Comscore Tracker

5 Perubahan yang Bakal Terjadi jika Temanmu Sudah Menikah Semua

Topik obrolan pasti berubah #IDNTimesLife

Pada dasarnya menikah adalah pilihan, dan tidak ada yang salah dari cepat menikah ataupun lama. Meskipun begitu, pasti ada suatu perubahan di dalam pertemanan jika kamu sendiri yang belum menikah sedangkan teman-temanmu sudah menikah semua.

Meski kalian sama-sama mengerti, namun perubahan pasti ada. Baik itu dari segi waktu, kurangnya kebebasan untuk bertemu, atau berubahnya topik bahasan ketika kalian bersama.

Pembahasan lengkapnya ada di bawah ini. Simak kalau kamu ingin tahu apa saja yang bakalan terjadi jika teman-temanmu sudah menikah semua dan hanya kamu yang belum.

1. Topik pembicaraan berubah dan selalu membahas kehidupan pernikahan

5 Perubahan yang Bakal Terjadi jika Temanmu Sudah Menikah SemuaIlustrasi makan bersama(pexels.com/Fauxels)

Hal pertama yang berubah jika teman-temanmu sudah pada menikah semua ialah berubahnya topik pembicaraan. Dari yang biasanya banyak berisi bercandaan, hobi, atau kegiatan satu sama lain, bakal berubah jadi berisi tentang kehidupan pernikahan.

Di satu sisi hal ini wajar terjadi, karena rata-rata sudah menikah dan pasti bisa relate dengan apa yang dibahas. Namun, bagi kamu yang belum menikah justru terasa sekali perbedaannya.

2. Membujukmu tiada henti untuk menikah juga seperti mereka

5 Perubahan yang Bakal Terjadi jika Temanmu Sudah Menikah SemuaIlustrasi teman(pexels.com/Mentatdgt)

Perubahan laimnya yang terjadi jika semua temanmu sudah menikah ialah, mereka bisa menjadi kompak dalam membujukmu untuk ikutam menikah seperti mereka. Mungkin niatnya gak jahat, tapi pasti risi kalau setiap bertemu yang dibahas selalu tentang itu. Apalagi bagi kamu yang paham kalau pernikahan tidak menjamin kebahagiaan, disuruh ikut-ikutan menikah malah bikin malas sendiri.

Baca Juga: 5 Perubahan Teman setelah Menikah Ini Wajib Kamu Hargai, ya!

3. Waktu kebersamaan yang gak bakal sebebas dulu

5 Perubahan yang Bakal Terjadi jika Temanmu Sudah Menikah SemuaIlustrasi teman(pexels.com/Keira Burton)

Perubahan yang ketiga ini bisa dibilang paling terasa, yaitu waktu bersama yang gak bakal sebebas dulu ketika mereka belum menikah. Kalian yang dulunya selalu bisa bertemu di akhir pekan atau sekadar kumpul dan ngobrol bareng jadi susah untuk bertemu ketika sudah menikah. Entah itu karena jadwal keseharian yang berbeda-beda, atau karena tanggung jawab yang semakin banyak sehingga sulit membagi waktu.

4. Menjadi sasaran keirian ketika mereka tidak bahagia dan seolah membanding-bandingkan diri

5 Perubahan yang Bakal Terjadi jika Temanmu Sudah Menikah SemuaIlustrasi teman(pexels.com/RF studio)

Yang keempat ini mungkin tak dialami semua orang, akan tetapi ketika teman-teman sudah menikah dan kamu sendiri yang belum, seringkali malah menjadi sasaran keirian. Biasanya terjadi ketika rumah tangga mereka terdapat masalah, iri karena kamu belum menikah dan tak merasakan kesulitan seperti mereka. Iri karena kamu bebas sedangkan mereka tidak. 

5. Harus bisa membahagiakan diri sendiri agar tidak kesepian meski tak ditemani teman-teman

5 Perubahan yang Bakal Terjadi jika Temanmu Sudah Menikah SemuaIlustrasi sendirian(pexels.com/Cottonbro)

Dengan banyaknya perubahan dalam pertemanan dengan perbedaan status dan kehidupan, membuatmu harus mandiri dalam membahagiakan diri sendiri. Kamu perlu membiasakan diri untuk me time, travelling sendirian, dan menemukan bahagiamu sendiri supaya tidak kesepian ketika tidak ada mereka di sampingmu. Karena kamu pun gak bisa menuntut mereka untuk selalu ada untukmu, yang mana beban dan tanggung jawab hidup meningkat drastis jika sudah menikah.

Pasti ada perubahan di dalam pertemana jika rata-rata dari mereka sudah menikah dan kamu belum. Meskipun canggung atau terasa berbeda, tentu sudah menjadi risiko dalam hidup yang harus selalu menyesuaikan diri dengan perubahan.

Baca Juga: 5 Etika Saat Main ke Rumah Teman yang Sudah Menikah, Perlu Dijaga!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya