Comscore Tracker

5 Risikonya Kalau Kamu Gak Pernah Serius Merencanakan Masa Depan

Jalan hidupmu jadi gak jelas arahnya

Memang benar bahwa kita harus menikmati masa muda dengan sebaik-baiknya, karena sampai kapan pun hal itu tidak bisa diulang kembali. Akan tetapi meskipun menikmati masa muda, bukan berarti keasyikan main-main sampai tidak peduli dengan masa depan sendiri. Banyak orang yang melupakan hal itu, memang tampak sepele tapi risiko dan dampaknya di masa datang malah bisa merugikan diri sendiri lho.

Contoh lima risiko di antaranya pun ada dalam pembahasan di bawah ini, yuk simak pembahasannya lebih lanjut!

1. Saat dewasa kamu tidak punya persiapan apa-apa dalam menghadapi kerasnya hidup

5 Risikonya Kalau Kamu Gak Pernah Serius Merencanakan Masa DepanPexels.com/Andrea Piacquadio

Risikonya yang pertama kalau kamu gak pernah serius dalam merencanakan masa depan ialah saat tumbuh dewasa nanti bisa-bisa kamu tidak punya persiapan apa-apa dalam menghadapi kerasnya hidup. Karena kamu gak bisa terus bergantung pada orangtua, dan ada saatnya nanti kamu harus bisa hidup sendiri dan menghadapi dunia nyata yang keras dan gak bisa main-main lagi.

2. Kamu tertinggal dari teman-teman yang lain

5 Risikonya Kalau Kamu Gak Pernah Serius Merencanakan Masa DepanPexels.com/August de Richelieu

Di saat teman-temanmu sudah bekerja dan punya planning masa depan yang berjalan dengan baik, kamu malah terlalu asyik main dan menikmati masa muda sampai tertinggal jauh dari mereka. Hal itu bisa berdampak buruk untuk kepercayaan dirimu, bahkan kamu bisa merasa minder, karena dibanding mereka yang sudah punya tujuan jelas dan melangkah ke sana, kamu malah masih diam di tempat dan tak tahu mau melakukan apa-apa.

Baca Juga: 5 Tips Merencanakan Masa Depan Agar Cepat Sukses

3. Arah tujuan hidupmu jadi tidak jelas

5 Risikonya Kalau Kamu Gak Pernah Serius Merencanakan Masa DepanPexels.com/Zen Chung

Ketiga, kalau kamu gak pernah merencanakan masa depanmu dengan serius maka risikonya adalah tujuan hidupmu pun jadi tidak jelas. Kamu tidak memikirkan hidupmu dengan serius atau mencari tahu apa yang harus kamu lakukan agar hidupmu nanti bisa berjalan dengan baik. Akibatnya pasti kamu rasakan saat sudah dewasa nanti, hidupmu berantakan karena kamu tidak punya rencana yang jelas.

4. Menyia-nyiakan masa emas dalam mengembangkan diri

5 Risikonya Kalau Kamu Gak Pernah Serius Merencanakan Masa DepanPexels.com/Andrea Piacquadio

Menikmati hidup di masa muda memang menyenangkan, akan tetapi kamu pun juga harus tahu bahwa masa muda merupakan masa emas dalam hidup seseorang untuk mengembangkan kemampuan diri, lho. Jadi, jika kamu tidak merencanakan dan memikirkan masa depan dengan serius maka kamu pun menyia-nyiakan waktu untuk mengembangkan diri. 

5. Hidupmu di masa depan bisa berantakan, lho

5 Risikonya Kalau Kamu Gak Pernah Serius Merencanakan Masa DepanPexels.com/Martin Pechy

Kelima, hidupmu bisa jadi berantakan kalau saat muda tidak kamu rencanakan dengan serius. Memang benar kalau masa depan belum tentu berjalan sesuai rencana, akan tetapi paling tidak kamu jadi tahu jalan mana yang harus dituju untuk hidupmu kalau punya rencana, kan. Kamu mungkin menghadapi kegagalan, namun kamu bisa survive jika punya perencanaan dan target hidup yang matang. Berbeda kalau kamu sama sekali tidak ada rencana dan malah berakhir dengan hidup berantakan saat dewasa nanti.

Intinya, seasyik apa pun kamu menikmati hidup di masa muda jangan sampai lupa untuk merencanakan masa depan dengan serius. Karena itu sangat penting untuk hidupmu.

Baca Juga: Visioner, 5 Zodiak Ini Hebat dalam Merencanakan Masa Depannya!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya