Comscore Tracker

5 Tips Istirahat Berkualitas di Weekend yang Tenang

Nikmati weekend dengan istirahat berkualitas

Tidak bisa dimungkiri, weekend adalah waktu paling ditunggu olehmu yang sibuk bekerja dan memiliki banyak kesibukan di luar rumah pada hari kerja. Namun, kebanyakan orang tidak memanfaatkan waktu weekend dengan efektif untuk beristirahat. Padahal, tubuhmu juga sangat butuh istirahat karena lelah dengan segala aktivitas.

Gunakan waktu liburmu di hari sabtu dan minggu seefektif mungkin untuk beristirahat. Coba cara ini untuk istirahat berkualitas di weekend-mu yang tenang!

1. Sempatkan tidur siang di hari liburmu

5 Tips Istirahat Berkualitas di Weekend yang Tenangilustrasi tidur siang (pexels.com/Kampus Production)

Bagi kamu yang sejak Senin sampai Jumat sibuk bekerja atau pun berkegiatan di luar rumah, pasti tidur siang menjadi hal yang terlupakan. Padahal, tidur siang juga banyak manfaatnya, lho. Seperti memperbaiki daya ingat dan memperbaiki suasana hati, sehingga tidur siang sebenarnya sangat diperlukan bagi tubuh.

Nah, waktu yang paling bagus buatmu yang super sibuk adalah weekend. Jadi, sempatkan tidur siang sejenak di hari libur agar badanmu bisa beristirahat dengan baik. Tidur siang bukan berarti kamu bermalas-malasan, tetapi meluangkan waktu untuk mengistirahatkan dirimu.

2. Bersantai menikmati waktu me time

5 Tips Istirahat Berkualitas di Weekend yang Tenangilustrasi wanita minum teh (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tips selanjutnya untuk istirahat berkualitas yaitu bersantai nikmati waktu me time di rumah. Saking sibuknya, biasanya kamu pun tak pernah ingat untuk me time, padahal me time ini penting bagi diri sendiri. Jadi, baiknya isi weekend dengan nikmati waktumu sendiri selama hari libur.

Me time tak melulu harus banyak gerak atau jalan-jalan ke mal. Cukup bersantai sambil minum kopi atau segelas teh hangat dengan sepotong camilan manis. Dengan begitu, kamu bisa memperbaiki suasana hati di hari libur agar bisa menyambut hari Senin dengan semangat.

Baca Juga: 6 Tips Anti Galau Punya Pacar yang Kerja saat Weekend, Bawa Happy Aja!

3. Kurangi pegang handphone dan stop buka media sosial

5 Tips Istirahat Berkualitas di Weekend yang Tenangilustrasi wanita bermain handphone (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Banyak yang tidak sadar bahwa sering memegang handphone di waktu istirahat juga mengganggu istirahatmu. Hal ini karena kamu selalu bergantung pada handphone di setiap waktu. Sehingga, melepas handphone menjadi hal segan untuk dilakukan. Apalagi mencoba tidak membuka media sosial di waktu weekend, rasanya pasti sangat tidak nyaman.

Cobalah berhenti membuka media sosial di waktu liburmu dan kurangi memegang handphone. Ini akan membuatmu lebih bisa menikmati waktu istirahat di hari libur. Walaupun sulit, cobalah secara perlahan dahulu. Yakin pasti bisa. Ingat, terlalu bergantung pada media sosial dan gadget akan membuatmu sibuk sehingga waktu istirahatmu berkurang.

4. Berjalan santai di weekend pagi

5 Tips Istirahat Berkualitas di Weekend yang Tenangilustrasi berjalan pagi (pexels.com/Katerina Holmes)

Cara sederhana untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas adalah menyempatkan waktumu untuk sekedar berjalan santai di weekend pagi. Istirahat tak harus selalu bersantai atau tiduran di rumah. Berjalan santai di pagi hari juga merupakan bentuk istirahat yang berkualitas.

Jika kamu setiap pagi membiasakan diri untuk berjalan santai di pagi hari sewaktu libur, maka akan membuat dirimu lebih sehat dan bisa menghirup segar udara pagi hari. Yuk, coba biasakan dirimu untuk berjalan santai di weekend pagi. Buat dirimu bisa menikmati kesegaran udara pagi yang masih alami.

5. Jauhkan diri dari pekerjaan dan fokus untuk istirahatkan badan

5 Tips Istirahat Berkualitas di Weekend yang Tenangilustrasi bekerja di rumah (pexels.com/Peter Olexa)

Jauhkan diri dari pekerjaan merupakan tips paling efektif untuk membuat istirahatmu di weekend menjadi lebih berkualitas. Setelah di rumah, seharusnya kamu bisa melepaskan diri dari segala pekerjaan. Walaupun pekerjaanmu itu work from home, kamu harus mampu memberikan waktu untuk dirimu sendiri. Kamu harus bisa membedakan waktu bekerja dan waktu untuk beristirahat.

Itu tadi tips istirahat berkualitas yang sangat bermanfaat untuk tubuhmu. Fokuslah untuk mengistirahatkan badan dari segala pekerjaan yang membuatmu kelelahan. Nikmatilah akhir pekan yang penuh ketenangan. Buat dirimu kembali segar untuk menghadapi hari Senin yang menyapa esok!

Baca Juga: 5 Cara Mudah Bikin Tidur Makin Pulas, Istirahat Jadi Berkualitas

Airani Listia Photo Verified Writer Airani Listia

Bersyukurlah di setiap waktu, dan bahagiakan dirimu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya