Comscore Tracker

5 Alasan Tak Masalah Jika Kamu Menangis Saat Dihadapkan Kegagalan

Karena itu bukti kalau kamu sudah berusaha keras

Ketika kita ingin mencapai sesuatu, berjuang untuk mendapatkannya dan berusaha keras, tentu sangat menyakitkan jika akhirnya harus dihadapkan dengan kegagalan. Jika kamu sedang berada di situasi seperti ini, kamu gak harus memaksakan diri untuk bersikap tegar dan pura-pura baik-baik saja. Tidak apa-apa kok kalau kamu menangis ketika gagal. Berikut ini ada beberapa alasan yang akan menjelaskannya.

1. Menangis bukan berarti kamu lemah

5 Alasan Tak Masalah Jika Kamu Menangis Saat Dihadapkan KegagalanPexels.com/Ingrid Santana

Tidak apa-apa jika kamu menangis saat gagal, sebab menangis bukan berarti kamu sosok yang lemah. Sebagai manusia normal yang memiliki perasaan, merasa sedih, kecewa hingga menangis adalah suatu hal yang wajar. Bukan sesuatu yang memalukan.

2. Tangisanmu bukti kalau kamu sudah berjuang keras

5 Alasan Tak Masalah Jika Kamu Menangis Saat Dihadapkan KegagalanPexels.com/Burst

Kedua, tidak apa-apa bila kamu menangis karena hal itu menjadi bukti bahwa kamu telah berjuang keras. Karena percayalah, hanya orang-orang yang melakukan usaha terbaiknya yang akan merasa sedih dan terpukul saat dihadapkan kegagalan. Mereka yang setengah-setengah dalam berusaha tentu akan merasa biasa saja kalau gagal.

Baca Juga: 7 Alasan Orang yang Mudah Menangis Memiliki Mental yang Kuat dan Sehat

3. Supaya perasaanmu bisa lebih lega untuk melangkah ke depan

5 Alasan Tak Masalah Jika Kamu Menangis Saat Dihadapkan KegagalanPexels.com/Fauxels

Lalu, menangis ketika kamu merasa sedih karena gagal juga dapat membuat perasaanmu jadi lebih lega untuk melangkah ke depan. Karena dengan menangis, sudah tidak ada perasaan buruk yang kamu pendam. Jadi kalaupun untuk berjuang untuk hal lainnya, kamu tidak akan terganggu dengan kegagalanmu yang sebelumnya itu.

4. Agar kesedihanmu gak menimbulkan trauma

5 Alasan Tak Masalah Jika Kamu Menangis Saat Dihadapkan KegagalanPexels.com/Tirachard Kumtanom

Setiap orang punya caranya sendiri dalam mengelola emosi. Dan percaya atau tidak, memendam sesuatu seperti marah, kecewa bahkan kesedihan dapat membuat batin tertekan dan menimbulkan trauma. Nah, dengan kamu membiarkan dirimu menangis, kamu jadi gak merasa tertekan dan juga gak takut kalau mau berjuang lagi di masa depan.

5. Kamu berhak untuk jujur pada perasaanmu sendiri

5 Alasan Tak Masalah Jika Kamu Menangis Saat Dihadapkan KegagalanPexels.com/Inzmam Khan

Terakhir, kamu berhak untuk jujur dengan perasaanmu sendiri. Dihadapkan dengan kegagalan memang suatu hal yang menyedihkan, namun bukan berarti kamu harus sampai membohongi perasaanmu sendiri. Jangan memaksakan diri untuk senang ketika kamu sebenarnya sedang sedih. Jadi gak apa-apa kalau kamu menangis ketika gagal, itu wajar kok.

Itulah beberapa alasan tidak apa-apa jika kamu menangis ketika dihadapkan kegagalan. Karena terkadang yang kita butuhkan bukanlah motivasi dari orang lain, namun menangis dan jujur dengan perasaan sendiri.

Baca Juga: 5 Alasan Cowok Juga Bisa Curahkan Emosi dengan Menangis

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya