Comscore Tracker

5 Kerugian Jika Kamu Sering Berburuk Sangka ke Orang Lain

Orang-orang jadi menjauh karena selalu saja kamu curigai

Masing-masing orang punya kebiasaan yang ia miliki di dalam dirinya. Entah itu kebiasaan tidur, saat makan, dalam bekerja, atau kebiasaan yang menyangkut sifat seperti berburuk sangka, misalnya.

Kalau punya kebiasaan yang terakhir sebenarnya hal itu malah mendatangkan dampak buruk atau kerugian untuk diri sendiri lho, gak baik jika terus dilakukan. Lima kerugiannya akan dibahas di bawah ini, simak ya.

1. Menutup pintu rezeki sendiri

5 Kerugian Jika Kamu Sering Berburuk Sangka ke Orang LainPexels.com/Andrea Piacquadio

Kebiasaanmu yang suka berburuk sangka pada orang lain malah bisa menutup pintu rezekimu sendiri, lho. Karena yang tadinya mungkin seseorang bisa menjadi partner bisnismu dan membuatmu tambah berkembang, malah tidak jadi karena kamu sudah berburuk sangka duluan. Rugi banget kan?

2. Hidup sendiri karena gak percaya siapa-siapa

5 Kerugian Jika Kamu Sering Berburuk Sangka ke Orang LainPexels.com/Andrea Piacquadio

Kebiasaan berburuk sangkamu juga bisa membuatmu hidup sendiri karena jadi gak percaya siapa-siapa. Pikiran yang selalu negatif pada orang lain bikin kamu kesepian karena tidak ada yang betah bersamamu. Makanya gak ada manfaatnya jika kamu terus membiarkan kebiasaan ini berlanjut.

3. Menyinggung perasaan orang

5 Kerugian Jika Kamu Sering Berburuk Sangka ke Orang LainPexels.com/Polina Zimmerman

Hal lainnya yang juga merugikan buatmu jika punya kebiasaan berburuk sangka adalah orang lain jadi tersinggung atau sakit hati, entah kamu mengetahuinya atau tidak. Karena kan tidak semua orang itu jahat, dan mereka pasti tersinggung jika berniat baik padamu tapi malah dicurigai yang tidak-tidak.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rasa Curiga saat Kamu Sedang Tak Bersama Pasangan

4. Relasi jadi pergi karena saat bekerja sama denganmu selalu dicurigai

5 Kerugian Jika Kamu Sering Berburuk Sangka ke Orang LainPexels.com/Fauxels

Lalu relasi kerjamu juga bisa pergi menjauh jika saat bekerja sama denganmu selalu dicurigai. Coba saja pikirkan dengan logika, semua orang pastinya tidak nyaman untuk berhubungan panjang dengan orang yang suka negative thinking, kan? Dan itu benar-benar merugikan untuk karier.

5. Jadi overthinking

5 Kerugian Jika Kamu Sering Berburuk Sangka ke Orang LainPexels.com/Andrea Piacquadio

Selain itu jangan lupakan juga fakta bahwa kamu bakal benar-benar rugi jika tetap berburuk sangka karena itu membuatmu jadi overthinking. Segala hal selalu saja kamu permasalahkan, bahkan hal kecil atau orang yang baru kamu kenal pun kamu anggap buruk. Padahal gak semua hal harus kamu pikirkan sampai seperti itu. 

Bisa dibilang kebiasaan berburuk sangka itu akan membawa pengaruh buruk untukmu, dan memang sebaiknya pelan-pelan kamu hilangkan jika tidak mau lima kerugian di atas terjadi.

Baca Juga: Jangan Salah Sangka, Ini 7 Tanda Tuhan Sayang dengan Hambanya

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya