Comscore Tracker

5 Tips Supaya Kamu Gak Mudah Terjebak dengan Harapan dan Janji Palsu

Jangan langsung percaya sama janji orang lain

Kamu pasti pernah diberi janji atau harapan palsu oleh seseorang, entah itu dari pacar atau temanmu. Namun terlepas dari siapapun itu tentu tetap saja terasa tidak menyenangkan.

Akan tetapi daripada pasrah-pasrah saja diberi janji palsu oleh orang lain, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah hal itu terjadi atau setidaknya jadi lebih hati-hati. Lima tips di antaranya ada di bawah ini, yuk simak!

1. Jangan langsung percaya saat dijanjikan sesuatu

5 Tips Supaya Kamu Gak Mudah Terjebak dengan Harapan dan Janji PalsuPexels.com/Cottonbro

Pertama-tama, janganlah langsung percaya saat dijanjikan sesuatu oleh orang lain. Kecuali jika orang itu benar-benar sudah kamu kenal dan memang selalu menepati janji dan kata-katanya. Sebab hal ini bisa membantumu untuk mengendalikan ekspektasi untuk gak terlalu berharap sebelum bukti yang jelas.

2. Atur ekspektasimu supaya gak terlalu tinggi

5 Tips Supaya Kamu Gak Mudah Terjebak dengan Harapan dan Janji PalsuPexels.com/Cottonbro

Lalu aturlah ekspektasimu supaya gak terlalu tinggi. Gak semua orang selalu memegang kata-katanya, sama saja dengan janji yang ia berikan pada orang lain. Jadi kalau ekspektasimu gak terlalu tinggi, kamu pun gak terlalu kecewa jika janji itu tidak dipenuhi olehnya. Sebab kamu tidak menaruh harapan besar padanya.

Baca Juga: 5 Sikap Ini Justru Menandakan Kalau Rasa Percaya Dirimu Rendah, Lho!

3. Kenali dulu orang itu memang niat baik atau tipe yang suka membual

5 Tips Supaya Kamu Gak Mudah Terjebak dengan Harapan dan Janji PalsuPexels.com/Thiszun

Ketiga, jika ada yang memberimu harapan atau sebuah janji maka kenali dulu orang itu memang niat baik atau justru tipe orang yang suka membual. Sebab ada orang yang sering mengubar janji palsu hanya karena ingin terlihat hebat. Jadi kamu pun gak perlu menanggapi serius perkataannya.

4. Buatlah kesan bahwa kamu gak bisa diperlakukan sembarangan

5 Tips Supaya Kamu Gak Mudah Terjebak dengan Harapan dan Janji PalsuPexels.com/Ketut Subiyanto

Kamu juga harus membuat kesan bahwa kamu bukanlah tipe orang yang bisa diperlakukan sembarangan.Tunjukkan bahwa kamu tidak mudah terbuai dengan janji atau harapan darinya, dengan begitu ia pun harus memenuhinya padamu untuk membuktikan diri.

5. Perluas lingkaran pertemanan agar tidak mudah dijebak

5 Tips Supaya Kamu Gak Mudah Terjebak dengan Harapan dan Janji PalsuPexels.com/Fauxels

Terakhir, kamu bisa mencoba memperluas lingkaran pertemananmu agar tidak mudah dijebak. Sebab semakin banyak orang yang kamu kenal, otomatis kamu pun jadi tahu tipe kepribadian orang-orang dan gak gampang dijebak dengan janji atau harapan palsu. Sangat berguna, kan?

Jangan pasrah saja segala perlakuan orang, dan terapkanlah lima tips di atas ini supaya kamu gak gampang terjebak janji-janji palsu. Lebih hati-hati, ya!

Baca Juga: 6 Langkah Penting Menjadi Percaya Diri, Solusi Mudah Untukmu Nih!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya