Comscore Tracker

5 Kiat agar Bisa Ikhlas dalam Berbagai Hal, Harus Ekstra Sabar! 

Bikin hidup terasa lebih bahagia 

Cobaan hidup memang selalu datang silih berganti. Ada kalanya kita merasa beban masalah ini sangatlah berat untuk dipikul hingga akhirnya emosi negatif menjalar ke mana-mana. Tanpa sadar, hal ini lambat laut semakin merugikan diri sendiri hingga orang lain.

Untuk itu, belajar ikhlas dalam berbagai hal harus segera kamu praktikkan agar hidup jadi terasa lebih menyenangkan untuk dijalani. Lalu, bagaimana caranya? Yuk, coba lima kiat berikut ini.

1. Lakukan reframing

5 Kiat agar Bisa Ikhlas dalam Berbagai Hal, Harus Ekstra Sabar! ilustrasi berkaca (pexels.com/Gabriel Pompeo)

Reframing merupakan teknik yang bagus agar kamu semakin ikhlas dalam melakukan berbagai hal. Terkadang, peristiwa pelik membawa kamu pada emosi negatif yang tiada habisnya, lho. Nah, membingkai ulang melalui sudut pandang baru akhirnya membuat diri merespon dengan cara positif.  

Semua hal tergantung pada konteks yang kalian buat, bukan? Sesuatu yang buruk, belum tentu sepenuhnya buruk bagimu. Lakukan teknik ini agar berbagai hal entah itu menyenangkan maupun menyedihkan bisa kamu kerjakan dengan penuh keikhlasan.

2. Belajar mengontrol emosi, harus sabar! 

5 Kiat agar Bisa Ikhlas dalam Berbagai Hal, Harus Ekstra Sabar! ilustrasi marah (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengontrol emosi memang bukan hal yang mudah dilakukan. Banyaknya pemicu yang muncul, semakin membuat kamu kehilangan kendali akan diri sendiri. Untuk itu, mulai belajarlah mengontrol emosi agar kamu tidak terpancing melakukan hal yang merugikan.

Tenangkan diri dari beragam peristiwa yang mengusik kehidupan. Ingatlah, jika meresponnya dengan marah-marah saja justru tidak akan memberi solusi. Kamu harus ekstra bersabar!

Baca Juga: 5 Penyebab Kamu Susah Melakukan Kebaikan dengan Ikhlas

3. Selalu ambil hikmah baiknya 

5 Kiat agar Bisa Ikhlas dalam Berbagai Hal, Harus Ekstra Sabar! ilustrasi perempuan karier (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Ketika masalah tiba-tiba muncul, pasti rasanya sangat sedih, bukan? Kecewa, marah, kesal menjadi umpan balik yang wajar kamu lakukan. Namun, jangan sampai berlarut-larut, ya.

Segala sesuatu pasti ada hikmahnya. Seberat apapun itu, pasti ada hal baik yang bisa kita ambil dibaliknya. Percayalah jika kesulitan tidaklah abadi. Bersabarlah menanti suatu hal indah yang akan terjadi di depan.

4. Cobalah untuk memaafkan 

5 Kiat agar Bisa Ikhlas dalam Berbagai Hal, Harus Ekstra Sabar! ilustrasi berjabat tangan (pexels.com/Fauxels)

Menjadi sosok yang ikhlas dalam berbagai hal akan mustahil terjadi jika kita tidak mau memaafkan diri sendiri hingga orang lain. Segala hal yang menyakiti dirimu harus kamu enyahkan dulu agar perjalanan ke depan jadi semakin menenangkan.

Ketika hati dan pikiran dipenuhi rasa dendam, maka sulit bagi kita untuk bisa ikhlas, lho. Sebaliknya, mencoba untuk memaafkan akan membuat hati lebih tenang dan damai.

5. Kelilingi diri dengan lingkungan yang mendukung 

5 Kiat agar Bisa Ikhlas dalam Berbagai Hal, Harus Ekstra Sabar! ilustrasi berkumpul bersama (pexels.com/Cottonbro)

Lingkungan sangat berpengaruh signifikan bagi pola pikir hingga perilaku kita. Pasalnya, orang-orang di sekeliling kitalah yang pada akhirnya selalu bersama kita setiap harinya. Peluang untuk terseret masuk pada perspektif mereka akan sangat besar.

Akan sangat sulit menjadi pribadi yang ikhlas jika kita sering bergaul dengan orang yang iri atau pendendam. Untuk itu, mulai atur boundaries-mu, ya.

Itulah beberapa kiat sederhana agar kamu semakin bisa menjadi pribadi yang ikhlas. Melakukan berbagai hal dengan ikhlas, akan membuat hidup jadi terasa lebih bahagia, lho. Yuk, mulai praktikkan!

Baca Juga: 5 Tips Jadi Perempuan Berdaya di Usia Muda, Bahagia Sepanjang Masa

Agata Melinda Kristi Photo Verified Writer Agata Melinda Kristi

Let's take and give positive energy only, setuju?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya