Comscore Tracker

Percayalah, Berdamai dengan 5 Hal Ini Buat Hidupmu Lebih Tenang

Hidupmu jadi terasa lebih ringan

Ada banyak orang yang hidupnya terasa berat dan mengira bahwa hal itu karena masalah. Memang tak bisa dipungkiri kalau kita tak bisa menghindari masalah dalam hidup ini, tapi bisa jadi hal itu karena kamu belum bisa berdamai dengan beberapa hal di hidupmu.

Sebab nyatanya berdamai dengan beberapa hal ini dipercaya dapat membuatmu jadi lebih tenang dan damai, lho. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

1. Berdamai dengan mantan

Percayalah, Berdamai dengan 5 Hal Ini Buat Hidupmu Lebih TenangPexels.com/Mentatdgt

Pertama, kamu sebaiknya berdamai dengan mantan. Sebuah hubungan memang banyak mengukir kenangan dan momen indah, namun ketika putus biasanya hal itu digantikan olah rasa sakit hati dan kenangan buruk. Nah kalau kamu masih menyimpan kebencian pada mantan, sebaiknya berdamailah dengan hal itu. Biar hidupmu jadi lebih tenang dan terasa ringan.

2. Masa lalumu sendiri

Percayalah, Berdamai dengan 5 Hal Ini Buat Hidupmu Lebih TenangPexels.com/Martin Pechy

Tak ada satu orang pun yang tidak memiliki masa lalu. Jika kamu memiliki kenangan atau masa lalu buruk, cobalah pelan-pelan untuk memaafkan dirimu sendiri dan berdamai dengan apa yang sudah terjadi. Karena kan kita tidak bisa memutar ulang waktu dan memperbaiki yang sudah terjadi.

3. Takdir

Percayalah, Berdamai dengan 5 Hal Ini Buat Hidupmu Lebih TenangPexels.com/Andrea Piacquadio

Takdir adalah jalan hidup yang sudah ditetapkan dan tak bisa kita ubah bagaimanapun caranya. Dan semua orang memiliki takdirnya masing-masing, terlepas dari apakah takdir yang kamu miliki terlihat baik ataupun tidak. Menerima takdir akan membuat hidupmu jadi lebih ringan, sebab kamu jadi tak terpaksa menjalani hidupmu.

Baca Juga: 5 Cara Terbaik Berdamai pada Diri Sendiri pasca Balikan dengan Mantan

4. Kesalahan orangtua atau saudara

Percayalah, Berdamai dengan 5 Hal Ini Buat Hidupmu Lebih TenangPexels.com/Matthias Zommer

Tak ada satu orangpun yang tidak pernah melakukan kesalahan, termasuk keluarga atau saudaramu sendiri. Entah mereka melakukannya dengan sengaja ataupun tidak dan membuatmu kecewa, ada baiknya kamu berdamai dengan kekecewaan itu. Lalu bicarakan dengan baik-baik agar mereka tahu apa saja yang tidak bisa kamu terima.

5. Kritikan & perkataan buruk orang lain

Percayalah, Berdamai dengan 5 Hal Ini Buat Hidupmu Lebih TenangPexels.com/Tim Gouw

Hidup ini nyatanya cukup lucu, sebab meskipun kita sendiri yang menjalaninya, tak jarang malah orang lain yang justru sibuk mengomentari dan memberi kritik. Kalau kamu sering menerima hal itu dari orang sekitar, cobalah untuk tidak memasukkannya ke hati, ya. Biar hidupmu tidak terbebani dengan perkataan mereka, lalu juga lebih tenang karena kamu hanya perlu menjadi diri sendiri. 

Itulah tadi beberapa hal yang konon akan membuat hidupmu jadi lebih tenang jika berdamai dengannya. Kamu sudah melakukannya?

Baca Juga: 5 Cara Berdamai dengan Kemalasan, Biar Lebih Produktif

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya