Comscore Tracker

Bingung Ingin Tingkatkan Kualitas Hidupmu? Mulai dari 5 Hal Utama Ini

Supaya kualitas hidupmu meningkat sedikit demi sedikit

Satu hal yang pasti dalam hidup ini adalah perubahan, tapi dibanding perubahan yang buruk dan menurun tentu lebih baik perubahan yang berupa peningkatan. Salah satunya ialah dengan berusaha meningkatkan kualitas hidup supaya menjadi lebih baik. 

Gak perlu bingung mulai dari mana untuk bisa meningkatkan kualitas hidupmu, karena yang terpenting ialah pada lima hal utama dalam hidup. Gaya hidup, pengelolaan keuangan, kualitas istirahat dan tidurmu, dan lain sebagainya. Yang mana untuk pembahasan lebih jelasnya bisa dilihat pada lima poin berikut ini. 

1. Jaga keseimbangan antara karier dan kehidupan pribadimu

Bingung Ingin Tingkatkan Kualitas Hidupmu? Mulai dari 5 Hal Utama Iniilustrasi keluarga (pexels.com/Cottonbro)

Kalau mau meningkatkan kualitas hidupmu maka mulailah dari menyeimbangkan hal-hal dalam hidupmu. Terutama keseimbangan antara karier dan kehidupan pribadi, yang mana biasanya kehidupan pribadi jadi sering dilupakan karena saking sibuknya.

Maksudnya menyeimbangkan antara karier dan kehidupan pribadi ialah, meskipun sibuk bekerja tapi jangan lupakan juga urusan pribadimu seperti keluarga dan pasangan. Supaya semuanya bisa berjalan beriringan dan kualitas hidupmu jadi meningkat karena tidak ada yang terbengkalai. 

2. Pastikan waktu istirahat dan tidurmu cukup

Bingung Ingin Tingkatkan Kualitas Hidupmu? Mulai dari 5 Hal Utama Iniilustrasi bangun tidur (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kedua, kalau memang ingin punya kualitas hidup yang tinggi maka pastikan kalau waktu istirahat dan tidurmu mencukupi. Kenapa? Karena sesungguhnya semua hal baik dan energi positif kita dalam menjalani hidup dipengaruhi oleh hal ini.

Kalau waktu istirahat dan tidurmu cukup serta berkualitas, maka apa yang kamu kerjakan seharian juga pasti lancar. Di mana kreativitasmu tak terhambat dan kamu juga maksimal dalam menciptakan karya apapun untuk meningkatkan kualitas hidup. 

Baca Juga: 5 Cara Mengembangkan Kualitas Diri, Jangan Buang-buang Waktu Ya!

3. Ubah gaya hidupmu menjadi lebih sehat

Bingung Ingin Tingkatkan Kualitas Hidupmu? Mulai dari 5 Hal Utama Iniilustrasi pria sendirian (pexels.com/Katerina Holmes)

Meningkatkan kualitas hidup juga bisa dimulai dari mengubah gaya hidupmu menjadi lebih sehat dan sesuai dengan pribadimu. Yang mana kamu harus memilih gaya hidup yang memang cocok untukmu, jangan ikut-ikutan dengan yang lain apalagi kalau cuma demi gengsi. 

Perbaiki makanan yang kamu konsumsi menjadi lebih sehat, berpenampilan senyamannya kamu, dan menerapkan lifestyle yang sesuai kemampuanmu. Karena kualitas hidup yang tinggi itu bukan dilihat dari kemewahan dan gengsi, melainkan dari bagaimana dirimu menjalani hidup dengan nyaman dan penuh positive vibe

4. Produktif dan berkembang dengan passion yang dimiliki

Bingung Ingin Tingkatkan Kualitas Hidupmu? Mulai dari 5 Hal Utama Iniilustrasi kerja sama (pexels.com/Canva Studio)

Kalau kamu ingin meningkatkan kualitas hidup maka mulailah dari mengembangkan potensi dalam dirimu. Jalanilah hari-harimu dengan produktif dan kembangkan passion yang kamu miliki, terutama kalau kamu masih muda dan berada di usia emas. 

Karena belum tentu kamu bisa melakukannya ketika sudah berusia matang dan tua, sebab semakin bertambahnya usia maka semakin banyak pula tanggung jawab dalam hidupmu. Jadi selagi ada waktu, gak ada salahnya untuk mengembangkan potensi dirimu secara maksimal untuk meningkatkan kualitas hidupmu. 

5. Kelola uang dengan bijak

Bingung Ingin Tingkatkan Kualitas Hidupmu? Mulai dari 5 Hal Utama Iniilustrasi atur uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Hal ini mungkin gak terpikirkan sebagian besar orang, bahwa untuk bisa meningkatkan kualitas hidup juga dimulai dari mengelola uang dengan bijak. Yang mana kamu harus belajar bagaimana mengatur pengeluaran dan memaksimalkan pemasukan agar mencapai keseimbangan finansial. 

Jadi penghasilan yang kamu dapatkan gak hanya habis untuk memenuhi kebutuhan saja, tapi juga untuk meningkatkan kualitas hidup dengan membangun bisnis dan investasi. Kalau keuanganmu terkelola dengan bijak, maka hidup yang kamu jalani pun bakal terasa nyaman dan gak dipusingkan dengan krisis finansial lagi. 

Bagi kamu yang ingin meningkatkan kualitas hidup tapi bingung mau mulai dari mana, kamu bisa memulainya dari lima poin tadi. Karena hal-hal itu sangat berpengaruh pada baiknya hidup yang kamu jalani. 

Baca Juga: 5 Kualitas Hidup Ini Hanya Dimiliki Orang Bersyukur, Lebih Bahagia!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya