Comscore Tracker

Ambil Jeda Sejenak, 5 Cara untuk Mengobati Mental yang Lelah

Diri kita berhak mengambil jeda dari padatnya urusan dunia

Sering merasakan sering mengantuk tetapi sudah tidur banyak, lalu setelah tidur rasanya tidak menghilangkan lelah dan lesu? Agak susah berkonsentrasi dan sering melamun? Sedang tidak ingin berinteraksi dengan orang lain? Atau hilang minat akan melakukan hobi atau makan sekalipun?

Jika kamu mengalami hal-hal di atas, ada kemungkinan jika kamu kelelahan secara psikis. Lantas, bagaimana kita dapat mengatasi hal-hal tersebut agar tidak menjadi suatu hal yang tidak diinginkan?

1. Lakukan sesuatu yang membuat senang

Ambil Jeda Sejenak, 5 Cara untuk Mengobati Mental yang Lelahpexels/Liam Anderson

Biarkanlah indra kita yang menjadi obat untuk diri kita sendiri. Makanlah sesuatu yang disukai, dengarlah sesuatu yang menyenangkan, ciumlah sesuatu yang harum, lihatlah sesuatu yang indah dan pakailah baju yang membuatmu nyaman.

Coba fokuskan indra kita dengan sesuatu yang membuat kita senang agar kita dapat menikmati sensasi yang ada dan nantinya akan membuat kita nyaman.

2. Menerima emosi

Ambil Jeda Sejenak, 5 Cara untuk Mengobati Mental yang Lelahpexels/Tess Emily

Mengakui perasaan negatif yang ada dapat membuat kita lebih rileks dan dapat lebih terbuka untuk dapat mengatasinya. Cobalah cari ruang yang nyaman untuk menghadapi rasa lelah yang tengah kamu hadapi.

Coba renungkan apa yang menjadi penyebab dari rasa lelah tersebut, biarkan dirimu berekspresi entah menangis ataupun marah dalam mengekspresikannya dan jangan ditahan saat akan mengekspresikan hal tersebut.

Baca Juga: Jangan Lakukan 5 Hal Ini Agar Kesehatan Mentalmu Tetap Terjaga, Catat!

3. Meditasi

Ambil Jeda Sejenak, 5 Cara untuk Mengobati Mental yang Lelahpexels/Pixabay

Meditasi di sini artinya adalah menarik fokus dari luar ke dalam diri. Dengan kita duduk senyaman mungkin dengan punggung lurus. Salah satu cara agar kita dapat bermeditasi dengan fokus adalah dengan mendengarkan napas sendiri atau mengucapkan suatu kata secara berulang-ulang dalam hati.

Hal tersebut dapat membuat kamu rileks dan dapat berpikir jernih nantinya, juga dapat mengurangi rasa lelah kita setelah melalui padatnya aktivitas yang kita jalani.

4. Curahkan keresahan dengan orang terdekat

Ambil Jeda Sejenak, 5 Cara untuk Mengobati Mental yang Lelahpexels/Pixabay

Jika kita mempunyai masalah dengan orang lain, pekerjaan maupun hal lain, alangkah lebih baiknya kita bicarakan hal tersebut dengan orang terdekat kita atau orang yang kita percaya.

Karena jika kita hanya diam saja, itu akan sulit diterjemahkan oleh orang lain, kita tidak dapat menuntut pengertian tanpa melakukan penjelasan. Dengan kita melakukan hal itu, permasalahan dapat diurai.

5. Beri tubuh asupan suplemen

Ambil Jeda Sejenak, 5 Cara untuk Mengobati Mental yang Lelahpexels/Daria Shevstova

Cobalah beri tubuh kita asupan suplemen dengan meminum vitamin C, makan sesuatu yang mengandung beta karoten atau antioksidan. Di samping itu, kita juga dapat mengonsumsi pisang, cokelat, alpukat serta sayuran hijau untuk meningkatkan dopamin.

Tidak apa-apa jika kita merasa buruk. Rasa marah, sedih, kesal dan meminta jeda tidak akan membuat kita menjadi orang yang negatif, tapi akan menjadikan kita menjadi manusia. Karena dengan merasakan hal tersebut, kita dapat mengerti jika hal yang sama terjadi pada orang-orang terdekat kita.

Yuk, dukung diri kita dan teman-teman di sekitar kita agar mereka dapat mengatasi kelelahan mentalnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Mental, Sudah Tahu? 

Ahsan Nurrijal Photo Community Writer Ahsan Nurrijal

Writer from Universitas Padjadjaran, IG: ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You