Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Memiliki Pendirian dan Prinsip Hidup Sendiri

Biar hidupmu gak diatur-atur dan dipengaruhi orang

Saat masih kecil tidak apa-apa jika kamu manut dan nurut dengan arahan orangtua. Bergaul mengikuti teman-teman, menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialmu. Akan tetapi beda ceritanya jika kamu sudah dewasa dan harus mulai belajar hidup mandiri.

Mau diakui atau tidak, kamu harus punya prinsip dan pendirian hidup sendiri demi kebaikanmu. Karena kalau gak punya prinsip ataupun pendirian bisa-bisa hidupmu malah kacau, lho. Dan kalau mau lebih tahu beberapa alasan logisnya kenapa hal itu penting, bisa simak pembahasannya berikut ini.

1. Supaya hidupmu gak diatur orang

5 Alasan Pentingnya Memiliki Pendirian dan Prinsip Hidup SendiriIlustrasi diskusi(pexels.com/Cottonbro)

Alasannya yang pertama kenapa punya prinsip dan pendirian hidup itu penting tentu saja supaya hidupmu gak diatur-atur orang. Kalau kamu gak punya prinsip sendiri pastinya kamu jadi mudah dipengaruhi oleh orang lain dan hanya mengikuti arus sekitar.

Begitu pula jika kamu gak punya pendirian, kamu gak dihormati orang-orang dan pendapatmu pun tak akan didengar. Jadi bisa dibilang dua hal itu merupakan fondasi untuk menjadi pribadi yang kuat.

2. Tahu apa yang baik untuk dirimu sendiri

5 Alasan Pentingnya Memiliki Pendirian dan Prinsip Hidup SendiriIlustrasi kerja(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Lalu alasannya yang kedua kenapa pendirian dan prinsip itu penting untukmu ialah, karena dengan menanamkan hal itu di dalam dirimu, kamu pun jadi tahu apa yang baik dan yang tidak untuk dirimu sendiri.

Contoh sederhananya, kamu tahu jenis pekerjaan apa yang tepat untukmu, atau jurusan pendidikan apa yang mesti ditempuh dan sesuai kemampuanmu sendiri. Dengan begitu hidupmu berada di jalur yang benar.

3. Agar pribadimu tidak diremehkan di tempat kerja

5 Alasan Pentingnya Memiliki Pendirian dan Prinsip Hidup SendiriIlustrasi rapat(pexels.com/Fauxels)

Banyak orang mungkin tak begitu menyadari ini, akan tetapi memiliki pendirian dan prinsip sangatlah penting agar dirimu dihormati dan dihargai di tempat kerja. Karena kalau saat diskusi atau meeting kamu tidak bisa memberi pendapat yang memang kamu yakini, lalu bagaimana atasan bisa mempercayaimu. Sebab dirimu mudah berubah dan tak punya pendirian tetap. Benar?

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Kamu Punya Pendirian Kuat

4. Biar orang lain mikir dua kali sebelum mencoba memanfaatkan dan memengaruhimu

5 Alasan Pentingnya Memiliki Pendirian dan Prinsip Hidup SendiriIlustrasi bicara(pexels.com/William Fortunato)

Keempat, punya pendirian dan prinsip itu penting supaya orang-orang yang mau memanfaatkan dan memengaruhimu berpikir dua kali sebelum melakukannya. Supaya kamu gak dianggap gampangan dan dipengaruhi oleh orang yang berniat jahat.

Beda jika kamu punya pendirian dan prinsip hidup sendiri, ketika kamu teguh dalam memegangnya maka orang lain pun jadi segan padamu. 

5. Punya prinsip itu dasar untuk dewasa dan bisa hidup mandiri

5 Alasan Pentingnya Memiliki Pendirian dan Prinsip Hidup SendiriIlustrasi wanita(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Terakhir, alasannya kenapa kamu harus punya prinsip dan pendirian ialah karena memiliki prinsip itu dasar untuk bisa menjadi pribadi yang dewasa dan modal untuk hidup mandiri. Karena ada banyak sekali keputusan dan tanggung jawab yang kamu tanggung ketika dewasa, dan hal itu membutuhkan pendirian dan prinsip yang menjadi dasarnya. Atau kamu tidak bisa menjadi pribadi yang benar-benar dewasa dan kuat untuk mempertanggung jawabkan dirimu sendiri.

Itulah tadi lima alasannya kenapa mempunyai pendirian dan prinsip hidup sendiri itu sangat penting, yang mana kedua hal itu memang untuk kebaikanmu sendiri kok.

Baca Juga: Punya Pendirian Kuat, 5 Zodiak Cewek Ini Gak Gampang Luluh Hatinya

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya