Comscore Tracker

5 Cara Ini Dapat Membantu Temukan Solusi Bijak untuk Masalahmu

Masalahmu jadi bisa terselesaikan dengan cara yang tepat 

Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang hidupnya tak memiliki masalah, meskipun berbeda-beda tetapi kita semua memiliki masalah hidup sendiri entah itu kecil atau pun besar. Namun yang namanya masalah, mau kecil atau besar tetap harus dihadapi dan diselesaikan. 

Kamu bisa menyelesaikannya sendiri dengan cara apa pun, tapi kalau mencari solusi masalah sendiri rasanya sulit, mungkin bisa coba beberapa cara yang ada di bawah ini. Karena lima cara ini dapat membantumu mencari solusi masalah dengan lebih bijak, yuk simak pembahasannya!

1. Konsultasilah dengan orang yang lebih berpengalaman darimu 

5 Cara Ini Dapat Membantu Temukan Solusi Bijak untuk Masalahmuilustrasi bicara (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Cara pertama yang dapat membantumu menemukan solusi bijak ialah dengan berkonsultasi dengan orang yang lebih berpengalaman darimu. Misalnya, jika masalahmu berkaitan dengan pendidikan maka berkonsultasilah dengan guru, jika kesulitanmu berkaitan dengan pekerjaan maka kamu bisa konsultasikan dengan senior atau sosok atasan yang dapat dipercaya. Mereka lebih berpengalaman darimu, jadi saran dan masukan dari mereka saat berkonsultasi bisa membuatmu jadi lebih bijak dalam menemukan jalan keluar masalah.

2. Berusaha mencari solusi dari berbagai referensi di internet dan pilih yang kiranya paling tepat 

5 Cara Ini Dapat Membantu Temukan Solusi Bijak untuk Masalahmuilustrasi wanita (pexels.com/Fauxels)

Bisa dibilang kalau cara ini adalah cara yang paling dasar, yaitu dengan berusaha mencari solusi dari berbagai referensi di internet dan pilih yang kiranya paling tepat. Internet merupakan sumber berbagai informasi, jadi kamu pun harus pilih-pilih jalan keluar mana yang kiranya paling tepat untuk masalahmu, karena tidak semua saran yang ada di internet itu bagus untuk dilakukan. Ini cara paling mandiri yang bisa kamu lakukan jika tidak ada sosok yang bisa diajak berkonsultasi.

Baca Juga: 5 Bukti Ngambek ke Pacar Bukan Solusi untuk Sesaikan Masalah

3. Diskusi mendalam dengan orang yang terlibat  

5 Cara Ini Dapat Membantu Temukan Solusi Bijak untuk Masalahmuilustrasi diskusi (pexels.com/RODNAE Productions)

Jika masalah yang tengah kamu hadapi saat ini melibatkan orang lain di dalamnya maka berdiskusilah secara mendalam dengannya tentang masalah itu. Karena bisa jadi kalian jadi sama-sama menemukan solusi terbaik untuk menyelesaikan. Kamu tidak akan pernah tahu kalau tidak mencoba membicarakannya, kan? Lagi pula kalau kamu sendiri yang memikirkan solusinya, ya, kamu sendiri nanti yang merasakan pusingnya.

4. Bertanyalah pada orang-orang bijak yang kamu tahu 

5 Cara Ini Dapat Membantu Temukan Solusi Bijak untuk Masalahmuilustrasi bos bicara (pexels.com/Sora Shimazaki)

Cara keempat yang juga bisa kamu lakukan untuk menemukan solusi yang lebih bijak untuk masalahmu ialah, dengan bertanya pada orang-orang bijak yang kamu tahu. Di saat seperti inilah luasnya relasi dan berteman dengan orang yang berkualitas itu diperlukan, agar kamu dapat bertanya pada mereka dan meminta bantuan. Bisa jadi ke seseorang yang jabatannya lebih tinggi darimu, atau ke teman yang lebih bijak dan dewasa pemikirannya, atau bahkan jenis kenalan lainnya. Sepertikata pepatah, malu bertanya maka sesat di jalan, jadi jangan pernah malu untuk bertanya, ya!  

5. Musyawarah pendapat dan mencari jalan tengahnya 

5 Cara Ini Dapat Membantu Temukan Solusi Bijak untuk Masalahmuilustrasi diskusi (pexels.com/Kindel Media)

Kamu mungkin bisa mencoba mengumpulkan beberapa orang untuk kamu ajak diskusi, lalu bermusyawarahlah dari berbagai macam pendapat yang ada untuk mencari jalan tengahnya, dari situ bisa ditemukan solusi yang paling bijak. Daripada membuat keputusan sendiri dan berakhir tidak baik untuk satu pihak, akan lebih baik jika solusinya diambil dari banyaknya pilihan yang ada, kan. Karena solusi yang bijak itu bukan yang paling benar, tapi yang paling tepat untuk semua pihak dalam menyelesaikan masalah yang ada.

Bisa menyelesaikan masalah sendiri itu hebat, tapi kalau tidak bisa maka jangan dipaksakan. Kamu bisa coba lima cara tadi yang mana dapat membantumu menemukan solusi masalah dengan lebijak bijak. Sehingga masalah yang ada dapat terselesaikan tanpa menimbulkan masalah baru.

Baca Juga: Ada Solusi untuk 5 Hal yang Bikin Kamu Susah Bangkit dari Keterpurukan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya