Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Menjaga Perasaanmu Supaya Gak Baperan & Sensitif

Demi menjaga dirimu sendiri supaya gak mudah dipengaruhi

Kita semua punya perasaan dan wajar bila terkadang baper terhadap sesuatu. Akan tetapi berbeda jadinya kalau kamu terlalu sensitif dan baperan, justru hal itu malah membawa pengaruh buruk untukmu dan juga membuat orang di sekitarmu jadi kurang nyaman. Bahkan perasaan yang baperan dan terlalu sensitif juga akan mengganggumu untuk bisa bersikap profesional di tempat kerja.

Maka dari itu sebenarnya sangat penting untuk menjaga perasaanmu untuk tidak baperan atau bahkan sensitif, kenapa? Lima alasannya ada dalam pembahasan berikut ini.

1. Supaya kamu tetap rasional jika dihadapkan berbagai keadaan

5 Alasan Pentingnya Menjaga Perasaanmu Supaya Gak Baperan & SensitifPexels.com/August De Richelieu

Salah satu kekurangan orang sensitif adalah gampang banget pikirannya kacau kalau ada gangguan dari orang lain. Sehingga sangat sulit untuk berpikir secara rasional dan bijak dalam situasi genting. Jadi daripada hal itu malah merugikanmu maka lebih baik untuk menjaga perasaan sendiri saja.

2. Gak dibikin baper sama gebetan yang cuma main-main

5 Alasan Pentingnya Menjaga Perasaanmu Supaya Gak Baperan & SensitifPexels.com/Keira Burton

Alasan kedua adalah kamu gak gampang dibuat baper sama gebetan yang cuma mempermainkan. Jadi kalau ada orang yang mendekati tapi cuma bermaksud gombal atau menghilangkan kebosanan, kamu gak mudah membuka hati untuk dia. Dengan kata lain hatimu pun jadi aman dari orang-orang seperti itu. 

Baca Juga: 5 Cara Mengubah Perasaan Iri Jadi Pemantik Suksesmu Sendiri

3. Bisa ngobrol dengan asyik tanpa merasa tersinggung

5 Alasan Pentingnya Menjaga Perasaanmu Supaya Gak Baperan & SensitifPexels.com/Julia Larson

Karena kalau perasaanmu terlalu sensitif malahan bikin orang sekitar jadi takut untuk ngajak ngobrol, takut malah bikin kamu tersinggung dan salah paham meski mungkin tak bermaksud menyinggungmu. Selain itu kamu juga bisa memperluas hubungan sosial kalau bisa menjaga perasaan, kan. Orang juga gak takut untuk bicara dan berdiskusi denganmu.

4. Agar perasaanmu tidak dijadikan celah bagi orang lain untuk menjatuhkan

5 Alasan Pentingnya Menjaga Perasaanmu Supaya Gak Baperan & SensitifPexels.com/Fauxels

Tidak semua orang di dunia ini baik, bahkan di dalam pergaulan dan sesama rekan kerja saja pasti ada orang yang suka menjatuhkan orang lain. Nah, jika kamu baperan dan terlalu sensitif maka hal itu bisa dijadikan celah baginya untuk menjatuhkanmu, maka dari itulah menjaga dan mengontrol perasaanmu sangat penting. Supaya orang jahat tidak menyerang perasaanmu yang dianggap sebagai kelemahanmu.

5. Menjaga dirimu sendiri agar tidak mudah dipengaruhi atau dimanipulasi orang

5 Alasan Pentingnya Menjaga Perasaanmu Supaya Gak Baperan & SensitifPexels.com/Fauxels

Dan alasannya yang terakhir ialah demi menjaga dirimu sendiri agar tidak mudah dipengaruhi dan dimanipulasi orang. Karena bahaya banget kalau kamu mempertahankan perasaan yang sensitif, bisa-bisa kamu dimanfaatkan orang dengan mudahnya. Bisa dengan sengaja membuatmu merasa iba, tersentuh, bahagia, atau bahkan membuatmu jatuh cinta padanya agar bisa memanipulasi dirimu. 

Intinya, ada banyak banget hal buruk yang terjadi jika perasaanmu terlalu sensitif dan mudah banget baper. Maka dari itulah dengan lima alasan tadi mudah-mudahan membuatmu sadar kalau menjaga perasaan itu memang sungguhan penting!

Baca Juga: 5 Alasan Perasaan Gak Bisa Diubah Sesuai dengan Kemauan Kamu

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya