Comscore Tracker

5 Dampaknya Kalau Kekesalan Hatimu Dipendam Terus dan Jadi Menumpuk

Lama-lama kamu capek sendiri karena banyak yang dipendam

Sebagai manusia yang memiliki perasaan, wajar bila terkadang kita emosional terhadap sesuatu. Akan tetapi tidak semua emosi harus langsung diluapkan begitu saja hingga membuatmu harus memendamnya sementara waktu.

Namun sebenarnya terlalu banyak memendam juga gak baik untuk diri sendiri lho, contoh dampaknya bisa dilihat dalam pembahasan di bawah ini. Berbagai dampak kalau kamu terlalu banyak memendam kekesalan hingga sampai menumpuk.

1. Bikin mood jadi buruk

5 Dampaknya Kalau Kekesalan Hatimu Dipendam Terus dan Jadi MenumpukPexels.com/Christina Morillo

Dampak pertama yang bakal terjadi kalau kamu terus memendam kekesalan ialah kamu jadi bad mood. Suasana hatimu seharian bisa terganggu dan tidak stabil gara-gara ada emosi yang kamu coba pendam di dalam hati. Sebenarnya ini sangat mengganggu jika kamu sedang bekerja atau belajar, malah jadi sulit fokus.

2. Lama-lama hubunganmu dengan orang itu bisa merenggang

5 Dampaknya Kalau Kekesalan Hatimu Dipendam Terus dan Jadi MenumpukPexels.com/Cottonbro

Kedua, kalau kamu kesal pada seseorang dan kamu terus saja memendamnya hingga kekesalan itu menumpuk di dalam hatimu, maka hubunganmu dengan orang itu bisa saja malah jadi renggang. Lama-lama kamu malas bersama dengannya karena diam-diam kamu kesal padanya.

Baca Juga: Sulit Membuka Diri, 6 Zodiak Ini Suka Memendam Emosinya Sendiri

3. Hatimu capek karena ada banyak kekesalan yang dipendam

5 Dampaknya Kalau Kekesalan Hatimu Dipendam Terus dan Jadi MenumpukPexels.com/Andrea Piacquadio

Dampak lainnya dari memendam ialah kamu bakal capek sendiri karena perasaan itu terus menumpuk di hatimu. Padahal sebenarnya tidak apa-apa jika kamu sesekali meluapkan atau justru membicarakan hal itu dengan orang yang bersangkutan. Supaya hatimu gak terbebani.

4. Bisa jadi bom yang sewaktu-waktu bakal meledak

5 Dampaknya Kalau Kekesalan Hatimu Dipendam Terus dan Jadi MenumpukPexels.com/Moose Photos

Apa pun yang terus dipendam apalagi kalau itu emosi buruk maka akhirnya pasti tidak akan baik, termasuk kekesalanmu pada orang lain. Jika kamu terus memendamnya maka suatu waktu mungkin saja akan meledak, alias kamu marah besar karena sudah tak sanggup bersabar lagi.

5. Bisa menimbulkan salah paham yang tak diinginkan

5 Dampaknya Kalau Kekesalan Hatimu Dipendam Terus dan Jadi MenumpukPexels.com/August De Richelieu

Dampak yang terakhir kalau kamu terus saja memendam perasaan kesal dan membuatnya menumpuk maka bisa saja terjadi kesalah pahaman yang tak diinginkan. Yang mungkin saja masalah itu sebenarnya tak seperti yang kamu pikir, namun karena terlanjur membuatmu kesal maka pikiranmu pun menganggapnya negatif.

Intinya, kalau kamu ada kekesalan atau emosi tertentu pada seseorang jangan terus dipendam hingga menumpuk. Beri tahu saja dia di waktu yang tepat dan cara yang benar, supaya hatimu lebih lega dan hidup gak terasa membebani.

Baca Juga: 5 Efek Negatif Kalau Kamu Terlalu Sering Memendam Masalah Sendirian 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya