Comscore Tracker

5 Karakter Tipe Orang Dominan yang Kadang Malah Menyulitkan Hidupnya

Kepribadiannya itu kadang merugikan dirinya sendiri

Ada berbagai macam tipe kepribadian yang dimiliki setiap orang di dunia ini, mulai dari tipe kepribadian yang membawa kebaikan untuk diri sendiri sampai tipe kepribadian yang malah merugikan diri sendiri. Memang benar bahwa semuanya pasti ada sisi baik dan buruk masing-masing, akan tetapi seringkali dampak buruknya malah tak disadari oleh orang yang memiliki tipe kepribadian tersebut.

Contohnya seperti seseorang yang bertipe pribadi dominan yang kadang malah menyulitkan hidupnya sendiri, beberapa karakter yang menyebabkan hal itu pun ada dalam pembahasan berikut ini.

1. Menyukai tantangan sehingga terlalu nekat dengan hal berisiko

5 Karakter Tipe Orang Dominan yang Kadang Malah Menyulitkan HidupnyaPexels.com/Fauxels

Orang bertipe pribadi dominan konon sering disulitkan dengan karakternya yang sangat menyukai tantangan sehingga cenderung nekat dengan hal-hal yang berisiko. Sifatnya yang satu ini cenderung membahayakan diri sendiri, karena dengan kenekatannya itu ia jadi mengabaikan keamanan diri dan kurang hati-hati dalam bertindak. 

2. Senang dengan tanggung jawab sehingga tidak sadar dimanfaatkan orang

5 Karakter Tipe Orang Dominan yang Kadang Malah Menyulitkan HidupnyaPexels.com/Sora Shimazaki

Lalu, tipe orang dominan juga kerap menyulitkan dirinya sendiri dengan rasa sukanya dalam tanggung jawab, sehingga tanpa ia sadari kerap dimanfaatkan orang sekitar. Kelemahan tipe orang dominan adalah ia senang mengambil peran penting dan memiliki kuasa terhadap sesuatu, jadi kalau ada orang yang melimpahinya dengan tanggung jawab ia malah senang dan tidak curiga. Padahal belum tentu hal itu baik untuk dirinya, kadang malah jadi menyulitkan hidupnya sendiri.

Baca Juga: Waspadai 8 Sikap Dominan Ini, Tanda Hubunganmu Gak Sehat

3. Capek sendiri karena terlalu kompetitif dan gak mau kalah

5 Karakter Tipe Orang Dominan yang Kadang Malah Menyulitkan HidupnyaPexels.com/Andrea Piacquadio

Seorang bertipe dominan terkadang juga menyulitkan hidupnya sendiri dengan karakter kompetitif yang ia miliki. Dirinya cenderung tidak mau kalah pada berbagai hal, padahal kalau dipikir-pikir lagi hal itu malah membuatnya capek sendiri. Sekali lagi, karena ia tipe orang dominanlah mengapa ia selalu mau menang dan keras kepala untuk mengalah, meski berakhir menyusahkan diri sendiri sekalipun.

4. Sangat blak-blakan dan to the point

5 Karakter Tipe Orang Dominan yang Kadang Malah Menyulitkan HidupnyaPexels.com/Cottonbro

Dirinya juga pribadi yang sangat blak-blakan dan to the point. Ia tidak suka bertele-tele dan langsung pada tujuannya kalau bicara tentang sesuatu. Hal ini terkadang malah menyulitkan hidupnya karena terlalu to the point justru bisa menyakiti hati orang lain. Jadi bukan suatu hal yang baru kalau ia kehilangan seorang relasi atau merusak hubungan baiknya dengan orang lain dengan karakternya ini.

5. Bertindak sesuai kehendak sendiri

5 Karakter Tipe Orang Dominan yang Kadang Malah Menyulitkan HidupnyaPexels.com/Jonathan Borba

Tipe orang dominan juga kerap menyulitkan hidupnya sendiri dengan karakternya yang suka bertindak sesuai kehendaknya. Tanpa banyak pertimbangan dan pemikiran matang, ia melakukan hal yang dianggap benar tanpa memikirkan orang lain. Makanya kadang ia menjadi orang yang kasar, bossy, atau bahkan pembuat masalah. Hidupnya menjadi sulit gara-gara pribadinya yang dominan itu.

Tidak apa-apa jika kamu adalah tipe orang dominan, namun sebisa mungkin kendalikanlah karakter-karakter seperti di atas tadi supaya tidak menyulitkan hidupmu sendiri. Introspeksi dirilah segera, ya! 

Baca Juga: [QUIZ] Kami Tahu Karakter Dominan Kamu dari Cara Mengirim Pesan di Whatsapp

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya