Comscore Tracker

5 Alasan Logis Kenapa Kamu Harus Berhenti Jadi People Pleasure

Supaya hidupmu gak didedikasikan untuk bahagiakan orang lain

Kamu mungkin pernah mendengar istilah people pleasure, yaitu sebuah sebutan yang ditujukan untuk seseorang yang kerap membahagiakan dan menyenangkan hati orang lain. Di satu sisi membuat orang senang memang bagus, tapi di sisi lain justru malah gak bagus untuk diri sendiri, lho.

Maka dari itu jika kamu termasuk seorang people pleasure, sebaiknya segera berhenti melakukannya. Jika ingin tahu alasan-alasan logisnya, bisa simak pembahasan lebih lanjut di bawah ini dengan jelas. Demi kebaikan dirimu sendiri, lho!

1. Kamu harus fokus membahagiakan diri sendiri juga

5 Alasan Logis Kenapa Kamu Harus Berhenti Jadi People PleasurePexels.com/Ava Motive

Memang tak dapat dipungkiri bahwa ada perasaan bahagia ketika bisa membahagiakan orang lain, namun meskipun begitu bukan berarti kamu mesti terus jadi seorang people pleasure, lho.

Kamu harus tahu saat untuk berhenti, sebab fokus pada hidupmu sendiri dan membahagiakan diri sendiri juga penting. Jangan sampai kebahagiaanmu jadi bergantung pada bahagianya orang lain.

2. Orang-orang bisa betah bergantung dan memanfaatkanmu

5 Alasan Logis Kenapa Kamu Harus Berhenti Jadi People PleasurePexels.com/Polina Zimmerman

Alasannya yang kedua kenapa kamu harus berhenti jadi seorang people pleasure ialah, nanti orang-orang jadi betah untuk bergantung dan memanfaatkanmu. Karena mereka tahu bahwa dirimu adalah seorang people pleasure yang senang menyenangkan hati orang, kebaikanmu jadi dimanfaatkan untuk kepentingan pribadinya. Tentunya kamu tidak mau dimanfaatkan, kan?

Baca Juga: Bukan Kesepian, 5 Alasan Kamu Harus Buat Bahagia Versi Kamu Sendiri!

3. Supaya beban hidupmu berkurang dan jadi lebih ringan

5 Alasan Logis Kenapa Kamu Harus Berhenti Jadi People PleasurePexels.com/Kelvin Valerio

Menjadi seorang people pleasure membuatmu sering mengurusi hidup orang, membantu, bahkan mendahulukan kepentingan mereka dibanding kepentinganmu sendiri. Hal itu membuat beban hidupmu bertambah, maka dari itu berhentilah menjadi people pleasure agar hidupmu terasa lebih ringan dan beban-beban berkurang. Hidup ini berat, jangan sengaja menambahkan bebanmu dengan milik orang lain. 

4. Demi kebebasan untuk menjadi diri sendiri saat menjalani hidup

5 Alasan Logis Kenapa Kamu Harus Berhenti Jadi People PleasurePexels.com/Andrea Piacquadio

Keempat, alasan kenapa kamu harus berhenti menjadi people pleasure adalah demi kebebasanmu untuk jadi diri sendiri saat menjalani hidup ini. Karena selalu berusaha menyenangkan hati orang tentunya kamu jadi tidak bebas untuk bersikap apa adanya dan merasa tertekan. Jadi berhentilah, orang di sekitarmu pasti akan tetap menerimamu yang apa adanya jika memang mereka tulus.

5. Berbuat baik dan membahagiakan orang ada batas wajarnya

5 Alasan Logis Kenapa Kamu Harus Berhenti Jadi People PleasurePexels.com/William Fortunato

Alasannya yang terakhir mengapa kamu harus berhenti jadi seorang people pleasure adalah karena berbuat baik dan membahagiakan orang itu ada batas wajarnya. Jangan terlalu berusaha membahagiakan orang karena nantinya kamu bisa kecewa kalau mereka tak bisa membalas kebaikanmu. Apalagi segala hal yang berlebihan memang tidak baik, kan.

Intinya, membahagiakan orang lain itu boleh-boleh saja akan tetapi kamu juga harus tahu batasan dan waktu untuk berhenti menjadi people pleasure demi kebaikanmu sendiri.

Baca Juga: Stop! 5 Kebiasaan Ini Bisa Menghalangimu Menjadi Pribadi Mandiri

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya