Comscore Tracker

5 Etika Bertamu ke Rumah Atasan, Bawa Bingkisan dan Jaga Sopan Santun

Pastikan kamu berpakaian layak ketika bertamu

Gak semua atasan di tempat kerja itu menakutkan dan otoriter, yang mana terkadang atasan malah akrab dengan bawahannya selayaknya keluarga. Tapi tentu saja perbandingannya sangat jarang sekali dan hanya bisa terjadi jika kamu mendapatkan atasan yang baik. 

Tidak hanya sekadar baik di tempat kerja saja, kamu juga mungkin diajak berkunjung ke rumahnya entah itu untuk keperluan pekerjaan, acara pribadi atau urusan personal. Tapi jikapun diajak berkunjung, kamu gak perlu takut dan gugup saat datang ke rumah atasan, yang mana cukup perhatikan lima etika di bawah ini saja saat bertamu. 

Baca Juga: 5 Tips Mengajukan Resign Tanpa Menyinggung Atasan, Gunakan Etika!

1. Bawa bingkisan sebagai buah tangan

5 Etika Bertamu ke Rumah Atasan, Bawa Bingkisan dan Jaga Sopan Santunilustrasi beri bingkisan (pexels.com/Cedric Fauntleroy)

Etika pertama saat bertamu ke rumah atasan ialah membawa bingkisan sebagai buah tangan. Yang mana hal ini tidak hanya etika ketika datang ke rumah atasan yang kamu hormati saja, tapi juga ketika bertamu ke rumah orang lainnya. 

Kamu bisa membawa kue, buah-buahan, atau bingkisan lainnya yang mungkin disukai atasanmu. Walaupun tidak disuruh bawa apa-apa, tapi yang namanya menjadi tamu tentu tidak sopan jika datang dengan tangan kosong. 

2. Berpakaian yang sopan dan pantas

5 Etika Bertamu ke Rumah Atasan, Bawa Bingkisan dan Jaga Sopan Santunilustrasi bicara (pexels.com/RODNAE Productions)

Etika lainnya jika bertamu ke rumah atasan ialah dengan memastikan bahwa pakaian yang kamu pakai sopan dan pantas. Tidak terlalu terbuka atau modis selayaknya saat bertemu teman sebaya, pokoknya sesuaikan saja. 

Alangkah baiknya jika pakaian yang kamu pakai tampak elegan, sederhana, tapi rapi dan enak dilihat. Karena memakai pakaian yang layak saat bertamu juga merupakan etika penting. 

Baca Juga: 5 Tips Mengajukan Resign Tanpa Menyinggung Atasan, Gunakan Etika!

3. Tanya dan izin terlebih dahulu jika ingin bawa seseorang bersamamu ketika berkunjung

5 Etika Bertamu ke Rumah Atasan, Bawa Bingkisan dan Jaga Sopan Santunilustrasi bersalaman (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Etika lainnya yang juga penting untuk diperhatikan saat bertamu ke rumah atasan ialah menanyakan izin terlebih dahulu jika membawa seseorang untuk datang bersamamu. Entah itu kamu datang ke rumah atasan ditemani pasangan, kakak atau adik, atau bahkan teman. 

Bisa dibilang hal ini merupakan adab ketika bertamu ke rumah orang. Meskipun sebenarnya tidak akan mungkin dilarang, tapi ini penting untuk mencegah pandangan tidak sopan di mata atasan terutama jika tujuanmu bertamu adalah untuk urusan personal yang privasi. 

4. Jaga sikap selama bertamu

5 Etika Bertamu ke Rumah Atasan, Bawa Bingkisan dan Jaga Sopan Santunilustrasi berkumpul (pexels.com/Jopwell)

Bisa dibilang kalau yang keempat ini adalah etika paling umum jika bertamu ke rumah orang, entah itu atasan, rekan kerja, teman, atau bahkan saudara. Di mana kamu harus menjaga sikap ketika datang bertamu ke rumah orang lain. 

Jaga matamu untuk tidak jelalatan melihat ke sekeliling rumah, jangan masuk ke ruangan apapun tanpa izin, makan dan minum ketika dipersilahkan. Etika dan adab sederhana yang mungkin sudah kamu pahami sendiri seiring bertambah dewasa. 

5. Tahu waktu kapan untuk pamit pulang

5 Etika Bertamu ke Rumah Atasan, Bawa Bingkisan dan Jaga Sopan Santunilustrasi keluarga (pexels.com/Kampus Production)

Etikanya yang terakhir ialah tahu waktu kapan untuk pamit pulang ketika bertamu ke rumah atasan. Datang di jam yang memang dijanjikan dan tidak mengganggu pemilik rumah, lalu pamit pulang untuk menghindari berada di sana terlalu lama. 

Karena kalau kamu kelamaan bertamu di rumah orang ditakutkan malah mengganggu dan membuat mereka jadi tak bisa melakukan aktivitas lain. Jadi dirimulah yang harus tahu waktu sebagai tamu untuk jangan sampai kelamaan. 

Itulah tadi lima etikanya kalau bertamu ke rumah atasan. Intinya jaga sikap dan pastikan kedatanganmu tidak mengganggu, sebab yang namanya bertemu atasan tetap harus jaga sopan santun meskipun di luar kantor. 

Baca Juga: 5 Etika Meminta Kenaikan Gaji dengan Atasan, Harus Bagaimana?

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya