Comscore Tracker

5 Ciri Party Pooper, si Perusak Suasana ketika Berkumpul

Tahunya cuma cari masalah dan bikin orang lain gak nyaman

Party pooper, sebutan untuk mereka yang suka merusak suasana jika sedang berkumpul. Bisa dibilang mereka adalah pengacau, sering kali mereka datang semaunya sendiri padahal tak diundang. Tentu ini membuat orang lain gak nyaman, kan?

Baik itu kata-kata atau tingkah lakunya, seorang party pooper terlalu acuh dengan perasaan orang lain sehingga membuatnya sering kelewat batas. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa ciri yang menunjukkan kalau seseorang merupakan party pooper

1. Suka mengeluh, pokoknya ada saja yang dikeluhkan

5 Ciri Party Pooper, si Perusak Suasana ketika Berkumpulilustrasi bicara (pexels.com/SHVETS production)

Ciri pertama yang biasanya dimiliki seorang party pooper ialah kebiasaannya mengeluh. Tidak hanya mengeluhkan satu atau dua hal saja, tapi hampir semua hal ia keluhkan kalau saat berkumpul. 

Mulai dari makanannya yang kurang enak, tempat berkumpul yang kurang nyaman, udara yang terasa panas, tempat duduk yang sempit, atau hal-hal lainnya. Pokoknya dia benar-benar menunjukkan ketidakpuasannya dan hal itu membuat orang lain jadi merasa tidak nyaman. 

2. Si pengungkit masa lalu orang lain

5 Ciri Party Pooper, si Perusak Suasana ketika Berkumpulilustrasi kepo (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ciri lainnya adalah dia suka sekali mengungkit masa lalu orang lain di depan banyak orang yang sedang berkumpul. Entah itu tendang kenakalan yang pernah dilakukan, hal memalukan, bahkan sampai tragedi kelam yang pernah terjadi di masa lalu. 

Gak ada nyamannya dekat dengan orang seperti ini, yang mana suasana yang tadinya asyik berubah jadi ajang gosip dan penghakiman gara-gara hal yang ia ungkit. Itulah kenapa orang yang seperti ini sering tak dianggap saat berkumpul karena kehadirannya tak diinginkan. 

3. Merasa paling 'oke' dengan meremehkan apa yang diceritakan orang lain

5 Ciri Party Pooper, si Perusak Suasana ketika Berkumpulilustrasi bicara (pexels.com/Fauxels)

Cirinya yang ketiga ialah dia merasa paling 'oke' dengan meremehkan apa yang diceritakan orang lain. Misalnya saja seseorang membanggakan pencapaiannya, maka ia akan berusaha merendahkan hal itu dan mengecilkan pencapaian orang tersebut. 

Dengan kata lain dia tidak bisa melihat orang lain bahagia, pasti selalu ada cara baginya untuk merusak suasana itu dengan mulut tajamnya.

Baca Juga: 5 Sifat Menyebalkan Teman Narsistik, Suka Pamer dan Haus Validasi

4. Suka membual kalau bercerita

5 Ciri Party Pooper, si Perusak Suasana ketika Berkumpulilustrasi bicara (pexels.com/RODNAE Productions)

Keempat, seorang party pooper biasanya juga terlihat dari cirinya yang suka membual kalau bercerita. Seperti melebih-lebihkan hal yang terjadi di hidupnya, meninggikan pencapaiannya, dan mengada-ngada tentang pasangan yang sangat romantis dan bucin terhadapnya. 

Kenapa hal ini bisa membuatnya menjadi seorang party pooper? Karena dirinya yang suka membual itu bikin orang malas mendengarkan. Suasana jadi terasa garing dan membuat acara berkumpul jadi gak asyik karena mereka terpaksa mendengarkan bualan yang berlebihan. 

5. Si tukang cari masalah dengan bikin kesal orang

5 Ciri Party Pooper, si Perusak Suasana ketika Berkumpulilustrasi bertengkar (pexels.com/Keira Burton)

Cirinya yang terakhir ialah orang yang seperti ini biasanya suka cari masalah dengan orang lain. Sengaja membuat orang kesal dengan leluconnya yang kelewat batas, kata-katanya yang sarkas dan sikapnya yang tidak sopan. 

Bisa dibilang kalau dirinya sangat blak-blakan dalam membuat kerusuhan dan merusak suasana ketika berkumpul. Bahkan mungkin walaupun dimarahi dan diusir, tetap saja keras kepala untuk ikut bergabung. 

Lima ciri seorang party pooper di atas memang bikin kesal. Apakah temanmu ada yang seperti ini? Kalau ada, pasti kamu kesal ketika bertemu dengannya. Namun, ada baiknya kamu bicara baik-baik kepadanya jika tindakannya tersebut membuat banyak orang tak nyaman.

Baca Juga: 5 Perilaku Ini Membuatmu Berisiko Jadi Perusak Hubungan Orang

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya