Comscore Tracker

Belajar 5 Hal Ini biar Gak Canggung Adaptasi di Lingkungan Baru

Intinya kamu harus pandai-pandai membawa diri

Mungkin ada masa dimana kamu harus pindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya, entah itu dalam lingkungan pergaulan, tempat kerja, atau bahkan memang harus pindah tempat tinggal. Tapi kalau bicara tentang kepindahan, satu hal yang sering bikin gugup ialah ketika kamu harus menyesuaikan diri dan mesti cepat dekat dengan orang di tempat baru. 

Bagi seseorang yang social butterfly mungkin hal ini biasa saja, tapi bagi kamu yang gak terbiasa berada di lingkungan baru pasti bingung bagaimana caranya supaya bisa cepat beradaptasi dengan orang-orang baru. Padahal sebenarnya gak sesulit itu, lho, kamu cukup mempelajari lima hal di bawah ini saja untuk bisa cepat dekat dan beradaptasi dengan orang di tempat barumu. Apa sajakah itu? Yuk simak! 

1. Pembawaan diri yang rendah hati dan bersahaja

Belajar 5 Hal Ini biar Gak Canggung Adaptasi di Lingkungan Baruilustrasi bicara (pexels.com/Liza Summer)

Kalau mau cepat dekat dengan orang di tempat baru maka hal pertama yang harus kamu pelajari ialah pembawaan diri yang rendah hati. Yang mana kamu gak boleh sombong ataupun arogan saat berhadapan dengan orang baru. 

Bisa dibilang kalau ini adalah kunci utamanya kalau mau bikin orang gak takut untuk dekat denganmu. Karena sebagai orang yang baru masuk ke tempat dan lingkungan baru, tentu mereka juga berhati-hati, kan. Makanya kamu harus rendah hati dan bersahaja dengan siapa pun kalau mau cepat beradaptasi. 

2. Menjaga jalannya obrolan

Belajar 5 Hal Ini biar Gak Canggung Adaptasi di Lingkungan Baruilustrasi bicara (pexels.com/Fauxels)

Jika ingin cepat berdaptasi dan dekat dengan orang-orang di tempat barumu maka belajarlah untuk menjaga jalannya obrolan. Karena yang namanya perkenalan dengan siapa pun, pasti yang membuat jadi tertarik ialah obrolan yang terjalin. 

Kalau kamu bisa menjaga obrolan dengan baik, nyambung diajak ngobrol apa pun, dan open minded soal banyak hal. Yakin deh, kamu pasti gak bakalan susah untuk dekat dengan orang-orang di tempat kerja, tempat tinggal, atau pergaulan barumu.

Baca Juga: 5 Bukti Kamu Belum Sepenuhnya Menyesuaikan Diri di Lingkungan Baru

3. Belajar mengingat dengan cepat nama-nama orang

Belajar 5 Hal Ini biar Gak Canggung Adaptasi di Lingkungan Baruilustrasi bicara (pexels.com/LinkedIn Sales Navigator)

Satu hal yang wajib banget kamu pelajari kalau mau cepat dekat dengan orang di lingkungan baru ialah belajar mengingat nama orang. Karena ingat atau tidaknya kamu dengan nama mereka setelah berkenalan dapat menentukan kedekatan kalian kelak. 

Selain itu mengingat nama orang lain juga termasuk upaya untuk menghargai, yang mana hal itu menunjukkan kalau kamu memang mau mengenal mereka. Jadi bagi kamu yang suka pelupa, coba dilatih ingatannya dalam mengingat nama-nama orang baru yang kamu temui, ya. 

4. Attitude dan etika saat memasuki lingkungan baru

Belajar 5 Hal Ini biar Gak Canggung Adaptasi di Lingkungan Baruilustrasi berkumpul (pexels.com/LinkedIn Sales Navigator)

Hal keempat yang juga perlu untuk kamu pelajari ialah tentang attitude dan etika saat memasuki lingkungan baru. Hal ini menyangkut batasan dalam bersikap dan bicara, caramu memperlakukan orang lain juga gak boleh sembarangan. 

Karena sebagai orang baru yang masuk ke lingkungan orang tentu kamu harus tahu sopan santun. Supaya mereka yang berada di sana mau menerimamu dengan terbuka dan senang hati. 

5. Easy going untuk berteman dengan orang baru

Belajar 5 Hal Ini biar Gak Canggung Adaptasi di Lingkungan Baruilustrasi bersalaman (pexels.com/Fauxels)

Terakhir, kunci saat beradaptasi di lingkungan baru sebenarnya terletak pada seberapa terbuka dirimu bersikap easy going dalam berteman. Yang mana kamu gak boleh pilih-pilih dan bersikap angkuh ketika masuk ke tempat dan lingkungan baru. 

Jadi memang penting banget untuk belajar menjadi seseorang yang easy going dalam berteman dengan siapa saja. Gak perlu jadi social butterfly, tapi cukup bersikap ramah dan terbuka dalam pertemanan saja sudah cukup, kok. 

Wajar bagi kamu jika bingung bagaimana berinteraksi dengan orang dan lingkungan baru. Lima hal di atas perlu kamu pelajari supaya gak canggung dalam beradaptasi di lingkungan baru. Intinya jadilah diri sendiri dan pintar-pinrar membawa diri supaya orang nyaman denganmu. 

Baca Juga: 5 Hal Normal di Awal Hubungan, Tanda Kalian Masih Masa Adaptasi

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya