Comscore Tracker

5 Hal yang Sebenarnya Gak Etis untuk Ditanyakan, Menyinggung Privasi

Kelewat batas dan gak sopan buat dibahas!

Sebagai makhluk sosial yang setiap hari bertemu dengan orang-orang, wajar bila kamu mengobrol dan membicarakan berbagai macam topik dengan mereka. Tapi meskipun kelihatannya sepele, kamu juga harus hati-hati dalam memilih bahan pembicaraan, lho.

Karena gak semua hal bisa kamu tanyakan ke orang lain sembarangan, terutama hal-hal yang termasuk privasi dan gak etis untuk ditanyakan. Seperti apa saja?

1. Hubungan intim orang lain dengan pasangannya

5 Hal yang Sebenarnya Gak Etis untuk Ditanyakan, Menyinggung PrivasiPexels.com/William Fortunato

Hal pertama yang gak etis ditanyakan karena menyinggung privasi ialah hubungan intim orang lain dengan pasangannya. Pada dasarnya hal ini sangatlah tidak etis untuk dijadikan topik bahasan, kedekatan intim dengan pasangannya merupakan rahasia pribadi yang gak layak disebar-sebar. Selain itu juga bisa membuat pasangannya menjadi malu dan terluka harga dirinya.

2. Ukuran bagian tubuh tertentu pada lawan jenis

5 Hal yang Sebenarnya Gak Etis untuk Ditanyakan, Menyinggung PrivasiPexels.com/Cottonbro

Lalu hal lainnya yang juga tidak etis untuk ditanyakan pada orang lain ialah tentang ukuran bagian tubuh tertentu pada lawan jenis. Seperti yang kita tahu bahwa baik laki-laki dan perempuan sama-sama mempunyai bagian tubuh yang bersifat privasi dan sensitif untuk dibahas.

Bahkan, gak sedikit orang yang bakal marah dan tersinggung jika dirinya diajukan pertanyaan tentang tubuhnya, jadi carilah topik bahasan yang lain, ya!

Baca Juga: Hindari 5 Hal Gak Etis Ini Saat Kumpul Bareng Teman, Harus Tahu Batas!

3. Masa lalu buruk orang lain

5 Hal yang Sebenarnya Gak Etis untuk Ditanyakan, Menyinggung PrivasiPexels.com/August De Richelieu

Masa lalu buruk yang pernah dialami orang lain juga termasuk hal yang gak etis untuk ditanyakan. Masa lalu sebenarnya topik yang sangat sensitif untuk ditanyakan, karena bisa saja hal tersebut membuatnya trauma dan dia sudah susah payah untuk melupakannya.

Jadi selain tidak sopan, kamu sebaiknya menghargai privasi kehidupan pribadi orang dengan tidak mengorek-ngorek masa lalunya.

4. Jumlah harta yang dimiliki

5 Hal yang Sebenarnya Gak Etis untuk Ditanyakan, Menyinggung PrivasiPexels.com/Cottonbro

Keempat, menanyakan jumlah harta yang dimiliki orang lain juga sangat tidak etis. Jika menanyakan nominal gaji saja sudah pantang, apalagi menanyakan jumlah harta, kan.

Logikanya, gak semua orang suka memamerkan harta yang ia miliki dan hal itu juga sudah termasuk pertanyaan yang menyinggung privasi. Kamu telah lancang karena menanyakannya, dan dia berhak untuk tidak memberitahu atau menjawab pertanyaan tersebut.

5. Identitas dan nama mantan kekasih

5 Hal yang Sebenarnya Gak Etis untuk Ditanyakan, Menyinggung PrivasiPexels.com/Fauxels

Rata-rata orang mungkin memiliki beberapa mantan kekasih yang pernah menjalin hubungan dengannya, namun mantan bukanlah hal yang patut dipamerkan dan sebagian orang menjadikan hal itu sebagai privasi di dalam kehidupan pribadinya.

Jadi, gak pantas banget kalau kamu menanyakan siapa saja mantan kekasihnya kepada orang lain, kesannya jadi terlalu kepo dan sok mau tahu.

 

Itulah tadi beberapa hal yang gak etis untuk ditanyakan karena menyinggung privasi orang lain. Jadi kalau mau ngobrol, carilah topik bahasan yang wajar untuk dibahas, ya!

Baca Juga: Gak Etis, Jangan Lakukan 9 Hal Ini saat Bertamu ya! 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya