Comscore Tracker

Sering Writer’s Block? Lakukan 5 Kegiatan Ini Biar Semangat Lagi!

Jangan sampai idemu mandek ya!

Meski sering dipandang sebagai sebuah alibi, kondisi writer’s block memang tak bisa dimungkiri oleh para penulis. Kondisi di mana otak kita mandek dan ide menjadi buntu sering kali dialami oleh para penulis, terutama bagi penulis amatir.

Lantas adakah cara untuk bisa mengatasi writer’s block? Jelas ada, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Yuk simak, berikut 5 kegiatan yang harus kamu lakukan ketika writer’s block melanda!

1. Rehat beberapa saat dari segala sesuatu yang berhubungan dengan huruf, seperti buku

Sering Writer’s Block? Lakukan 5 Kegiatan Ini Biar Semangat Lagi!Unsplash.com/Emma Frances Logan

Biasanya writer’s block terjadi karena kondisi jenuh yang kita alami akibat beberapa hal dan salah satunya, jenuh karena kita terlalu lama berkutat dengan buku dan tulisan. Coba rehat beberapa saat dari sesuatu yang berbau huruf karena tidak baik jika kita paksakan otak terus bekerja.

Beri ruang bagi dirimu untuk menikmati apa yang kamu ingin lakukan, lupakan sejenak tentang deadline dan ide untuk tulisanmu. Pokoknya, nikmati waktu rehat tersebut dengan sebaik mungkin sehingga kejenuhanmu hilang.

2. Pergi ke tempat yang membuat pikiranmu rileks dan hatimu tenang

Sering Writer’s Block? Lakukan 5 Kegiatan Ini Biar Semangat Lagi!Unsplash.com/Stefan Spassov

Writer’s block bisa disebabkan oleh ide kita yang mandek dan sulit berkembang sehingga tulisan kita tidak selesai-selesai. Suasana yang membuat pikiran dan hatimu tenang akan membantumu dalam menangkap sebuah ide.

Pergilah ke tempat-tempat yang bisa membuat otakmu rileks dan hatimu kembali tenang, seperti alam bebas, rumah ibadah, dan lain sebagainya. Tidak ada salahnya jika kamu coba kegiatan yang satu ini!

Baca Juga: 5 Motivasi Masuk Akal Biar Semangat Menulismu Gak Luntur

3. Lakukan obrolan ringan dengan teman, nanti ide akan muncul di tengah perbincangan

Sering Writer’s Block? Lakukan 5 Kegiatan Ini Biar Semangat Lagi!Unsplash.com/Kenan Buhic

Ide itu bisa hadir dari hasil perenungan, hasil bacaan, dan pembicaraan. Jika kamu mengalami kesulitan untuk menangkap suatu ide untuk tulisanmu, cobalah untuk melakukan obrolan ringan dengan temanmu.

Mungkin di tengah pembicaraan tersebut, ada sesuatu yang menarik untuk dijadikan ide bagi tulisanmu. Ide itu bisa datang dari mana saja, jangan sampai kamu mengalami writer’s block karena kehabisan ide!

4. Mulai baca referensi yang sesuai dengan tema tulisanmu ketika otakmu sudah rileks

Sering Writer’s Block? Lakukan 5 Kegiatan Ini Biar Semangat Lagi!Pexels.com/Craig Adderley

Jika otakmu kembali rileks, kamu bisa memulai lagi rutinitas membacamu guna mengumpulkan ide-ide tulisanmu. Hal ini dilakukan agar otakmu bisa mencerna referensi dengan baik, apabila otakmu merasa tertekan, jangankan untuk mencerna tulisan, melihatnya saja sudah membuat kepala pusing.

Meski membaca referensi merupakan kunci utama mendapatkan sebuah ide, tetapi hal ini tidak akan berjalan efektif jika otakmu berada di bawah tekanan. Buatlah otakmu rileks sebelum memulai rutinitas membaca seperti biasa.

5. Tidurlah beberapa saat untuk merelaksasi tubuh dan pikiranmu

Sering Writer’s Block? Lakukan 5 Kegiatan Ini Biar Semangat Lagi!Unsplash.com/Gregory Pappas

Tidur merupakan cara paling ampuh untuk membuat tubuhmu kembali bugar dan otak menjadi rileks. Jika berbagai kegiatan di atas belum terasa efektif bagi kamu, coba buat rileks pikiranmu dengan tidur.

Kamu perlu ingat, otak akan bekerja dengan baik ketika berada pada kondisi rileks dan tidak berada di bawah tekanan. Oleh karena itu, istirahatkan otakmu dengan tidur beberapa saat dan singkirkan kondisi writer’s block dari rutinitas menulismu.

Writer’s block sering kali menjadi momok bagi para penulis dan tak jarang membuat para penulis paranoid dengannya. Hal ini terjadi karena mereka menganggap bahwa writer’s block akan mengancam entitas honor tulisannya.

Akan tetapi, kamu tak perlu khawatir karena writer’s block tidak akan terjadi jika kamu memiliki tekad yang kuat untuk menyiasati beragam hal yang membuat idemu mandek.

Baca Juga: 9 Hal Penting untuk Menjadi Penulis Profesional, Semangat Ya!

Ahmad Rifai Yusuf Photo Community Writer Ahmad Rifai Yusuf

Waktu dan kehidupan akan berjalan beriringan. Ig: ahmadrifaiy9

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You