Comscore Tracker

Mulai Dilupakan, Menabung di Celengan Ternyata Banyak Keuntungannya!

Biar jadul tetapi manfaatnya mantap betul

Kapan terakhir kali kamu menabung di celengan? Kalau jawabanmu adalah sewaktu masih di sekolah dasar, maka kamu sebaiknya segera membeli celengan lagi atau tanya orang tuamu apakah celengan masa kecilmu masih ada.

Meski pun sudah mulai ditinggalkan, menabung di celengan ternyata memiliki beragam keuntungan yang sangat sayang dilewatkan. Penasaran? Berikut uraian selengkapnya!

1. Membiasakan diri menghargai hal-hal kecil

Mulai Dilupakan, Menabung di Celengan Ternyata Banyak Keuntungannya!Pixabay/fotoblend

Tanpa kamu sadari, banyak kegiatan sehari-hari yang menghasilkan uang kembalian. Mulai dari naik angkutan umum hingga jajan camilan favoritmu di warung kerap memberikanmu uang kembalian. Lantas, apa yang kamu lakukan dengan uang kembalian tersebut?

Karena nominalnya yang kecil, uang kembalian berpotensi besar diabaikan begitu saja. Ditinggalkan di saku celana sampai dibiarkan berserakan di meja kamar sering menjadi nasib uang kembalian. Daripada sia-sia, uang kembalian lebih baik kamu tabung di celengan. Dengan melakukan hal tersebut, kamu juga jadi belajar menghargai hal-hal kecil. Sekali mendayung, dua tiga pula terlampaui!

2. Pengingat nyata untuk berhemat

Mulai Dilupakan, Menabung di Celengan Ternyata Banyak Keuntungannya!Pixabay/stevepb

Posisi menentukan prestasi ketika menyangkut menabung di celengan. Kamu sebaiknya meletakkan celengan di ruangan yang paling sering kamu kunjungi. Jika sebaliknya, bisa-bisa kamu malah lupa untuk menyimpan uangmu di celengan.

Apabila mayoritas waktumu dihabiskan di kantor, maka kamu bisa posisikan celengan di meja kerjamu. Kalau kamu lebih banyak melakukan aktivitas di rumah, kamu bisa meletakkan celengan di kamar tidurmu. Dengan begitu, kamu akan otomatis teringat untuk menabung setiap kali melihat celenganmu.

3. Melatih diri untuk menahan godaan

Mulai Dilupakan, Menabung di Celengan Ternyata Banyak Keuntungannya!Pixabay/Alexa_Fotos

Berkaitan dengan poin sebelumnya, keberadaan celengan di tempat yang sering kamu kunjungi sebenarnya bisa menjadi godaan tersendiri. Pasalnya, kamu tahu bahwa celengan tersebut mengandung uang yang bisa kamu belanjakan. Di sisi lain, kamu justru bisa melatih diri untuk melawan bisikan-bisikan maut yang seolah-olah menyuruhmu membuka celengan tersebut.

Kamu bisa mengingat-ingat alasan kamu menabung di celengan. Menghindari hidup boros? atau sebagai modal tambahan untuk membeli tiket konser band kesayangan? Apa pun itu, alasan tersebut seharusnya sudah cukup untuk menahanmu dari mengambil uang celengan sebelum waktunya.

Ditambah lagi, celengan biasanya didesain sedemikian rupa untuk tidak begitu mudah diambil uangnya. Khususnya kalau kamu menggunakan celengan klasik yang harus dipecahkan dahulu untuk mengeluarkan uangnya. Terdengar merepotkan? Bisa jadi. Namun, kerepotan tersebut justru bisa bikin kamu berpikir dua kali untuk mengeluarkan uang celengan sebelum benar-benar penuh. Hasilnya, uang di celengan tetap tersimpan aman, deh!

4. Menyenangkan dan multifungsi

Mulai Dilupakan, Menabung di Celengan Ternyata Banyak Keuntungannya!Pixabay/Alexas_Fotos

Menabung di celengan bisa jadi kegiatan yang menyenangkan, lho! Pasalnya, celengan kini tidak hanya tersedia dalam versi klasik namun juga hadir dalam bentuk yang lebih bervariasi. Bahkan, ada celengan yang juga berfungsi sebagai mainan!

Oleh karena itu, kamu bisa menyesuaikan pilihan celengan dengan preferensi pribadimu. Mendapatkannya pun mudah karena kamu bisa mencarinya di toko-toko online. Pada akhirnya, kamu juga akan lebih semangat menabung karena kamu menyukai celengan yang kamu miliki. Selain itu, celengan juga bisa dijadikan elemen pemanis ruangan bahkan yang versi klasik sekali pun!

5. Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit

Mulai Dilupakan, Menabung di Celengan Ternyata Banyak Keuntungannya!Pexels/Skitterphoto

Poin terakhir ini adalah esensi dari menabung di celengan. Mengingat nominal yang disimpan di celengan umumnya tidak besar, maka kamu harus sabar menunggu (sambil terus konsisten menabung) hingga hasilnya cukup signifikan. Namun, justru di situlah seninya. Ketika tiba waktunya celenganmu dibuka, kamu akan merasa puas terhadap pencapaianmu sendiri.

Kemudian, apabila uang celenganmu banyak koinnya, kamu bisa menukarkannya ke bank-bank terdekat. Tidak perlu malu, toh uang celengan tersebut hasil jerih payahmu sendiri, kan? Setelahnya, kamu bisa menyisihkan sedikit uang tersebut untuk membeli celengan yang baru kalau sebelumnya kamu pakai celengan klasik. Namun, kalau kamu menggunakan celengan yang tidak perlu dipecahkan, maka kamu bisa langsung mulai menabung lagi dengan uang yang kamu sisihkan tersebut!

Kelima keuntungan di atas tidak bermaksud mengabaikan kegiatan menabung di bank yang tentunya sama-sama bermanfaat. Namun, tidak bisa dipungkiri pula bahwa menabung di celengan adalah salah satu langkah kecil termudah untuk memulai hidup yang lebih hemat. Jadi, sudah siap menabung di celengan?

Ahmad Wildan Photo Verified Writer Ahmad Wildan

Your Sociable Movie Guy. IG: @wildanahmd

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya