Comscore Tracker

5 Bahayanya Kalau Kamu Dekat dengan Orang yang Tak Memiliki Empati

Dia bahkan gak bakal menolong kalau kamu kesulitan

Bisa dikatakan bahwa empati merupakan jiwa kemanusiaan dalam diri seseorang yang baiknya ditanamkan orangtua pada anaknya sejak kecil. Karena jika seseorang tidak memiliki empati di dalam dirinya bahkan hingga dewasa maka bisa berdampak buruk baik untuk diri sendiri ataupun orang di sekitarnya.

Beberapa bahayanya kalau kamu dekat dengan orang yang tak memiliki empati pun ada dalam pembahasan berikut ini, simak baik-baik!

1. Kalau kamu dalam keadaan genting gak bakal ditolong

5 Bahayanya Kalau Kamu Dekat dengan Orang yang Tak Memiliki EmpatiPexels.com/Cottonbro

Bahayanya yang pertama kalau kamu dekat-dekat dengan orang yang tak memiliki empati yaitu, kamu tidak akan ditolong meski dalam keadaan genting sekalipun. Karena pada dasarnya dia tidak memiliki empati di dalam dirinya, jadi wajar jika dia tidak peduli padamu bahkan pada saat kesulitan. Dan ini tentu sangar berbahaya jika tiba-tiba mendapat musibah atau terlibat kecelakaan, kan? Yang mana di situasi tersebut pasti membutuhkan pertolongan cepat.

2. Kehilangan rasa percaya diri jika terus bersamanya

5 Bahayanya Kalau Kamu Dekat dengan Orang yang Tak Memiliki EmpatiPexels.com/Andrea Piacquadio

Orang yang tidak memiliki empati tidak peduli pada sekitarnya, hanya meyakini apa yang menurutnya benar, dan jika kamu berbeda dengannya maka akan dikritik atau dianggap bodoh. Lalu bahayanya apa? Bahayanya adalah perlahan-lahan rasa kepercayaan dirimu akan hilang jika dekat dengannya. Meragukan keyakinan sendiri dan jadi sering minder dan takut.

Baca Juga: Bahaya! 5 Zodiak Ini Rawan Cekcok dengan Pasangan pada Desember 2020 

3. Memanfaatkan kebaikanmu untuk keuntungan pribadinya

5 Bahayanya Kalau Kamu Dekat dengan Orang yang Tak Memiliki EmpatiPexels.com/August de Richelieu

Kemudian, meskipun orang yang tak memiliki empati cenderung tak peduli pada sekitar namun ia justru mengambil keuntungan dari orang lain. Dia tega untuk memanfaatkan orang atau memanipulasi demi keuntungan pribadinya. Jadi hati-hati kalau kamu berbuat baik pada orang yang seperti ini karena bisa-bisa kebaikanmu malah dimanfaatkan.

4. Dia tidak merasa bersalah meski menyakitimu

5 Bahayanya Kalau Kamu Dekat dengan Orang yang Tak Memiliki EmpatiPexels.com/Ketut Subiyanto

Bahayanya yang keempat kalau kamu dekat dengan orang yang tak memiliki empati ialah dia tidak merasa bersalah meski menyakitimu. Bukannya merasa bersalah, yang ada malah dia menyalahkanmu dan menganggap reaksimu terlalu berlebihan. Orang seperti ini sangat tidak baik kalau kamu jadikan teman, jadi hati-hati ya.

5. Tipe orang yang tidak bisa diajak bahagia bersama

5 Bahayanya Kalau Kamu Dekat dengan Orang yang Tak Memiliki EmpatiPexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Tidak memiliki empati berarti tidak memiliki kepedulian, dan itu artinya dia tidak akan ikut merasa bahagia ketika kamu bahagia. Jika biasanya kita bisa ikut merasa senang saat melihat seseorang bahagia, dia justru sama sekali tidak merasa seperti itu. Intinya, emosionalnya tidaklah normal seperti orang-orang umum.

Itulah tadi beberapa bahayanya kalau kamu dekat-dekat dengan orang yang tidak memiliki empati, jadi jaga jarakmu dan kalau bisa jauhi saja dan bergaullah dengan orang yang lebih baik, ya!

Baca Juga: 5 Cara Menunjukan Rasa Empati pada Mereka yang Sedang Tidak Bahagia

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya