Comscore Tracker

5 Kepribadian Seseorang saat Tekuni Bela Diri, Prinsipnya Kuat!

Menggambarkan betapa kuat pribadinya

Tidak hanya melalui kata-kata dan perilaku, mempelajari kepribadian seseorang sebenarnya juga bisa dari apa yang ditekuninya. Misalnya seperti seseorang yang menekuni hobi atau aktivitas bela diri.

Secara tidak langsung, aktivitas bela dirinya tersebut akan memengaruhi pribadinya. Mulai dari tingkat kepercayaan diri, kekuatan mental, hingga keteguhannya dalam memegang prinsip. Lebih jelasnya bisa simak lima poin ini untuk mengetahui beberapa sisi kepribadiannya. 

1. Pantang menyerah kalau sudah menentukan target

5 Kepribadian Seseorang saat Tekuni Bela Diri, Prinsipnya Kuat!ilustrasi berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sisi kepribadian pertama yang biasanya ada pada diri seseorang yang menekuni bela diri ialah pantang menyerah untuk apa yang ia inginkan. Kalau dirinya sudah menentukan target maka akan dikejar terus sampai dapat. 

Karena dalam bela diri ada tingkatan gelar yang berbeda tergantung dari seberapa tinggi kemampuan yang dimiliki, dan setiap orang pasti ingin memiliki gelar yang tinggi terlepas dari jenis bela diri apapun yang ditekun. Sehingga wajar saja kalau sikap pantang menyerah ini kemudian tertanam pada dirinya. 

2. Gak mudah dibuat down orang alias bermental kuat

5 Kepribadian Seseorang saat Tekuni Bela Diri, Prinsipnya Kuat!ilustrasi bertengkar (pexels.com/Liza Summer)

Orang yang menekuni bela diri itu biasanya bermental baja. Gak boleh cengeng dan harus kuat untuk bangkit lagi setiap kali jatuh atau terluka, hal ini lama kelamaan membuatnya kebal dengan berbagai macam hal buruk yang terjadi pada dirinya. 

Gak hanya fisiknya saja yang kuat, mentalnya pun kuat dan gak mudah dijatuhkan orang. Salah satu sisi kepribadian yang bisa ditanamkan pada diri seiring banyaknya pengalaman dan kesulitan hati yang dialami. Sebab menekuni bela diri memang sebagian tujuannya untuk menguatkan mental. 

3. Independen karena bisa melindungi diri sendiri

5 Kepribadian Seseorang saat Tekuni Bela Diri, Prinsipnya Kuat!ilustrasi bepergian (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Selain didasari ketertarikan kuat, orang-orang yang menekuni bela diri biasanya yang menyadari kelemahannya dan ingin meningkatkan itu untuk melindungi diri. Supaya bisa mengandalkan diri sendiri dan tidak harus selalu ditemani orang kalau ke mana-mana. 

Sehingga wajar saja kalau seorang yang menekuni bela diri memiliki jiwa bebas dan menjalani hidupnya dengan sangat independen. Karena melalui bela diri, dirinya bisa melindungi diri sendiri tanpa takut kalau pergi ke mana-mana sendirian, terutama untuk perempuan. 

Baca Juga: 5 Gaya Belahan Rambut Ini Ternyata Bisa Ungkap Kepribadian Seseorang

4. Gak sembarangan melampiaskan emosi karena belajar dari bela diri yang ditekuninya

5 Kepribadian Seseorang saat Tekuni Bela Diri, Prinsipnya Kuat!ilustrasi karate (pexels.com/RODNAE Productions)

Percaya atau tidak, kepribadian seseorang yang menekuni dan mendalami bela diri biasanya bijak dalam mengontrol emosi, lho. Karena bela diri sendiri tidak hanya tentang melindungi diri dengan kekuatan saja tapi juga harus bijak dalam menggunakannya. 

Jadi bisa dibilang kalau kamu gak boleh sembarangan memancing emosi orang yang menekuni bidang bela diri. Karena meskipun kelihatannya sabar, tapi dia punya batasan untuk kemudian menggunakan apa yang ia pelajari untuk membuat orang lain berhenti mengganggunya. Dengan kata lain gak bakalan berbuat apa-apa kalau gak dipancing. 

5. Biasanya gak takut tantangan dan mencoba hal baru

5 Kepribadian Seseorang saat Tekuni Bela Diri, Prinsipnya Kuat!ilustrasi kerja (pexels.com/Ivan Samkov)

Sebagaimana segala jenis bela diri yang harus selalu siap dengan risikonya, kalau sudah terbiasa dengan ini maka bisa membuatnya gak gampang takut pada tantangan. Karena dalam bela diri selalu dituntut untuk berani menghadapi banyak tantangan dan hal baru. 

Bisa dibilang kalau hal ini ada sisi untungnya, yang mana ia jadi terbuka pada perubahan dan mudah beradaptasi pada hal-hal baru. Mau itu dalam lingkungan sosial ataupun saat memasuki dunia kerja, sisi kepribadian seperti ini sangat baik untuk dimiliki. 

Lima sisi kepribadian seseorang yang menekuni bela diri di atas bisa kamu terapkan juga di kehidupan sehari-hari. Mental baja dan pantang menyerah, nih. Apakah kamu juga seperti ini? 

Baca Juga: 9 Kue Favorit Ini Bisa Ungkap Kepribadian Penyukanya, Kamu Pilih Mana?

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya