Comscore Tracker

5 Tips Menghadapi Kebingungan di Usia 20-an, Tak Perlu Cemas!

Hadapi dengan tenang

Apakah kamu merasa gak punya arah tujuan, merasa tertinggal, dan bingung harus menata hidup seperti apa? Tenang, hal itu wajar terjadi saat kamu berusia 20-an tahun. Sebab, di usia tersebut mungkin kamu akan merasakan hal-hal baru yang sebelumnya tak pernah dirasakan. 

Di fase ini pun kamu akan mengalami mengalami banyak perubahan hidup. Di mana jika itu disikapi dengan benar perubahan ini akan mendatangkan ke arah yang positif. Lalu bagaimana supaya bisa menghadapi usia 20-an tanpa cemas? Berikut 5 tips yang bisa kamu terapakan.

1. Terima keadaan dengan terbuka

5 Tips Menghadapi Kebingungan di Usia 20-an, Tak Perlu Cemas!ilustrasi menikmati hidup (pexels.com/Radu Florin)

Alih-alih kamu menyalahkan keadaan yang kamu rasakan, coba terima saja dengan terbuka keadaan yang sedang terjadi. Hal yang perlu diketahui adalah keadaan ini lumrah terjadi. Semua orang merasakannya serta fase ini tidak selamanya ada di hidup kamu. 

Tenangkan diri kamu dengan selalu berpikir terbuka dan positif dalam setiap keadaan. Dengan tenang, kamu bisa lebih bijak menyikapi setiap situasi. Daripada kamu terus cemas yang ada malah akan membuatmu gak bisa berpikir jernih dalam mengambil segala tindakan.

2. Pikirkan hal kecil yang bisa kamu lakukan

5 Tips Menghadapi Kebingungan di Usia 20-an, Tak Perlu Cemas!ilustrasi sedang melukis (pexels.com/ANTONI SHKRABA)

Daripada memikirkan hal besar yang rasanya jauh digapai. Coba pikirkan saja satu langkah kecil yang bisa kamu lakukan. Ini bisa jadi salah satu cara mudah jika memang kamu tidak tahu harus melakukan apa. Namun, kamu ingin hidupmu berubah lebih baik dari sebelumnya.

Jangan malu untuk memulai dari hal terkecil. Sebab, hal besar tidak akan pernah tercipta jika tidak ada aksi kecil. Setuju?

Baca Juga: 5 Pelajaran Berharga saat Memasuki Usia 20-an, Banyak Hal Tak Terduga

3. Belajar jangan hanya berdiam

5 Tips Menghadapi Kebingungan di Usia 20-an, Tak Perlu Cemas!ilustrasi sedang belajar (pexels.com/Julia M Cameron)

Era digital sepertinya beralasan tidak tahu harus belajar dari mana itu cuman omong kosong. Banyak pengetahuan yang bisa kamu pelajari hanya lewat gawai pintarmu. Gak menutup kemungkinan kebingungan yang sedang dirasakan bisa kamu temukan jawabannya hanya lewat gawai saja.

Kamu bisa belajar salah satunya lewat YouTobe. Di sana banyak orang-orang hebat yang sering membagikan ilmu dan pengalaman hidup yang tentunya patut untuk dijadikan contoh. Untuk usia 20-an bagus sekali belajar tentang self improvement  dan self development untuk pengembangan diri supaya jadi lebih baik lagi.

4. Percaya dengan kemampuan diri sendiri

5 Tips Menghadapi Kebingungan di Usia 20-an, Tak Perlu Cemas!ilustrasi perempuan percaya diri (pexels.com/Christina Morillo)

Percaya sama diri sendiri bahwa kamu mampu dan bisa! Jangan terus saja insecure dan ngerasa gak bisa apa-apa. Kamu bisa asalkan mau berusaha.

Berikan afirmasi positif ke diri sendiri dan kelilingi diri kamu dengan orang-orang yang punya jiwa semangat tinggi. Ini supaya agar kamu bisa tertular semangat dari mereka.

Mulai coba untuk menggali potensi diri sendiri. Kembangkan keahlian yang kamu bisa, dan coba terima setiap kekurangan yang kamu punya. 

Ingat selalu, bahwa setiap manusia punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kamu tak perlu merasa gak berguna jika gak bisa satu hal. Mungkin saja di aspek lain kamu unggul di sana.

5. Coba banyak hal tanpa takut gagal

5 Tips Menghadapi Kebingungan di Usia 20-an, Tak Perlu Cemas!ilustrasi membuat video make up (pexels.com/George Milton)

Kalau di poin kedua tadi kamu harus memulai dari langkah kecil. Kamu sekarang juga bisa mencoba banyak hal. Terkadang dari hal acak yang kamu coba akan ada beberapa yang bisa ditekuni hingga seterusnya. 

Gak perlu takut untuk gagal. Sekalipun gagal pun tetap baik, lho. Sebab dari apa yang kamu coba, meski gak berhasil tapi prosesnya sudah membentuk dirimu. Di mana
itu jauh lebih baik daripada kamu cuma berdiam atas kebingungan yang sedang dirasakan.

Kebingungan di usia 20-an memang menjadi hal yang normal. Untuk itu kamu tidak perlu cemas menghadapinya. Supaya segala impian tidak berakhir sia-sia, kamu perlu tenang menghadapinya. Kelima tips di atas pun bisa banget kamu coba jika sedang merasa kebingungan.

Baca Juga: 5 Hal Penting Ini Tidak Boleh Kamu Lewatkan di Usia 20-an

Ainun Rahmawati Photo Writer Ainun Rahmawati

Hanya ingin berbagi hal positif lewat tulisan. Terima kasih sudah membaca☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya