Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Semakin Dewasa Jadi Malas Basa-basi Sama Orang Lain

Kedewasaan bikin kamu jadi malas basa-basi yang buang waktu

Sejak kecil orangtua pasti mengajarkan anak-anaknya cara berkomunikasi. Bagaimana cara bersosialisasi, membangun percakapan, dan bagaimana bicara pada orang lain agar tidak dianggap sombong sehingga terkadang jadi menggunakan cara berbasa-basi.

Namun seiring berjalannya waktu, konon rata-rata orang jadi malas untuk ngomong basa-basi yang cuma buang-buang waktu saja. Mengapa seperti itu? Untuk alasan-alasannya akan kita bahas di bawah ini, yuk disimak!

1. Faktor pendewasaan diri

5 Alasan Kenapa Semakin Dewasa Jadi Malas Basa-basi Sama Orang LainPexels.com/Cottonbro

Pertama-tama, kamu jadi malas basa-basi ke orang lain saat semakin dewasa ialah karena mungkin saja faktor kedewasaan. Semakin dewasa tentunya ada bagian dari diri seseorang yang berubah, yang dulunya mungkin masih mau repot berbasa-basi, kini menjadi malas melakukan itu dan gak mau memaksakan diri lagi. 

2. Malas membicarakan hal-hal yang tidak penting dan menghabiskan waktu

5 Alasan Kenapa Semakin Dewasa Jadi Malas Basa-basi Sama Orang LainPexels.com/August De Richelieu

Alasannya yang kedua kenapa semakin dewasa malas berbasa-basi sama orang lain ialah karena mungkin timbul perasaan malas membicarakan hal-hal tidak penting yang membuang-buang waktu. Karena seperti yang kita tahu bahwa basa-basi kan hanya perkataan yang tak memiliki makna dan hanya dilakukan untuk mengulur waktu saja, jadi semakin dewasa kita pun semakin mengerti kalau basa-basi itu tidak penting.

Baca Juga: 5 Alasan Usia Bertambah Tak Lantas Membuat Seseorang Dewasa

3. Sadar kalau basa-basi bisa bikin orang lain muak

5 Alasan Kenapa Semakin Dewasa Jadi Malas Basa-basi Sama Orang LainPexels.com/Cottonbro

Kemudian alasannya yang ketiga ialah karena sadar kalau basa-basi bisa bikin orang lain muak. Semakin dewasa tentunya semakin banyak pemahaman kita tentang banyak hal, termasuk pemahaman tentang apa yang baik untuk dilakukan saat berhadapan dengan orang lain dan mana yang tidak. Dan kedewasaan dirilah yang banyak mempengaruhi hal ini. 

4. Seiring berjalannya waktu, basa-basi gak efektif dipakai dalam pembicaraan orang dewasa

5 Alasan Kenapa Semakin Dewasa Jadi Malas Basa-basi Sama Orang LainPexels.com/August de Richelieu

Seiring bertambahnya usia dan seiring berjalannya waktu, basa-basi tidak lagi menjadi suatu hal yang tepat digunakan dalam pembicaraan orang dewasa. Yang mana kalau ada keperluan, urusan penting atau pembicaraan serius justru lebih baik dibicarakan secara to the point daripada bertele-tele dan pakai basa-basi segala. Makanya wajar kalau semakin dewasa malah jadi malas untuk basa-basi.

5. Takut malah dimanfaatkan orang lain kalau terlalu basa-basi dan banyak omong

5 Alasan Kenapa Semakin Dewasa Jadi Malas Basa-basi Sama Orang LainPexels.com/August De Richelieu

Dan alasannya yang kelima kenapa semakin dewasa malah malas berbasa-basi ialah karena kita tahu banyaknya trik dan modus orang lain jika tidak hati-hati, sehingga ada rasa takut kalau malah dimanfaatkan orang jika sering basa-basi dan terlalu banyak omong. Sebab semakin dewasa kita juga harus semakin bijak dalam bicara dan bersikap, kan.

Itulah tadi beberapa alasan kenapa semakin bertambahnya usia dan dewasa justru membuat kita malas untuk basa-basi sama orang lain. Apakah kamu juga begitu?

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Makin Dewasa Kamu Nyaman Punya Teman yang Itu-itu Saja

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya