiap orang punya kriteria sendiri terkait pencapaian untuk kesuksesan dirinya, kan.

Bahkan meskipun bagi orang mungkin kamu belum sukses, namun jika pencapaianmu sudah seperti yang kamu mau maka kamu sebenarnya sudah sukses untuk dirimu sendiri.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Baik yang Mendorongmu Cepat Sukses, Terapkan dari Sekarang

3. Kesuksesan gak ditentukan dan diukur dari standar orang lain

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Mengikuti Standar Orang Lain untuk SuksesPexels.com/Sora Shimazaki

Ketiga, kamu gak perlu mengikuti standar sukses orang karena kesuksesanmu gak diukur dan ditentukan oleh standar orang lain. Bukan mereka yang menentukan kesuksesanmu, namun dirimu sendirilah yang mestinya tahu kapan dirimu sudah sukses dan belum sukses. Sebab orang lain tidak memiliki hak untuk menghakimi kesuksesan yang merupakan bagian dari hidupmu, dan kamu gak perlu peduli apa kata orang.

4. Kamu punya cara sendiri untuk mencapai kesuksesanmu, bahkan melebihi yang orang lain lakukan

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Mengikuti Standar Orang Lain untuk SuksesPexels.com/Mentatdgt

Setiap orang punya kriteria suksesnya sendiri dan untuk itu, setiap orang juga punya caranya sendiri dalam meraih kesuksesan. Begitupun dirimu yang mungkin saja usaha dan perjuanganmu untuk sukses justru lebih berat dan luar biasa dari orang lain. Jadi gak perlu mengikuti standar orang-orang untuk sukses, sebab kamu bisa sukses dengan caramu sendiri. Benar?

5. Nanti hidupmu bisa terperangkap dan gak bebas kalau mengikuti standar orang

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Mengikuti Standar Orang Lain untuk SuksesPexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Dan alasannya yang terakhir kenapa kamu gak perlu mengikuti standar orang untuk sukses ialah, karena kalau kamu ikuti nanti hidupmu jadi gak bebas dan kamu pun merasa terperangkap sendiri. Sebab pada dasarnya memang gak ada kewajiban bagimu untuk mengikuti standar ataupun ekspektasi orang, kan. Jadi jangan biarkan jalan hidupmu malah diatur dan mengikuti alur serta standar orang lain. 

Intinya, kamu gak perlu mengikuti standar ataupun alur kesuksesan orang lain. Percaya saja bahwa kamu bisa sukses dengan caramu sendiri, karena pada dasarnya kesuksesan memang gak ada standarnya. Benar kan?

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Dilepaskan jika Ingin Sukses Gapai Mimpi

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya