Comscore Tracker

6 Hal Ini tanpa Sadar Telah Kamu Pelajari Saat Menghadapi Masalah

Tetap tegar tetap kuat

Kamu lagi punya masalah? Apa menurutmu masalahmu itu cukup berat? Apakah kamu merasa Tuhan tidak adil? Atau bahkan sekarang kamu lagi putus asa? Mungkin semua itu terjadi hanya karena kamu terlalu banyak mengeluh terhadap keadaan.

Setiap manusia yang diberi nafas di dunia ini pasti diberi cobaan untuk menuju hidup yang jauh lebih baik. Sebuah masalah adalah pesan dari Tuhan, yang ia kirimkan untukmu agar kamu paham pada apa yang belum kamu pahami. Dan tentu apa yang selama ini orang bilang itu benar, bahwasanya Tuhan tidak akan memberi cobaan di atas kemampuan makhluknya.

Cobaan yang kamu hadapi terasa lebih berat, itu karena kamu terlalu banyak mengeluh. Jalani, pahami, dan nikmati setiap hal yang kamu hadapi, maka segalanya akan terasa sedikit lebih ringan.

Masalah adalah wadah dimana kamu bisa menempatkan dirimu untuk belajar tentang banyak sekali hal yang belum kamu pahami dengan baik. Tanpa sadar kamu telah mempelajari 6 hal di bawah ini ketika menghadapi suatu masalah.

1. Mengasah kesabaran kamu

6 Hal Ini tanpa Sadar Telah Kamu Pelajari Saat Menghadapi MasalahPexels.com/Min An

Kesabaran adalah hal utama untuk mengadapi sebuah masalah. Semakin kamu sabar, maka masalahmu akan semakin terasa ringan dan akan cepat selesai. Karena setiap masalah tidak akan baik jika dihadapi dengan amarah atau emosi. Tetap tenang dan selesaikan masalahmu secara perlahan, namun itu sangat baik.

Jadi jangan terlalu banyak mengeluh, karena saat ini kamu sedang mengasah seberapa besar kesabaran di dalam dirimu. Semakin berat masalahmu, berarti tingkat kesabaranmu sedang diuji untuk naik ketingkat yang jauh lebih tinggi.

2. Kamu akan memahami arti perjuangan

6 Hal Ini tanpa Sadar Telah Kamu Pelajari Saat Menghadapi MasalahPexels.com/Lukas Rychvalsky

Tidak ada masalah maka tidak ada perjuangan. Jika jalanmu selalu mulus tanpa beban, pasti kamu kurang paham apa itu arti perjuangan. Mungkin kamu paham, tetapi hanya dalam lisan, tidak dalam arti sebenarnya.

Dalam menghadapi masalah kamu akan paham bahwa perjuangan itu merupakan usaha untuk mengahadapi suatu hal dengan keringat sendiri, dan tentu keringat itu tidak dapat dibagi. Siapa yang paling berkeringat, dialah yang paling tangguh dalam berjuang.

3. Belajar menghargai proses

6 Hal Ini tanpa Sadar Telah Kamu Pelajari Saat Menghadapi MasalahPexels.com/Darwis Alwan

Buat kamu yang selalu ingin segalanya serba cepat dan instan, mungkin masalah yang kamu hadapi saat ini adalah cobaan agar kamu lebih menghargai suatu proses. Karena dalam menghadapi masalah kamu diajarkan untuk lebih menghargai prosesnya. Jika kamu berhasil melewati proses panjang itu, maka kamu akan mendapatkan kepuasan tersendiri.

Baca Juga: Stop Mengeluh, Ini 8 Hal Baik yang Kamu Dapat dari Masalah Hidup

4. Lebih memahami dan menerima keadaan

6 Hal Ini tanpa Sadar Telah Kamu Pelajari Saat Menghadapi MasalahPexels.com/Karyme França

Saat dihadapkan dengan masalah yang berat, pasti di benakmu terlintas pertanyaan. Kenapa harus seperti ini? Kenapa aku harus mengalami ini?

Dengan permasalahanmu, maka kamu akan paham bahwa keadaan seperti itu sangatlah wajar. Suatu masalah itu mengajarkanmu menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya, mengajarkanmu bahwa keadaan yang sulit itu adalah jembatan menuju dunia yang jauh lebih indah dan damai.

5. Mempelajari tingkat kedewasaan diri

6 Hal Ini tanpa Sadar Telah Kamu Pelajari Saat Menghadapi MasalahPexels.com/Tess Emily Seymour

Kamu bukan anak kecil lagi, yang hanya menangis karena sebuah balon. Kamu akan menyadari suatu permasalahan ketika kamu mulai beranjak dewasa. Kedewasaan akan membuat berbagai masalah menghantuimu.

Anggaplah seperti sedang menaiki anak tangga. Semakin kamu berhasil naik, maka kedewasaanmu semakin meningkat.

6. Belajar bijak dalam bersikap

6 Hal Ini tanpa Sadar Telah Kamu Pelajari Saat Menghadapi MasalahPexels.com/Tan Danh

Keadaanmu sedang sulit-sulitnya, kamu harus mencari cara untuk keluar dari lingaran bagai neraka itu. Tentu dengan banyaknya masalah yang telah kamu lewati, kamu akan paham bagaimana caranya harus bersikap. Ketika kamu ditimpa masalah baru, kamu sudah bijak dalam bersikap sesuai dengan keadaanmu saat ini. Sehingga masalahmu menjadi persoalan yang tidak begitu berat bagimu.

Itu dia 6 hal yang tanpa sadar telah kamu pelajari saat menghadapi masalah. Dan buat kamu yang saat ini lagi punya masalah, tetap semangat yah. Saran aku sih kurangi ngeluhnya, karena hal itu yang membuat masalahmu terasa lebih berat.

Baca Juga: 10 Kutipan Ayat Alquran Buat Kamu yang Sedang Dilanda Masalah Hidup

Akromah Zonicc Photo Community Writer Akromah Zonicc

Ketika mulut tak sanggup berlisan lagi, segalanya akan tertuang dalam bentuk tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You