Comscore Tracker

Berhenti Harapkan 5 Hal Ini dari Orang Lain, Bikin Hatimu Hampa!

Nanti kamu sendiri yang kecewa kalau orang lain tak bisa memenuhinya

Ekspektasi dan harapan adalah hal yang paling sulit untuk dikendalikan. Sayangnya hal tersebut kerap timbul dengan sendirinya tanpa bisa kita sadari. Entah itu hanya harapan berupa balasan kebaikan atau harapan untuk dia menyukaimu setulus hati. 

Tapi, semakin besar harapanmu pada orang lain, sebenarnya semakin besar pula perasaan hampa di hatimu, lho. Perasaan hampa dimana dirimu merasa seperti tidak diinginkan dan harus melakukan berbagai cara agar mereka tetap menyukaimu berpotensi menguasai hati dan pikiran jika ternyata ekspektasimu itu berlebihan dan tidak bersambut.

Maka dari itu ada baiknya untuk berhenti berharap pada orang lain, terutama dalam lima hal yang tersaji dalam pembahasan berikut ini, ya! 

1. Berharap orang lain memahami perasaanmu

Berhenti Harapkan 5 Hal Ini dari Orang Lain, Bikin Hatimu Hampa!ilustrasi sedih (pexels.com/Liza Summer)

Rasanya tentu membahagiakan dan begitu berarti jika ada orang yang bisa memahami perasaanmu dengan baik. Tapi, daripada nantinya kecewa dan semakin membuat hatimu hampa, lebih baik tidak usah mengharapkan hal ini dari orang lain.

Karena sejatinya yang paling bisa mengerti dan memahami peraaanmu, ya, dirimu sendiri, bukan orang lain! Bahkan, meski sudah kenal lama sekalipun, belum tentu orang lain benar-benar memahamimu. Pasti ada saat dimana mereka kurang peka terhadap apa yang kamu rasakan. 

2. Berharap balasan kebaikan yang sama besarnya atas hal yang kamu lakukan untuk mereka

Berhenti Harapkan 5 Hal Ini dari Orang Lain, Bikin Hatimu Hampa!ilustrasi bicara (pexels.com/George Milton)

Kedua, kamu juga sebaiknya berhenti berharap balasan kebaikan dari orang lain. Kenapa? Karena gak semua orang punya tingkat pemahaman yang sama sepertimu bahwa, jika menerima kebaikan, harus membalas dengan kebaikan juga.

Sebaik apapun dirimu ke orang lain, usahakan untuk selalu tulus dan ikhlas supaya gak menjadi beban pikiran dan hutang orang lain untuk membalasnya. Soalnya, kalau apa yang kamu harapkan gak terwujud, jadinya malah terasa hampa karena kamu jadi bisa menjustifikasi orang lain tidak baik hanya karena mereka tidak membalas kebaikan yang kamu lakukan.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan saat Ekspektasi Tak Sesuai dengan Realitas

3. Berharap disukai dan dicintai semua orang

Berhenti Harapkan 5 Hal Ini dari Orang Lain, Bikin Hatimu Hampa!ilustrasi teman (pexels.com/Cottonbro)

Kamu mungkin orang yang baik, ceria, tak pernah menyinggung orang, pokoknya tipe orang yang sangat baik. Tapi, tak peduli sebaik apapun dirimu, jangan pernah berharap untuk disukai dan dicintai semua orang.

Kuburlah dalam-dalam harapanmu karena hal itu tidak akan pernah terjadi. Kita semua tahu bahwa sebaik apapun seseorang, pasti ada saja orang yang tidak menyukainya. Jadi, daripada perasaanmu hampa dengan harapan untuk disukai semua orang, lebih baik kamu menjalani hidup dengan bahagia bersama orang-orang yang memang sudah terbukti mencintaimu. 

4. Berharap orang lain menghargaimu

Berhenti Harapkan 5 Hal Ini dari Orang Lain, Bikin Hatimu Hampa!ilustrasi bicara (pexels.com/RODNAE Productions)

Semakin dirimu berharap untuk dihargai orang lain, maka semakin besar pula kehampaan yang kamu rasakan. Hal itu terjadi karena kamu tidak bisa memaksa semua orang untuk menghargaimu dengan baik.

Jadi daripada terus kepikiran dengan harapanmu itu, akan lebih baik jika kamu terus memperbaiki diri menjadi sosok yang patut untuk dihargai. Karena, kalau kamunya baik dan memang layak mendapatkan penghargaan dari orang, dengan sendirinya mereka akan menghargaimu, kok. 

5. Berharap orang lain datang menolongmu ketika kesulitan

Berhenti Harapkan 5 Hal Ini dari Orang Lain, Bikin Hatimu Hampa!ilustrasi sedih (pexels.com/Liza Summer)

Terakhir, berhentilah berharap bahwa orang-orang akan datang menolongmu ketika kesulitan. Di satu sisi harapanmu ini sebenarnya wajar-wajar saja, apalagi jika kamu sering membantu orang.

Akan tetapi, kenyataannya kita tidak bisa berharap terlalu dalam pada orang lain. Sebab tidak semua kebaikan akan berbalas kebaikan, begitu juga dengan pertolongan. Orang yang kamu tolong belum tentu bisa menolongmu ketika dalam masa sulit. Bahkan, teman terdekat pun bisa saja tiba-tiba menghilang saat kita terpuruk.

Harapan memang bisa membuat kita semangat menjalani hidup. Tapi terlalu berharap pada lima hal tersebut justru bisa membuat hatimu jadi terasa hampa. Lebih baik hindari sebelum hatimu dipenuhi oleh rasa kecewa, ya!

Baca Juga: 5 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Menentukan Ekspektasi!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya