Comscore Tracker

5 Sisi Baiknya jika Kamu Hobi Membaca Buku Jenis 'Self Improvement'

Kamu jadi lebih memahami diri sendiri dengan lebih baik

Membaca buku adalah salah satu hobi yang sangat bermanfaat untuk dilakukan, sebab dengan membaca tentunya wawasanmu pun jadi bertambah dan meluas. Lalu, jika seseorang memiliki hobi membaca maka biasanya ada satu genre buku tertentu yang menjadi favoritnya.

Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa sisi baiknya jika kamu hobi membaca buku berjenis pengembangan diri atau self improvement. Lalu apa-apa sajakah sisi baiknya? Berikut ini adalah pembahasan lima di antaranya. 

1. Kamu belajar mengenal dan memahami diri sendiri dengan lebih baik

5 Sisi Baiknya jika Kamu Hobi Membaca Buku Jenis 'Self Improvement'Pexels.com/Fauxels

Dengan membacanya kamu pun jadi belajar untuk lebih mengenal diri sendiri. Karena kalau mau mengembangkan diri menjadi lebih baik tentu harus dimulai dengan mengenal diri sendiri, kan. Dan itulah kenapa hobi membaca buku ini sangat baik untukmu, sebab tak jarang pula ada sebagian orang yang justru tak mengenal dirinya sendiri. 

2. Pemahamanmu tentang hidup yang selama ini salah jadi bisa kamu perbaiki

5 Sisi Baiknya jika Kamu Hobi Membaca Buku Jenis 'Self Improvement'Pexels.com/Fauxels

Di dalam buku self improvement ada berbagai macam topik yang akan mengubah pola pikir dan wawasanmu terhadap hidup dengan lebih positif. Jadi jika selama ini ada hal-hal dalam hidup yang cuma kamu lakukan dan pahami karena ikut-ikutan sekitar, kini menjadi lebih tahu mana yang baik dan buruk untuk dirimu sendiri dengan bertambahnya wawasan tentang kehidupan.

Baca Juga: 5 Alasan Penting Menyempatkan Diri untuk Membaca Buku Meski Kamu Sibuk

3. Kamu mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih bijak dan open minded

5 Sisi Baiknya jika Kamu Hobi Membaca Buku Jenis 'Self Improvement'Pexels.com/August De Richelieu

Lalu sisi baiknya yang ketiga dari hobi membaca buku berjenis self improvement ialah, dengan membacanya kamu pun dapat mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih bijak dan open minded. Sebab buku jenis self improvement memang biasanya berisi tentang cara membenahi pola pikir yang salah, arti kehidupan, hubungan dengan sesama dan hal-hal positif lainnya yang bisa membuatmu lebih bijak.

4. Tanpa sadar, baca buku self improvement membuat pola pikirmu jadi lebih dewasa dan kritis

5 Sisi Baiknya jika Kamu Hobi Membaca Buku Jenis 'Self Improvement'Pexels.com/Helena Lopes

Selain membuatmu jadi lebih open minded dan bijak, sisi baiknya dari memiliki hobi baca buku berjenis self improvement ialah kamu juga akan menjadi lebih dewasa dan lebih kritis dalam berpikir. Pokoknya kamu yang dulunya mungkin punya sifat childish, bisa dikurangi dan berubah menjadi lebih dewasa dengan sering baca buku self improvement

5. Kamu juga terbantu dalam menjaga kesehatan mental

5 Sisi Baiknya jika Kamu Hobi Membaca Buku Jenis 'Self Improvement'Pexels.com/Cleyder Duque

Secara tanpa sadar justru buku itu akan membantumu dalam menjaga kesehatan mental. Bahwa kamu tahu tanda-tandanya jika mengalami stres, atau masalah lain yang ada di dalam diri, sehingga dapat diatasi dengan lebih cepat. Sebab membaca buku pengembangan diri pun juga akan mengajarkanmu untuk mencintai diri, yang mana berdampak positif pada kesehatan mentalmu sendiri. 

Itulah tadi lima sisi baiknya jika dirimu mempunyai hobi membaca buku berjenis pengembangan diri. Namun terlepas dari itu, jenis apapun buku yang kamu baca tetaplah baik jika hal itu memberikanmu wawasan yang positif.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Malas Membaca Buku, padahal Jembatan Ilmu!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya